Tahapan Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor
Cucak

Tahapan Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor

Cara merawat cucak ijo biar gacor – Pada dasarnya burung cucak ijo ialah sejenis burung semi fighter,  dilihat dari bentuknya saja sangat unik tepatnya pada warna bulunya yang dominan hijau. Sedangkan wajahnya tampak segar dan berwarna hitam dengan mempunyai paruh panjang yang tebal sebagai penanda bahwa suara burung ini amat lantang.

Bagaimana Cara Merawat Burung Cucak Ijo Biar Gacor Terus?

Ada beberapa tips perawatan harian agar burung cucak ijo gacor terus, berikut ini :

1. Makanan Untuk Burung Cucak Ijo

Pakan jangkrik harus diberikan secara konsisten setiap hari. Jika Anda memberikannya dua kali sehari, pada pagi hari bisa diberikan EF sebanyak 3 ekor kemudian di sore hari 3 ekor jangkrik, jadi total sebanyak 6 ekor per hari.

Namun untuk memberikan pakan tambahan serangga, seperti ulat bambu, ulat hongkong, kroto, ulat kandang dan cacing tanah sebaiknya diberikan tiap hari. Namun bagusnya cukup diberikan hanya sebagai selingan saja, seminggu sekali dan bisa juga di random bergantian dan secara acak.

Untuk pakan buah-buahan cucak ijo yang paling disenangi ialah sawo, apel, pisang kapok putih/kuning dan pepaya.

Perlu perawatan dan perhatian ekstra dengan pemberian pakan berkualitas, tambahan vitamin dan nutrisi yang berasal dari buah-buahan dengan kombinasi serangga. Di hari senin sampai jumat misalnya, Anda bisa memberikan buah pepaya. Sedangkan pada hari Sabtu bisa divariasikan dengan memakan pisang kepok. Lalu hari minggu bisa diberikan buah sawo matang atau buah apel.

2. Mandi dan Kebersihan

Untuk perawatan mandi sendiri, sesuai kebiasaan burung jadi tidak terlalu dipaksakan. Misalnya jika terbiasa di keramba atau disemprot harus disesuaikan. Untuk penjemuran cucak ijo sendiri bisa dimulai dari jam 08.00 sampai jam 11.00 WIB. Jka Cucak Ijo sampai mangap-mangap saat dijemur di dalam sangkar tidak masalah.

Sedangkan untuk penambahan vitamin sendiri cukup seminggu sekali. Namun hal terpenting yang harus diperhatikan ialah tetap harus menjaga kebersihan setiap harinya.

3. Adaptasi Lingkungan

Berikan kesempatan burung cucak ijo yang baru Anda beli untuk bisa beradaptasi terhadap lingkungannya lebih dahulu, caranya dengan meletakkan kandangnya pada tempat yang nyaman dan aman tapi tetap dalam keadaan dikerodong.

Adapun cara cepat burung Cucak Ijo dapat beradaptasi, bisa dilakukan secara perlahan namun pasti. Di hari pertama, ketika burung baru diperoleh tetaplah dikerodong hingga seharian penuh. Kemudian di hari berikutnya buka resleting kerodong sedikit saja pada hari kedua. Lalu di hari ketiga, sedikit dinaikan lagi kerodongnya sampai 30 cm namun masih dikerodong di dalam kandang. Pada hari selanjutnya agak krodong sedikit dinaikkan lagi hingga kandangnya separuh dibuka.

Kemudian pada hari kelima, bisa dibuka total semua krodongnya lalu dilanjutkan ke teknik penjinakan. Di tahap penjinakan ini, selama kira-kira 5 hari sudah dapat beradaptasi. Penjinakan dapat dilakukan mulai dari memandikan burung hingga basah atau bisa memberikan tambahan EF jangkrik langsung dilatih memakai tangan.

Perlu Anda ketahui bahwa tahap adaptasi untuk semua jenis Cucak Ijo berbeda-beda, ada yang bisa beradaptasi dengan cepat dan ada pula. Jika burung ini sudah makan jangkrik langsung dari tangan, ini artinya burung tersebut sudah jinak dan dapat beradaptasi.

Itulah cara merawat cucak ijo biar gacor terus dengan melakukan perawatan sehari-hari secara rutin, mulai dari tahap adaptasi hingga sudah terbiasa dengan lingkungan sekitar.

Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor di Gantangan

Untuk merawat burung cucak ijo sebelum naik ke gantangan pada dasarnya hampir sama seperti perawatan yang dilakukan sehari-hari. Namun perbedaannya ketika mempersiapkan cucak ijo untuk mengikuti lomba hanya dilihat dari pakan EF serta penambahan waktu istirahat. Saat mengatur waktu istirahat dan pemberian ekstra fooding, burung Cucak Ijo pun akan tampil lebih maksimal di arena perlombaan.

Saat menjelang lomba, alangkah baiknya Anda mengamati kondisi kesehatan burung Cucak Ijo Anda, tidak mabung dan pastikan kondisi birahinya stabil. Inilah faktor yang berpengaruh terhadap kinerja Cucak Ijo ketika berada di gantangan.

Berikut ini proses perawatan burung CI menjelang perlombaan supaya tampil maksimal dan juara di arena perlombaan atau gantangan.

  1. Saat 3 hari menjelang waktu perlombaan tiba, burung CI tidak diperbolehkan untuk bertemu dengan burung sejenisnya. Adapun tujuannya yaitu agar tenaga dan stamina Cucak Ijo Anda tetap terjaga. Hal ini berupaya supaya burung ingin bekerja secara maksimal, tidak loyo dan tidak gembos saat perlombaan.

  2. Mandikan secara rutin cucak ijo pada pagi hari, kemudian bisa dijemur selama maksimal ½ jam atau 30 menit.

  3. Disarankan untuk pemberian pakan buah pepaya saat menjelang H-3 hingga H-2 menjelang perlombaan.

  4. Saat H-3 hingga H-2 perlombaan sebaiknya  berikan porsi EF dari 5 ekor jangkrik dan 7 ekor ulat hongkong saat pagi dan sore hari. Selain itu, tambahkan pula kroto bila perlu.

  5. Saat sudah H-1 perlombaan ubahkan pemberian pakan buah dari papaya ke buah pisang.

  6. Anda bisa meningkatkan porsi pemberian EF saat sudah menjelang H-1.

  7. Saat 1 jam sebelum Cucak Ijo di gantangkan, lebih baik diangin-anginkan barang sebentar, sekitar 10-20 menit saja sudah cukup. Tujuannya supaya Cucak Ijo dapat beradaptasi di area perlombaan.

  8. Jika hendak naik gantangan, dianjurkan dengan memberi EF 1 ekor jangkrk.

  9. Sebelum naik ke arena perlombaan, sebaiknya upayakan sangkar CI dalam keadaan yang bersih, supaya kinerjanya tidak terganggu.

  10. Amati kinerja dan gerak-gerik Cucak Ijo Anda sebelum dan saat sedang digantangkan.

  11. Jika Cucak Ijo sudah siap bekerja maksimal di gantangan, setingan CI menjelang lomba ini wajib diterapkan atau digunakan.

  12. Tapi jika burung ternyata tidak ingin bekerja maksimal, sebaiknya amati karakter Cucak Ijo dan ubahlah settingannya.

Itulah tahapan cara merawat cucak ijo biar gacor saat berada di gantangan atau di arena perlombaan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *