Perbedaan Lovebird Pastel Kuning Dan Lutino
Lovebird

Perbedaan Lovebird Pastel Kuning Dan Lutino

Keindahan warna burung Lovebird memang sudah diakui oleh para pecinta burung. Fariasi warna yang berbeda juga berpengaruh pada harga jual jenis burung Lovebird. Oleh karena itu perbedaan Lovebird pastel kuning dan lutino perlu diperhatikan juga. Karena perbedaan warna, akan memiliki nama yang berbeda pula.

Ngekek pada burung Lovebird memang menjadi penentu nilai jual pada burung Lovebird, namun fariasi warna bulu burung Lovebird jauh berpengaruh.

Semakin langka warna pada burung  Lovebird, maka semakin tinggi pula harga jualnya di pasaran.

Sebagai contoh perbandingan, harga burung Lovebird blue series lebih tiggi dibandingkan burung Lovebird dakocan. Hal ini dikrenakan tingkat kelangkaan dan susahnya dalam menghasilkan anakan berjenis blue series.

Burung Lovebird bukanlah burung endemik Indonesia, kebanyakan jenis burung Lovebird adalah import dari luar negeri. Oleh para penghobi burung burung Indonesia Lovebird kemudian dibudidayakan dan memilki fariasi warna yang lebih beragam

Kunikan serta keindahan burung Lovebird menjadikannya turun ke lapangan perlombaan sebagai burung kontes. Suara ngekek dan berdurasinya yang panjang sebagai karakter khas dari burung paruh bengkok menambah daya pikat burung Lovebird. Ini salah satu keunikan lovebird kusumo.

Sudah banyak diadakan event atau acara perlombaan sebagai wadah bagi para pecinta burung Lovebird untuk unjuk kebolehan dan keindahan burung Lovebird kesayangannya.

Sekedar info saja, bahwa kerap burung Lovebird yang berprestasi dan menjadi pemenang dalam kontes perlombaan tidak bertahan lama.

Jenis Lovebird Berdasarkan Warna

Banyaknya fariasi warna yang dimiliki oleh burung Lovebird kerap kali menjadikan pecinta burung pemula bingung. Termasuk perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino. Karena perbedaan warna pada burung Lovebird juga beda pula istilah atau nama dalam dunia pecinta Lovebird.

Hal yang mendasar diketahui oleh para pecinta burung pemula adalah istilah atau nama dari farian burung Lovebird. Burung Lovebird lutino mata merah dan burung Lovebird albino mata merah sempat popular di masanya.

Karena keunikan dan keindahan dari burung Lovebird lutino membuat banyak para penghobi burung Lovebird ingin membudidayakannya.

Burung Lovebird lutino dapat dikenali dengan dominasi warna kuning dan merah pada kepala sampai leher dan bagian pangkal ekor. Dominasi warna cerah kuning dan merah pada burung Lovebird lutino membuat burung Lovebird lutino mata merah semakin anggun dan bercahaya.

Gemerlap kombinasi warna kuning dan merah seolah memancarkan warna emas mampu memikat banyak pecinta burung Lovebird.

Selanjutnya perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino bisa Anda simak dalam penjelasan di bawah ini.

Lovebird Lutino

Salah satu jenis dari sekian banyak jenis burung Lovebird adalah burung Lovebird lutino. Burung Lvebird lutino adalah salah satu jenis Lovebird yang memiliki kualitas dan peminat yang cukup tinggi.

Burung Lovebird lutino dengan warna mencolok dan anggun merupakan jenis burung Lovebird yang mudah untuk dikenali.

Burung Lovebird lutino biasanya didominasi warna oren atau kunin yang menghiasi seluruh tubuhnya.

Ada 2 (dua) pembagian kategori burung Lovebird lutino.

Pembagian katagori tersebut didasarkan pada mata burung Lovebird lutino itu sendiri yaitu:

  • Burung Lovebird lutino mata merah, dan
  • Burung Lovebird lutino mata hitam.

Burung Lovebird lutino mata merah dan burung Lovebird lutino mata hitam secara garis besar warna bulu mereka tidak memiliki perbedaan yang mencolok.

Letak perbedaan yang terlihat dan bisa menjadi acuan adalah warna mata dari burung Lovebird lutino itu sendiri.

Dilihat dari matanya burung Lovebird lutino mata merah memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan burung Lovebird lutino mata hitam.

Beberapa cara untuk mengenali burung Lovebird lutino bisa kita pelajari, agar dikemudian hari bermanfaat bagi kita dan para pemula supaya tidak salah dalam memilih dan mengidentifikasi.

Lovebird Pastel

Seperti namanya, burung Lovebird pastel adalah burung Lovebird yang memiliki warna pastel atau memiliki warna yang tidak solid, sehingga terkesan memiliki warna yang pudar.

Burung Lovebird pastel memiliki 2 (dua) jenis dalam fariasi warnanya.

  • Yaitu burung Lovebird pastel hijau dan burung Lovebird pastel kuning.
  • Keduannya memang memiliki harga jual yang cukup berimbang dan seimbang.

Burung Lovebird pastel kuning secara sepintas akan terlihat sama seperti burung Lovebird lutino.

Warna kuning yang menjadi dasar warna dasar membuat kedua jenis burung ini terkesan seperti burung Lovebird dari jenis yang sama.

Namun ada juga burung Lovebird pastel memiliki warna lembut dan tidak begitu solid atau tegas seperti jenis burung Lovebird lainnya yang memiliki warna solid.

Ciri lain dari burung Lovebird pastel yang bisa dikenali adalah warna kepala yang cenderung berwarna keabu-abuan dan warna leher yang berwarna agak putih.

Dan pada bagian pangkal leher kebawah dilanjutkan dengan warna yang pudar mendekati putih namun masih terlihat jelas warna pada tubuh burung Lovebird.

Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino

Bagi kebanyakan pemula pasti merasa bingung untuk membedakan dan mengatagorikan jenis- jenis burung Lovebird. Seperti perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino, yang secara sepintas terlihat sama karena memiliki warna dasar yang sama yaitu kuning.

Kedua jenis burung Lovebird ini memang memiliki banyak persamaan yang cukup mencolok sehingga agak susah dibedakan antara keduanya.

Ditambah lagi burung Lovebird pastel kuning atau juga disebut dengan paskun memiliki dua macam kelas yaitu burung Lovebird pstel kuning bersih dan burung Lovebird pastel kuning kotor.

Jenis burung Lovebird pastel kuning bersih inilah yang memiliki kemiripan yang identik dengan burung Lovebird lutino.

Maka kita perlu jeli agar bisa membedakan antara burung Lovebird pastel kuning bersih dan burung Lovebird lutino tersebut.

Biasanya orang mengenali jenis burung Lovebird pastel kuning atau paskun dengan nominal harganya yang terbilang lebih terjangkau daripada burung Lovebird lutino.

Namun apabila tidak ada perbandingan diantara keduanya itu cukup menyusahkan bagi pemula untuk membedakannya.

Perbedaan Fisik Lovebird Pastel Kuning dan Lutino

Bentuk fisik dari burung Lovebird memang menjadi perhatian utama bagi para pemula untuk memahami perbedaan jenis dari burung Lovebird.

Karena dari fisik burung Lovebird kita bisa melihat dan mengamati ciri- ciri dari burung Lovebird yang berkualitas.

Ketika kita mengamati secara rinci perbedaan burung Lovebird pastel kuning dan burung Lovebird lutino maka akan tampak perbedaannya.

Secara rinci burung Lovebird pastel kuning dan burung Lovebird lutino memiliki perbedaan yang bisa dipelajari dan diamati oleh para pemula.

Bagi pemula yang sedang belajar untuk membedakan burung Lovebird pastel kuning dan burung Lovebird lutino alangkah lebih baik didampingi oleh ahlinya.

Bisa saja bagi para pemula mengamati sediri terlebih dahulu perbedaan keduanya kemudian ditanyakan kepada ahlinya untuk memastikan perbedaan antara keduanya.

1. Bagian Mata

Perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino bisa dilihat dari matanya. Bagian mata yang dimaksud adalah bagian bola mata burung Lovebird bukan warna bulu yang mengelilingi mata atau kacamata yang oleh banyak orang sering disebut klep.

Karena mata burung Lovebird juga sangat penting untuk diperhatikan maka kita spesifik membahas bola mata terlebih dahulu.

Burung Lovebird pastel kuning yang sering disingkat menjadi Paskun memiliki ciri mata yang berwarna hitam pekat.

Sedangkan pada burung Lovebird lutino memiliki ciri mata berwarna merah sehingga tidak sedikit pula yang menyebutnya dengan burung Lovebird lutino mata merah.

Jika anda mau membeli burung Lovebird lutino maka pastikan matanya berwarna merah.

Karena sebagian oknum penjual burung Lovebird memanfaatkan ketidak tahuan kita untuk menawarkan burung Lovebird  lutino padahal aslinya burung Lovebird pastel kuning.

Hal ini disebabkan karena harga burung Lovebird lutino lebih tinggi dibandingkan burung Lovebird pastl kuning.

2. Bagian Kaki

Bagian kaki burung Lovebird yang berkualitas juga memiliki kriteria tersendiri untuk membedakan dengan burung Lovebird jenis lain.

Perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino medetail selanjutnya yang bisa dilihat dari fisik adalah bagian kaki.

Pada bagian kaki burung Lovebird lutino memiliki warna putih seperti burung Lovebird albino.

Sedangkan bagian kaki pada burung Lovebird pastel kuning memiliki warna keabu- abuan sendrung hitam seperti kaki burung Lovebird jenis lainnya.

Ciri kaki pada burung Lovebird adalah ciri yang cukup penting diketahui oleh para pemula yang ingin membeli burung Lovebird.

Karena warna kaki bisa membedakan kualitas dari burung Lovebird berasal dari indukan apa.

3. Perbedaan Warna Tubuh

Warna tubuh dari burung paruh bengkok memang menjadi daya pikat utama sebagai burung hias.

Namun warna tubuh pada burung Lovebird juga bisa digunakan untuk melihat kualitas burung Lovebird yang membedakan dengan jenis lainnya.

Perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino secara fisik yang bisa diamati selanjutnya adalah warna tubuh burung Lovebird pastel kuning atau burung Lovebird paskun.

Burung Lovebird patel kuning biasanya  memiliki warna tubuh yang cerah tetapi ada warna kehijauan pada tubuh burung Lovebird paskun.

Warna kehiajauan tersebut berada pada bagian dada dan sayap burung Lovebird pastel kuning.

Sedangkan warna tubuh untuk burung Lovebird lutino memiliki warna kuning cerah dan mengkilap serta tidak terdapat warna kehijauan pada bagian dada.

Pada bagian leher burung Lovebird pastel kuning terdapat warna merah pudar atau merah pastel.

Sedangkan pada bagian leher burung Lovebird lutino warna merahnya lebih cerah dan pekat.

4. Bagian Ekor

Perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino dilihat dari bagian ekornya. Ekor burung Lovebird adalah salah satu perhiasan bagi burung Lovebird yang membuatnya terlihat indah dan mempesona.

Bagian ekor pada burung Lovebird juga bisa menjadi acuan pembeda untuk mengetahui perbedaan antara burung Lovebird pastel kuning dan burung Lovebird lutino.

Bagian ekor pada burung Lovebird pastel kuning berwarna keunguan yang terdapat pada pangkal ekornya.

Sedangkan pada bagian pangkal ekor burung Lovebird lutino berwarna merah.

Perbedaan warna pada pangkal ekor keduanya dikarenakan gen dari indukannya yang berbeda jenis.

Perbedaan ini bisa dicek dengan membuka ekor burung Lovebird agar bisa melihat secara jelas perbedaan tersebut tanpa terhalang oleh bulu ekor burung Lovebird.

5. Dilihat Dari Warna Kepala Sampai Leher

Perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino yang bisa kita pelajari selanjutnya terdapat pada bagian kepala sampai leher pada burung Lovebird.

Ciri fisik yang dimiliki oleh burung Lovebird lutino yang terdapat pada bagian kepala sampai leher adalah warnanya. Burung Lovebird lutino memiliki ciri warna merah keemasan pada bagian kepala sampai lehernya.

Adapula burung Lovebird lutino yang memiliki warna kemerahan dengan motif ngalung pada bagian leher. Sedangkan ciri fisik bagian kepala sampai leher pada burung Lovebird pastel kuning cenderung bersih berwarna kuning dengan gradasi warna mera.

Sehingga menjadikan warna merah pada bagian kepala sampai leher burung Lovebird pastel kuning tidak sekuat warna merah pada burung Lovebird lutino.

Bagaimana kawan? Sedikit atau banyak sudah bisa mengetahui perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino, kan. Mudah-mudahan info sedikit ini bisa memberikan manfaat. Untuk artikel yang lain bisa Anda baca di bahahewan.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *