Tips penjodohan burung kenari Yorkshire agar sukses
Kenari

Tips Penjodohan Burung Kenari Yorkshire Agar Sukses

Penjodohan Burung Kenari Yorkshire Agar Sukses – Begitu banyak dari jenis burung kenari yang bisa kita temui di pasaran, burung kenari Yorkshire merupakan salah satu jenis burung kenari yang banyak diminati dan memiliki harga cukup tinggi.

Burung kenari Yorkshire kerap dijuluki sebagai rajanya burung kenari, karena memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis lainnya.

Selain itu kecantikan burung kenari Yorkshire juga menjadi daya pikat bagi para pecinta burung yang berasal dari daratan Eropa ini.

Hasil perkawinan dari burung kenari lanchashire, begia dengan burung kenari Norwich asal norwegia yang dibudidayakan di Yorkshire inggris ini dinamai seperti tempat pembudidayaannya.

Kepopuleran burung kenari Yorkshire sudah mendunia ke seluruh Negara. Harganya yang cukup tinggi di pasaran tidak menurunkan minat kenari mania untuk memilikinya.

Justru karena harganya yang tinggi itulah yang menjadikan para pembudidaya lebih memilih burung kenari Yorkshire untuk ditangkarkan dari pada kenari lokal yang memiliki harga lebih murah.

Karakter Kenari Yorkshire

Nama kenari Yorkshire akhir-akhir ini sering menjadi pembicaraan di kalangan kicau mania baik dalam maupun luar negeri.

Kepopuleran burung kenari asal eropa ini memang sudah tidak bisa dianggap remeh lagi, pasalnya sudah banyak sekali para pembudidaya untuk menangkarkan burung kenari jenis ini.

Penjodohan burung kenari Yorkshire serta budidayanya tidak lain untuk memenuhi permintaan pasar yang selalu meningkat.

Apabila Anda juga berminat untuk menangkarkannya juga, maka simaklah tips penjodohan burung kenari Yorkshire agar sukses dengan lengkap.

Pasalnya untuk membudidayakan burung yang berasal dari daerah yang memiliki 4 iklim ke Indonesia bukanlah hal yang cukup mudah.

Ketika kita mendapatkan burung kenari Yorkshire impor, pastinya memerlukan adaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan Indonesia yang lebih panas sebelum masuk kedalam kandang.

Hal ini sangat wajar dilakukan, karena perbedaan suhu Indonesia dan inggris sangatlah jauh berbeda.

Maka adaptasi adalah langkah pertama yang harus anda lakukan agar burung kenari Yorkshire tidak stres bahkan mati karena tidak terbiasa dengan suhu tropis Indonesia.

Kejadian gagal adaptasi sudah sering terjadi di kalangan pecinta burung yang berdampak kematian pada burung kenari dan peternak mengalami kerugian besar.

Namun jangan khawatir, akan kami beri anda tips agar sukses dalam menangkar burung kenari Yorkshire ini.

Mulai dari penjodohan burung kenari Yorkshire sampai menetaskan telur dengan baik.

Karena tidak sedikit pula para penangkar yang sukses dan mendapat keuntungan besar dari tips ini.

Tips Ternak Kenari Yorkshire

Anggapan bahwa mengembangbiakkan burung kenari Yorkshire memang sudah menyebar di kalangan pembudidaya.

Hal ini dikarenakan indukan dari burung kenari Yorkshire memang dirasa cukup mahal dan susah untuk diperoleh.

Beberapa peternak juga ada yang mengaku gagal ketika berusaha menangkarkan burung kenari jenis satu ini.

Mencoba budidaya burung dalam jumlah besar memang memiliki banyak kendala, namun jangan menyerah begitu saja.

Masih banyak cara untuk membuat kita berhasil untuk membudidayakan melalui proses penjodohan burung kenari Yorkshire ini.

Proses Penjodohan Burung Kenari Yorkshire

Penjodohan burung kenari Yorkshire bisa di lakukan dengan beberapa cara:

1. Memasangkan indukan

Seperti dengan cara memisahkan sepasang indukan jantan dengan indukan betina.

Bisa juga dengan cara memperbanyak jumlah indukan betina namun tidak dalam satu kandang, dengan menempatkan dalam kadang terpisah namun masih berdekata.

Dengan cara itu kita bisa mencari pasangan untuk burung kenari jantan kita, cukup dekatkan burung kenari jantan dengan kandang-kandang yang berisi indukan betina.

2. Cari betina yang paling aktif

Amatilah respon dari betina-betina tersebut, apabila ada di antara mereka yang bersikap aktif, maka kita bisa memasangkannya dengan pejantan kita dan bisa kita tempatkan satu kandang dengan induk jantan.

Jika kita memiliki keterbatasan dana untuk membeli betina dengan jumlah yang banyak, maka bisa kita siasati dengan membeli indukan betina yang rajin bunyi.

3. Buat beradaptasi lebih dahulu

Dalam penjodohan tahap awal, sebaiknya antara pejantan dan betina tidak saling melihat, cukup dengan saling mendengar kicauan satu sama lain.

4. Tempatkan pada satu kandang

Ketika kita telah melihat ada kecocokan di antara kedua atau salah satunya, langkah selanjutnya adalah mendekatkan kandangnya, dan berlanjut deng menempatkan mereka dalam satu kandang.

Masalah yang kerap terjadi, biasanya ketika pada masa penjodohan, dimana induk jantan atau betinanya tidak birahi.

Dengan masalah yang demikian, biasanya proses penjodohan berlangsung lebih lama dari normalnya masa penjodohan.

Untuk menunjang masa penjodohan, kita bisa memberi pakan yang bernutrisi tinggi untuk menaikan hormon burung kenari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *