Karakteristik Beserta Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina
Cucak

Karakteristik Beserta Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan cucak ijo jantan dan betina, alangkah lebih baiknya kita mengetahui karakter dari burung yang menjadi perimadona dikalangan kicau mania.

Burung cucak ijo merupakan jenis burung kicauan memiliki ciri khas warna hijau disekujur tubuhnya serta karakter suara yang merdu.

Sepak terjang burung cucak ijo dalam ajang perlombaan menjadikannya sebagai burung perimadona di kalangan kicau mania.

Burung yang memiliki warna dominan hijau ini memiliki beberapa jenis menurut asalnya, ada cucak ijo Kalimantan, cucak ijo Sumatera, cucak ijo banyu wangi, dan masih banyak jenis lainnya.

Burung cucak ijo juga memiliki karakteristik yag berbeda-beda sesuai jenis dari masing-masing jenis burung cucak ijo dan asalnya.

Burung cucak ijo atau juga dikenal dengan sebutan cica daun memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati.

Mengenai kepopuleran burung cucak ijo tidak perlu diragukan lagi, karena minat terhadap burung cucak ijo bagi para kicau mania selalu meningkat dari masa ke masa.

Karakteristik Cucak Ijo

Kebanyakan kicau mania tertarik dengan pesona warna dari burung cucak ijo yang cantik dan kicauannya yang merdu.

Meskipun ada banyak burung kicau yang bisa dipilih namun daya pikat urung cucak ijo mampu bersaing dengan para kompetior burung kicau lainnya.

Selain daya tarik dari wara bulu dan kicauannya, burung cucak ijo dirasa lebih mudah dalam perawatannya.

Dengan ukuran tubuh sedang dan memiliki panjang sekitar 23 cm, burng cucak ijo sangat cocok untuk digantung di teras sebagai hiasan.

Karakternya sebagai burung omnivora memudahkan bagi para pemelihara untuk memberi makanan yang berfariasi agar tidak bosan dan tetap menjada kualitas ocehannya.

Burung yang mimiliki sebutan cica daun ini berhabitat diperbukitan dan hutan lebat dataran tinggi dengan ketianggian 6.500 mdpl (meter diatas permukaan air laut).

Warnanya yang hijau menyerupai daun menjadi pertahanan dirinya untuk berkamuflase di alam liar dari serangan predator, sehingga tidak mudah untuk menangkapnya di alam liar.

Namun untuk menjaga kelestarian burung cucak ijo di alam liar, sekarang sudah banyak para pemelihara yang membudidayakannya.

Perbedaan Cucak ijo Jantan dan Betina

Bagi para pecinta burung kicau yang berminat untuk memelihara burung cucak ijo sangatlah penting untuk memahami perbedaan cucak ijo jantan dan betina.

Karena jenis kelamin pada burung cucak ijo sangat berpengaruh terhadap kicauannya.

Dalam hal kicauan burung cucak ijo memiliki kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan dengan burung cucak ijo betina.

Hal ini yang kemudian menjadikan burung cucak ijo jantan lebih dimenati oleh para kicau mania baik uktuk sekedar hiasan atau untuk gantangan.

Maka dari itu bagi para pemula sebaiknya mengetahui perbedaan antara cucak ijo jantan dan betina agar tidak salah dalam memilih dan mendapatkan burung kicauan sesuai dengan yang didambakan.

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina bisa kita ketahui dengan melihat ciri fisiknya, karena secara postur tubuh burung cucak ijo jantan dan betina pasti ada perbedaan yang mencolokdan bisa kita kenali.

Perbedaan ciri fisik untuk membedakan burung cucak ijo jantan  biasanya terdapat pada warna lingkar mata, warna bulu bagian leher, warna paruh, supit urang, kulit kaki dan pupil mata.

1. Lingkar Mata

Lingkar mata bisa menjadi tanda untuk mengetahui perbedaan cucak ijo jantan dan betina, perbedaan warna lingkar mata cucak ijo akan semakin mencolok ketika telah memasuki usia dewasa.

Cucak ijo jantan yang telah memasuki usia dewasa akan memiliki lingkar mata dengan warna kuning tegas, sedangkan lingkar mata pada burung cuca ijo betina akan berwarna putih.

Namun ada juga burung cucak ijo betina yang memiliki lingkar mata berwarna kuning pudar atau terlihat kuning kusam.

2. Perbedaan Warna Paruh

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina bisa kita lihat juga pada warna paruhnya, perbedaan ini sudah bisa kita lihat sejak burng cucak ijo berupa anakan.

Pada umumnya burung cucak ijo jantan akan memiliki warna paruh coklat gelap pada bagian bawah, sedangkan anakan burung cucak ijo betina memiliki warna paruh yang cenderung berwana putih.

Dari perbedaan warna paruh ini, kita bisa menganalisa perbedaan cucak ijo jantan dan betina sejak dini,

sehingga bagi para pecinta burung kicau yang ingin memelihara burung cucak ijo mulai dari anakan bisa mengenali jenis kelamin burung yang dipilih.

3. Perbedaan Supit Urang

Supit urang adalah istilah untuk tulang bagian belakang yang terdapat pada hewan jenis burung atau ungags lainnya.

Dari perbedaan bagian supit urang kita juga bisa menganalisa dan mengetahui jenis kelamin dari burung cucak ijo.

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina pada bagian supit urang akan kita ketauhui dengan cara memegang serta menekan pada bagian supit urangnya.

Burung cucak ijo jantan akan memiliki struktur supit urang yang keras serta rapat, sedangkan cucak ijo betina memiki struktur supit urang yang cenderung lembek serta ranggang.

4. Perbedaan Bulu Leher

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina yang selanjutnya bisa kita lihat dari warna bulu yang terdapat pada dagu dan postur tubuhnya.

Ciri fisik ini merupakan ciri yang sangat mudah dikenali untuk membedakan cucak ijo jantan dan betina.

Burung cucak ijo jatan memiliki postur tubuh yang lebih tegas, gagah serta lebih besar namun pendek jika dibandingkan cucak ijo betina.

Burung cucak ijo jantan juga memiliki bulu pada bagian leher yang berwana hitam tegas serta jelas, sehingga lebih mudah untuk dikenali.

Sedangkan untuk burung cucak ijo betina memiliki postur tubuh yang cenderung ramping dan lebih panjang serta pada bagian leher burung cucak ijo betina akan berwana kuning kehijaun.

5. Perbedaan Sisik

Sisik pada kaki burung cucak ijo biasanya akan muncul ketika burng cucak ijo sudah memasuki usia dewasa.

Corak sisik pada kaki burung cucak ijo juga bisa menjadi tanda untuk mengenali perbedaan cucak ijo jantan dan betina.

Biasanya cucak ijo jantan akan memiliki sisik kaki dengan trotol atau bintik hitam, sedangkan burung cucak ijo betina tidak memiliki trotol sebagaimana yang dimiliki cucak ijo jantan.

6. Perbedaan Pupil Mata

Jika dilihat dengan teliti pada bagian pupil mata, kemudian dibandingkan maka akan terlihat perbedaan antara pupil yang dimiliki cucak ijo jantan dan pupil yang dimiliki cucak ijo betina.

Burung cucak ijo jantan akan memiliki pupil atau lingkaran pada bola mata yang berwarna hitam jernih.

Sedangkan burung cucak ijo betina akan memiliki warna hitam kecoklatan bahkan coklat murni pada bagian pupilnya.

Perbedaan Cucak Ijo Jantan Dan Betina Trotolan

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina yang masih dalam usia dewasa sangatlah mudah, bahkan bagi pemula juga bisa mengenalinya.

Perbedaan yang terdapat pada burung cucak ijo jantan usia dewasa adalah terdapat warna hitam dibagian wajah sampai leher bagian depan, atau sering juga disebut dengan nopeng/topeng.

Sedangkan burung cucak ijo betina usia dewasa tidak memiliki warna hitam atau tidak nopeng seperti burung cucak ijo jantan.

Tetapi ketika burung cucak ijo masih dalam usia muda atau trotolan, sangatlah susah untuk dibedakan karena warna hitam pada wajah cucak ijo jantan belum nampak.

Namun jangan khawatir bagi para breeder yang berminat untuk memelihara burung cucak ijo dari usia muda.

Karena masih ada ciri-ciri yang bisa kita ketahui untuk membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih muda.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan Dan Betina Trotolan

Beberapa ciri yang menunjukkan perbedaan cucak ijo jantan dan betina yang masih muda adalah sebagai berikut:

1. Lingkaran bulu alis mata.

Cucak ijo jantan akan memiliki warna bulu alis mata berwarna kuning tua, sedangkan burung cucak ijo betina memiliki lingkar bulu mata alis mata yang berwarna kuning pudar mendekati putih.

2. Lingkaran bulu alis mata menjelang dewasa.

Lingkaran bulu alis mata yang berwana kuning pada burung cucak ijo jantan akan rontok saat menjelang dewasa kemudian tumbuh bulu baru dengan warna hitam mengkilap sampai pada bagian leher.

Sedangkan lingkaran bulu alis mata pada burung cucak ijo betina yang berwana kuning kusam akan semakin memudar dan berubah menjadi warna putih.

3. Paruh bagian bawah.

Burung cucak ijo jantan akan memiliki warna paruh bagian bawah yang berwarna coklat kehitaman dan saat memasuki usia dewasa akan berubah menjadi hitam pekat.

Sedangkan paruh bagian bawah burung cucak ijo betina muda memiliki warna putihkehitaman.

4. Cekungan paruh bagian bawah.

Cucak ijo jantan yang masih muda akan memiliki cekungan paruh bagian bawah berbentuk huruf V, sedangkan burung cucak ijo betina yang masih muda akan memiliki cekungan bagian bawah paruh berbentuk huruf U.

5. Warna bulu pada bagian leher.

Burung cucak ijo jantan akan memiliki bulu bagian dagu sampai leher berwarna kuning tua dan ketika memasuki usia dewasa, bulu tersebut akan akan rontok kemudian berganti dengan bulu dengan warna totol-totol hitam, sesuai bertambahnya usia, bulu tersebut akan menjadi hitam sepenuhnya.

Sedangkan burung cucak ijo betina akan memiliki bulu pada bagian dagu sampai leher dengan warna kuning pudar, ketika menjelang dewasa, seiring berjalannya waktu bulu tersebut akan berubah warna menjadi putih seutuhnya.

Demikian beberapa ciri-ciri perbedaan cucak ijo jantan dan betina yang bisa kita amati dan fahami agar tidak salah pilih dalam membeli burung cucak ijo di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *