Trik Cara Perawatan Kenari Lomba Dan Pelatihan Mental
Kenari

Cara Perawatan Kenari Lomba Dan Pelatihan Mental

Cara Perawatan Kenari Lomba Dan Pelatihan Mental – Burung kenari merupakan burung kicauan yang selalu ikut serta dalam sebuah ajang perlombaan.

Semua pemilik burung kicauan, pasti menginginkan burung peliharaannya bisa berkicau dan gacor, dan kalau bisa, pasti menginginkan burungnya menjadi juara lomba.

Mencetak burung bermental juara diperlukan persiapan yang matang sebelum mengikuti ajang perlombaan.

Burung Kenari Memiliki Beberapa Keunggulan

Di antara keunggulan yang dimiliki jenis burung kenari adalah, perawatan harian untuk lomba lebih mudah jika dibandingkan dengan burung kicauan lainnya.

Selain itu, burung kenari juga memiliki tingkat stres yang lebih rendah, dan memiliki kemampuan pemulihan yang lebih cepat ketika burung kenari mengalami drop.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh burung kenari, bisa dimanfaatkan untuk mencetak burung kenari menuju ajang perlombaan.

Agar burung kenari dapat mengikuti sebuah ajang perlombaan, memelihara harus mengetahui karakter dari burung tersebut untuk menyesuaikan cara perawatan yang benar.

Dengan demikian, pemeliharaan lebih mudah untuk mencetak burung kenari bermental Fighter tanpa harus menyia-nyiakan energi.

Mudahnya Cara Perawatan Kenari Lomba Harian

Bukan suatu hal yang mudah untuk menyesuaikan cara dan pola perawatan yang pas untuk burung kenari berdasarkan karakternya.

Terdapat sebuah kejadian, dimana burung kenari akan lebih gacor ketika diberikan pakan berupa kroto, dan ada pula burung kenari yang justru akan lebih gacor ketika diberi makan apel atau telur puyuh.

Hal yang demikian, merupakan suatu kejadian yang wajar. Maka dari itu pola perawatan kenari lomba yang tepat harus berdasarkan karakter burung kenari yang sedang kita cetak.

Sebelum mengikuti ajang perlombaan, sebaiknya kita dapat memahami jauh-jauh hari pakan kesukaan burung kenari yang kita miliki.

Mengetahui makanan kesukaan burung kenari, kita bisa mencoba-coba atau menggunakan metode trial and error.

Dengan cara memberikan makan kepada burung kenari berupa turun telur puyuh, kemudian melihat efek yang terjadi.

Setelah itu berikan variasi lain seperti memberi makan buah apel, dan lihat efek yang terjadi setelah itu.

Lakukan dengan berbagai macam variasi dan lihat dampak stelahnya, hal demikian untuk mengetahui makanan kesukaan dari burung kenari tersebut.

Setelah kita tahu karakter dan makanan kesukaan dari burung kenari kita, kita ke tahap selanjutnya yaitu mengetahui cara perawatan kenari lomba.

Cara ini telah teruji dan telah dilakukan kan oleh banyak Kicaumania untuk menyiapkan burung kenari yang akan yang akan diikutsertakan dalam lomba.

Burung kenari yang akan diikutsertakan dalam perlombaan, sebaiknya dikarantina terlebih dahulu dan jangan biarkan untuk mendengarkan ataupun melihat burung kenari lain.

Waktu karantina sebaiknya dalam kurun waktu kurang lebih 1 minggu sebelum acara dimulai.

Perawatan yang dilakukan seminggu sebelum perlombaan, sebaiknya disemprot atau dimandikan sampai basah setiap pagi hari.

Namun perlu diketahui, apabila cuaca sedang dingin alangkah lebih baiknya menghindari menyemprot atau memandikan burung kenari tersebut.

Setelah proses pemandian selesai, kemudian burung kenari dijemur sampai kering sesuai dengan kemampuan burung tersebut.

Namun jangan dipaksakan menjemur burung kenari dalam keadaan panas, sebaiknya burung kenari di jemur ketika pagi hari ketika terik matahari tidak terlalu panas.

Perawatan Kenari Lomba

Untuk perawatan kenari lomba, ketika 3 hari menjelanga ajang perlombaan sebaiknya diberi makan dengan nutrisi dan kandungan gizi yang lebih baik.

Seperti memberi makan burung kenari dengan apel kroto telur puyuh atau makan makanan lain yang memiliki gizi tinggi.

Ketika telah memasuki hari kedua sebelum melakukan perlombaan, sebaiknya burung kenari yang akan diikutsertakan dalam lomba dijemur dalam jangka waktu yang tidak lama.

Penjemuran bisa dilakukan dalam waktu 30 menit di bawah terik matahari yang tidak terlalu panas dan mengandung vitamin D.

Satu jam sebelum perlombaan, alangkah lebih baiknya burung kenari diberi makan berupa kroto atau telur puyuh agar semakin gacor dan ngerol.

Ketika telah memasuki ajang perlombaan, berilah sedikit semprotan kepada burung kenari.

Apabila burung kenari telah memperlihatkan tanda-tanda birahi, maka sebaiknya disemprot hingga basah kuyup.

1. Melatih Mental Kenari

Burung kenari yang menjadi idaman bagi para kicau mania, tentu saja burung kenari yang memiliki kualitas kicauan yang berdurasi panjang, ngerol, serta memiliki kondisi fisik yang Fit.

Terlepas dari jenis burung kenari lokal atau impor, jika memiliki mental yang bagus, maka burung kenari tersebut akan mampu berjuang sekuat tenaga untuk berkicau dan menanggapi suara kicauan dari musuh-musuhnya.

Mental, bagi burung kenari juaram merupakan modal utama yang harus dimiliki sebelum memasuki ajang perlombaan.

Karena jika hanya mengandalkan kicauan, biasanya kenari akan maacet bersuara ketika dipertemukan dengan lawan-lawan yang berkualitas lebih bagus di ajang perlombaan.

Melatih mental burung kenari untuk ajang perlombaan memang sangatlah penting, agar burung kenari tidak mudah ngedrop ketika mengikuti sebuah ajang perlombaan.

Atau kurang percaya diri saat mendengar kicauan burung lain yang terdengar lebih kencang dan memiliki durasi yang sangat panjang.

Untuk melatih mental Burung kenari kita bisa melakukan beberapa latihan agar burung kenari terbiasa menghadapi situasi dan kondisi lingkungan yang baru.

Dengan burung kenari memiliki mental yang terbiasa menghadapi lingkungan baru, ataupun dengan burung yang memiliki kualitas lebih baik, maka kenari kita mampu bersaing, bahkan menirukan kicauan burung yang kualitasnya lebih tinggi.

Jika burung kenari masih berupa anakan, cara untuk melatih mental yang tepat adalah dengan cara menempelkan nya pada burung kenari yang telah memiliki kualitas bagus dan telah memiliki mental yang mapan.

Karena, burung yang masih anakan kemampuan yang bagus untuk menirukan kicauan kenari lainnya.

Selain itu, ajaklah burung kenari yang masih berupa anakan untuk jalan-jalan di arena perlombaan, meskipun tidak mengikuti ajang kontes.

Hal ini ditujukan, untuk membiasakan burung kenari dengan kondisi lingkungan perlombaan.

Kita juga bisa menggantung burung kenari di lokasi yang berbeda-beda setiap harinya, dengan cara tersebut siapkan burung kenari dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru secara cepat.

Kita juga harus menjaga stamina burung kenari agar selalu fit, karena tidak menutup kemungkinan meskipun burung kenari memiliki mental yang kuat namun pada dasarnya tetap bisa terserang penyakit.

maka, kesehatan burung kenari harus tetap dijaga.

2. Perawatan Kenari Lomba Agar Bersuara Panjang

Pernafasan bagi burung kenari sangatlah penting, karena burung kenari yang memiliki pernafasan panjang juga akan menunjang durasi kicauan yang panjang pula.

Cara yang sering dilakukan oleh para kicau mania untuk melatih pernapasan burung kenari yaitu dengan cara menempatkan burung kenari kandang umbaran saat proses penjemuran.

Cara ini dirasa efektif untuk membuat aktif dan banyak bergerak, sehingga secara otomatis pernafasan burung kenari akan terlatih dengan sendirinya.

Kita bisa melakukan pelatihan dengan metode kandang umbaran selama kurang lebih 1 jam, kemudian dimasukkan kembali ke dalam sangkar harian seperti biasanya.

Proses pembayaran selesai, kita bisa memberikan Birdsout yang akan dicampur kan dengan minumannya.

Latihan ini dipercaya mampu melatih kenari agar memiliki variasi kicauan dan durasi yang lebih panjang daripada biasanya.

kita dapat memberikan kita juga dapat memberikan kerodong kepada burung kenari agar tidak mengeluarkan kicauannya sepanjang hari menguras staminanya secara sia-sia.

Kita bisa memberikan kerudung pada sangkar burung kenari ketika hari menjelang sore sampai pagi hari, atau ketika burung sedang istirahat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *