Perbedaan Kenari Loper Dengan Kenari Af Dan Kenari Jenis Lainnya
Kenari

Perbedaan Kenari Loper Dengan Kenari Af Dan Kenari Jenis Lainnya

Perbedaan Kenari Loper Dengan Kenari Af – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan yang memiliki banyak peminat dari kalagan para pecinta burung kicauan.

Namun, karena jenis burung kenari yang beragam, banyak para kicau mania yang kebingungan untuk membedakan istilah-istilah penyebutan jenis burung kenari.

Sangking bingungnya, bahkan sampai susah untuk mencari perbedaan kenari loper dengan kenari AF.

Burung kenari memang memliki banyak jenis dan istilah yang beragam, di antara jenis burung kenari adalah:

  • Kenari lokal
  • Kenari lokal super (loper)
  • Kenari AF
  • Kenari AFS
  • Kenari F1
  • Kenari F2
  • Kenari F3
  • Kenari Yorkshire, dan masih banyak jenis lainnya

Istilah-istilah dari burung kenari tersebut telah sering disebutkan dan sudah sering kita dengar.

Namun, kita masih sering tidak mengetahui maksud dari istilah jenis burung kenari tersebut.

Sebenarnya, antara satu jenis burung kenari dan jenis lainnya memiliki perbedaan yang bisa kita kenali. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan selanjutnya.

Perbedaan Kenari Loper Dengan Kenari Af

Untuk membedakan antara burung kenari jenis loper dan burung kenari jenis Af serta jenis burung kenari lainnya akan sedikit kita jelaskan sebagai acuan untuk membedakannya.

1. Kenari Lokal

Burung kenari lokal merupakan salah satu dari beberapa jenis burung kenari yang sudah using untuk ditangkarkan atau dibudidayakan di Indonesia.

Atas dasar itulah, burung kenari jenis ini dinamai dengan istilah burung kenari lokal karena sudah banyak ditemui di Negara Indonesia.

Dilihat dari postur tubuhnya, burung kenari lokal memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil jika dibandingkan dengan burung kenari jenis lainnya.

Burung kenari lokal juga memiliki harga yang cukup murah dan bersahabat dengan kantong kita, bahkan bisa dikatakan memiliki harga paling murah di antara jenis burung kenari lainnya.

2. Kenari Lokal Super (Loper)

Burung Kenari Lokal Super (Loper) juga merupakan salah satu dari sekian jenis burung kenari yang ada, secara genetik burung kenari loper merupakan hasil persilangan burung kenari jenis AF.

Jika dibandingkan dengan burung kenari lokal, burung kenari loper memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, hal itulah yang mendasari ada nama ‘super’ di belakangnya.

3. Kenari AF

Burung kenari AF juga merupakan jenis burung kenari yang dihasilkan dari perkawinan silang antara burung kenari lokal dengan burung kenari jenis F1.

Burung kenari AF memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan burung kenari jenis loper. Oleh karena itu perbedaan kenari loper dengan kenari af sangat tampak jelas.

Selain itu, postur tubuh dari burung kenari AF juga terkesan lebih gagah dari jenis loper, sehingga perbedaan yang bisa kita lihat dari burung kenari jenis ini terdapat pada ukuran tubuhnya.

Kelebihan yang dimiliki oleh burung kenari ini adalah postur atau ukuran tubuh yang tidak terlalu besar atau proporsional.

Tetapi jika hanya dilihat secara sepintas burung kenari AF akan terlihat seperti burung kenari jenis Import atau mbarong.

Karena penampilannya yang terkesan bule itulah membuat burung kenari jenis AF ini memiliki banyak peminat.

4. Kenari AFS

Jenis burung kenari yang terdapat di pasaran adalah burung kenari AFS. Secara genetik, merupakan hasil persilangan dari burung kenari jeni AF dan F1.

Dengan begitu, hasil dari perkawinan silang tersebut mendapatkan ukuran tubuh yang bongsor dari jenis burung kenari lainnya.

5. Kenari F1

Burung kenar F1 adalah jenis burung kenari yang dihasilkan dari persilangan antara burung kenari jenis import dengan burung kenari lokal.

Istilah F yang terdapat pada burung kenari jenis F1 berasal dari kata ‘Filial’ ayang berarti keturunan.

Sehingga, istilah F1 memiliki arti burung kenari keturunan kesatu atau pertama, F2 merujuk pada arti burung kenari keturunan ke-2, F3 berati burung kenari keturunan ke-3, begitu dengan urutan seterusnya.

Istilah F juga disesuaikan dengan indukan dari burung jenis burung tersebut.

6. Kenari Yorkshire (YS)

Jenis burung yang kita bahas di urutan terakhir ini adalah jenis burung kenari yang memiliki penyebutan yang cukup sulit untuk lidah orang Indonesia.

Untuk mempermudah penyebutanya, kita sering menggunakan istilah YS yang diambil dari nama burung kenari jenis Yorkshire.

Burung kenari Yorkshire merupakan burung kenari yang berasal dari Negara Inggris, tepatnya dari daerah Yorkshire.

Burung kenari jenis ini merupakan salah satu burung kenari jenis import yang sudah popular di kalangan kicau mania Indonesia.

Hal ini cukup beralasan, karena burung kenari jenis Yorkshire memiliki beberapa keunggulan yang menjadi daya pikatnya.

Di antara keunggulan burung kenari Yorkshire adalah postur tubuhnya yang cukup besar serta lebih gagah jika dibandingkan dengan burung kenari jenis lainnya.

Jenis burung kenari memang sangat beragam, maka dari itu dengan penjelasan ini diharapkan bisa memberi sedikit pengetahuan bagi para kicau mania untuk lebih mengenali jenis burung kenari.

Dengan mengetahui perbedaan serta karakternya, kita dapat memilih burung kenari jenis mana yang cocok untuk kita jadikan peliharaan dan bagai mana cara mengenalinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *