Tips 7 Cara Mengatasi Penyakit Bubul Pada Burung Kenari
Kenari

Cara Mengatasi Penyakit Bubul Pada Burung Kenari

Cara mengatasi penyakit bubul pada burung kenariBurung kenari merupakan salah satu dari jenis burung finch yang memiliki keunggulan dari kualitas kicauannya.

Maka dari itu, bukan suatu yang mengherankan jika burung kenari sangat digemari oleh para pecinta burung kicauan.

Selain kualitas suara, burung kenari juga digemari karena keindahan warna yang dimilikinya, setiap jenis burung kenari memiliki ciri khas dan weran yang berbeda-beda.

Karena keunggulan yang dimiliki oleh burung jenis ini lah, permintaan akan burung kenari di pasaran selalu meningkat.

Dalam hal perwatan burung mungil yang satu ini, tidak jarang kita mendapatkan kendala, baik suara burung kenari yang mogok bernyanyi, ataupun penakit yang menyerang burung kesayangan kita ini.

Salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan oleh para kenari mania adalah pembengkakan yang terjadi pada kaki burung kenari.

Banyak kalangan kenari mania yang beranggapan jika penyebab bengkak pada kaki burung kenari diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

Padahal, jika kita menelusuri lebih jauh, akibat bengkak pada kaki burung tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat mengakibatkan bengkak pada kaki burung kenari.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab kebengkakan tersebut adalah kondisi tenggeran yang memiliki bentuk dan bahan yang tidak cocok dengan kaki burung kenari.

Faktor infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau jamur juga bisa menjadi penyebab terjadinya pembengkakan ada kaki burung kenari.

Bahkan, kebersihan dan kondisi kandang pun dapat menjadi faktor kebengkakan pada kaki burung kenari.

Pada awalnya, bubulan atau pembengkakan pada kaki burung kenari disebut dengan istilah Bumble foot, yaitu suatu benjolan pada kaki yang berbentuk seperti jerawat.

Bubul pada kaki burung kenari biasanya berwarna merah muda dan bertempat pada telapak kaki atau diantar celah-celah jari kuku burung kenari.

Apabila hal tersebut tidak segera ditangani, maka benjolan kecil tersebut akan semakin membesar dan berubah warna menjadi kebiruan.

Pembengkakan tersebut bisa berdampak pada kerusakan kaki burung kenari secara permanen, apa bila tidak segera ditangani dengan tepat.

Penyakit Bubul Pada Burung Kenari

Penyakit bubul pada burung kenari merupakan jenis penyakit yang kerap menyerang hampir semua jenis burung.

Penyebab utama dari penyakit bubul pada burung kenari adalah bakteri Staphylo coccus, yaitu bakteri yang biasa menyerang permukaan kulit , khususnya pada bagian kaki.

Kebersihan kandang, merupakan faktor yang menyebabkan bakteri ini dapat menyerang burung kenari, khususnya kebersihan pada tangkringan yang bersentuhan langsung dengan kaki burung kenari.

Adapun tanda-tanda dari penyakit bubul pada burung kenari yang dapat kita kenali adalah terdapat bentolan kecil seperti kutil atau caplak yang mengeras.

Apabila penyakit ini tidak segera ditangani, maka lama-kelamaan infeksi dari penyakit tersebut akan semakin menyebar dan melebar.

Salah satu cara pencegahan agar penyakit bubul tidak menyerang burung kenari kesayangan kita adalah dengan cara menjaga kebersihan sangkan, khususnya tempat bertengger burung kenari.

Bubul Basah

Salah satu jenis penyakit bubul yaitu bubul basah, sebenarnya penyakit bubul basah juga disebabkan oleh bakteri yang sama dengan penyakit bubul lainnya, yaitu bakteri Staphylo coccus.

Akan tetapi, bubul jenis basah ini menyerang pada bagian ruas jari dan telapak kaki yang membangkak dan terlihat benjolan berwarna kekuningan.

Bubul basah juga sering menyerang pangkal kuku burung kenari.

Jika kita melihat penyakit ini mulai menyerang burung kenari kita, maka stop terlebih dahulu pemberian telur rebus.

Karena penyakit bubul basah akan semakin parah jika asupan protein pada burung kenari diberikan secara berlebihan.

Cara Mengobati Penyakit Bubul Pada Burung Kenari

Memiliki burung kicauan yang sehat serta terhindar dari segala penyakit adalah dampaan setiap kicau mania.

Bagi para kenari mania, tidak perlu khawatir apabia burung kenari kita terserang penyakit bubul ini.

Ada beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit bubul agar tidak semakin parah dan sembuh seperti semula.

Adapun langkah-langkah untuk mengobati penyakit jamur (bubul) pada kaki burung kenari adalah sebagai berikut:

  1. Peganglah tubuh burung kenari secara perlahan agar burung kenari merasa nyaman dan tidak brontak.
  2. Cucilah kaki burung kenari yang terserang penyakit bubul dengan air hangat, lakukan secara berulang-ulang sampai bubul terasa lunak.
  3. Keringkan kaki burung kenari dengan cara diangin-anginkan atau dilap menggunakan kain bersih.
  4. Setelah kaki burung kenari bersih, olesi dengan obat luar dari salep anti jamur, seperti: salep 88, canestin, betason N, daktarin atau salep anti jamur lainnya.
  5. Ketika kaki burung kenari kita kasih salep, biarkan untuk waktu 2 hari agar salep tersebut meresap dan dapat membersihkan jamur yang menempel. Jangan cuci atau mandikan burung kenari.
  6. Setelah dua hari berlangsung denga salep, cucilah kembali kaki burung kenari dengan air hangat, dan olesi lagi dengan salet anti jamur. Lakukan langkah tersebut secara berulang-ulang selama
  7. Jika kulit kaki burung kenari terlihat mengering dan mengelupas, itu berarti kaki burung kenari sudah mulai sembuh, dan sangat dimungkinkan dapat bersih seperti semula.

Dalam masa penyembuhan kita dapat memberikan pakan kepada burung kenari berupa sayuran segar yang mengandung vitamin A.

Usahakan untuk tidak memberikan pakan berupa telur puyuh rebus kepada burung kenari yang terserang jamur.

Karena dengan mengkonsumsi telur rebus yang berlebihan akan membuat kadar asam urat pada tubuh burung kenari semakin meningkat.

Pemberian telur rebus yang berlebihan inilah yang menjadi awal penyebab penyakit bubul atau Bumble foot menyerang kaki burung kenari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *