Sisi Unik Burung Merpati Yang Harus Anda Tahu
Merpati

Sisi Unik Burung Merpati Yang Harus Anda Tahu

Para penghobi burung merpati harus tahu sisi unik burung merpati yang sangat mencengangkan dan akan menambah kecintaan kita kepada burung merpati kita.

Fakta unik apa saja yang dimiliki burung merpati? Simak baik-baik penjelasan kami tentang sisi unik burung merpati yang harus anda tahu disini.

Ketika seseorang telah memutuskan untuk memelihara burung, tentu terlebih dahulu telah ditentukan keriteria dan standar burung yang dinginkan.

Salah satunya adalah nilai jual yang bagi sebagian orang menjadi pertimbangan yang akan menentukan jadi dan tidaknya untuk memelihara jenis burung trsebut.

Bagi sebagian orang yang lain, keramaha burung untuk dijadikan sebagai teman bermain juga tidak kalah menariknya.

Dan bagi sebagian orang yang lain juga memiliki tujuan atau alasan untuk memutuskan pemeliharaan sebagai burung hiasan yang elegan dan sisi romantisnya.

Seumpanya saja, ketika ada seseorang memutuskan untuk memelihara burung elang, dimana jenis tersebut mengambarkan kegagahan maka akan menambah kepercayaan diri dari pemiliknya.

Ada juga yang memilih burung lovebird yang cantik dan setia, mungkin saja sipemiliknya ingin berteman dan bermain dengan peliharaannya yang diyakini memiliki sifat setia dan romantis.

Lalu, bagaimana dengan orang yang memelihara burung merpati?

Apa saja sisi unik dari burung merpati sehingga menarik untuk dipelihara?

Sisi Unik Burung Merpati

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau burung merpati merupakan burung yang sangat dengat dengan kehidupan manusia sejak zaman dahulu kala.

Kedekatannya dengan manusia tersebut yang menjadikan burung merpati sebagai burung yang terkenal akan keramahannya.

Namun tidak cukup di situ saja, masih banyak sisi unik dan fakta dari burung merpati yang akan membuat anda terkejut ketika mengetahuinya.

Apa saja sisi keunikan burung merpati? Silahkan simak penjelasan kami.

1. Navigator Ulung

Sisi unik burung merpati kelihatan pada kemampuan burung merpati dalam urusan navigasi memang telah menjadi rahasia umum sejak zaman dahulu.

Bahkan panyak para ilmuan yang meneliti kemampuan navigasi burung merpati menyebutkan, jika seekor burung merpati dilepaskan dalam jarak yang sangat jauh dan mata tertutup, maka dia tidak akan kesulitan untuk mencari jalan pulang kembali.

Kemampuan navigasi seekor burung merpati yang sangat luar biasa tersebut dipengaruhi oleh posisi matahari, arah angina serta penciumannya yang tajam untuk menemukan arah pulang.

Kemampuannya tersebut yang membuatnya mampu beraksi heroik seperti penjelasan pada poin selanjutnya.

2. Pahlawan Perang

Ketika sarana komunikasi belum terlalu maju dan secanggih sekarang, para masyarakat menggunakan burung merpati sebagai pengantar pesan atau kurir.

Sejarah mencatat, penggunaan burung merpati sebagai kurir atau pengirim pesan juga digunakan dalam perang dunia I dan perang dunia II.

Penggunaan merpati sebagai kurir biasanya dikarenakan jalur darat yang tidak aman untuk dilewati karena dihadang oleh musuh.

Penggunaan burung merpati sebagai kurir juga karena pesan yang dibawa oleh burung merpati dirasa lebih cepat sampai jika dibandingkan menggunakan jalur darat.

Burung merpati juga berjasa dalam menyampaikan pesan atau kabar jika kapal perang musuh sudah dekat dan mau menyerang.

Atas jasa yang telah dilakukan oleh burung merpati, tidak heran jika pada tahun 2004 negara India mendirikan layanan pensiun bagi merpati-merpati  pahlawan tersebut.

Oleh Negara India, mereka diberi fasilitas untuk menjalani sisa hidupnya dengan nyaman.

3. Merpati Dan Olahraga

Karena keterampilan burung merpati dalam mengirim pesan, pemerintah Romawi juga melakukan inisiatif untuk membuat cabang olahraga untuk burung merpati.

Karena keterbatasan dalam hal komunikasi, akhirnya burung merpati kembali digunakan sebagai sarana menyiarkan hasil dari pertandingan di Olimpiade.

Berdasarkan sejarah yang pernah dilalui oleh burung merpati, sampai sekarang budaya melepaskan burung merpati masih dipakai ketika pembukaan Olimpiade dilaksanakan.

4. Nilai Bisnis Yang Tinggi

Burung merpati kerap kali memecahkan rekor penjualan di pasaran.

Dilansir oleh NationalPost, bahwa seorang dari belgia menjual burng merpatinya bernama ‘Bolt’ kepada serang pembisnis China dengan harga yang cukup fantastis, yaitu $410.000.

Selain harga ‘Bolt’ yang mencapai rekor tinggi, ternyata secara tidak langsung, burung merpati juga memiliki pengaruh terhadap kekayaan yang dimiliki oleh keluarga Rothschild.

Sejarahnya, pada tahun 1800-an mereka membangun banyak kandang untuk burung merpati di seluruh Eropa untuk membawa berita dari tempat-tempat keuangan.

Karena mengingat pada zaman itu, alat komunikasi masih sangat terbatas, metode pengiriman informasi menggunakan burung merpati dirasa sangat efektif.

5. Merpati Dalam Agama

Sejauh pengetahuan, menurut agama yang diyakini di Indonesia menganggap burung merpati sebagai hewan yang perlu disayangi.

Beberapa agama seperti Islam, Sikhisme serta Hindu mengajarkan bahwa memberi makan pada burung merpati adalah sebuah kebaikan.

Sedangkan dalam agama Kristen, menjadikan burung merpati sebagai simbol kedamaian dan kesucian jiwa.

Maka dari itu, tidak heran jika burung merpati dapat disambut begitu dengan hangat di kalangan masyarakat.

Masih ada beberapa keunikan-keunikan yang dimiliki oleh burung merpati yang bisa membuat kita tambah mengenal serta berminat untuk memelihara burung merpati.

Bukan hanya sekedar burung peliharaan dan burung perlombaan, tetapi sepak terjang burung merpati dalam membantu kehidupan manusia memang patut untuk dihargai.

Terlepas dari prestasi yang sudah ditorehkan oleh burung merpati,  sudah selayaknya sesama makhluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan dan juga hidup secara berdampingan untuk saling menyayangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *