Inilah 7 Pakan Terbaik Untuk Burung Kenari
Kenari

Pakan Terbaik Untuk Burung Kenari

Pakan terbaik untuk burung kenari – Memiliki burung kenari yang dapat berkicau dengan gacor merupakan harapan setiap pecinta burung kicau.

Untuk mendapatkan burung dengan kualitas seperti yang diharapkan, tentu membutuhkan perawatan khusus.

Perawatan yang diberikan agar kenari seperti yang diharapkan diperlukan pakan terbaik untuk burung kenari juga.

Adapun beberapa pakan burung yang berkualitas untuk jenis burung kenari akan kita bahas secara lengkap disini.

Burung kenari merupakan burung yang berasal dari jenis Finch, yang mempunyai karakter kicauan nyaring.

Namun, untuk menghasilkan burung yang berkualitas tidak dapat ditunjang dari potensi genetik saja, tetapi diperlukan asupan nutrisi yang seimbang juga.

Nutrisi yang diperlukan sebagai pakan terbaik untuk burung kenari meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Masing-masing jenis nutrisi tersebut memiliki manfaat yang penting untuk perkembangan burung kenari.

7 Pakan Terbaik Untuk Burung Kenari

Berikut jenis pakan terbaik untuk burung kenari dan diyakini mampu membuat kicauan burung kenari semakin ngerol dan gacor.

1. Kroto

Kroto adalah telur semut jenis rangrang yang belum ditetaskan, pada umumnya kroto dapat dipanen ketika berumur 15 sampai 20 hari.

Maka dari itu, kroto merupakan pakan bagi burung menari yang mengandung protein tinggi dan sangat bermanfaat bagi burung kenari.

Selain sebagai pakan terbaik untuk burung kenari, kroto memiliki manfaat yang dapat diambil dari pakan jenis kroto yaitu untuk meningkatkan stamina serta dapat memperbaiki kualitas suara burung kenari.

2. Bijian Mix

Biji-bijian memang menjadi pakan yang paling digemari oleh burung kenari, salah satunya adalah bijian mix.

Bijian mix memang merupakan pakan yang memiliki kandungan kompleks, karena terdiri dari campuran canary seed, milet merah, egg food, dan milet putih.

Untuk mengenali ciri dari pakan bijian yang berkualitas antara lain memiliki warna keabu-abuan, tenggelam ketika direndam serta kulitnya yang mudah terkelupas.

Bijian mix memang dapat bermanfaat untuk menjaga vitalitas, selain itu bijian mix juga mudah dicerna oleh burung kenari.

Beberapa manfaat yang bisa diambil dari bijian mix yaitu dapat meningkatkan volume suara serta memperbaiki pencernaan burung kenari.

Bijian mix juga mudah untuk ditemukan, bisa juga dibeli ditoko pakan burung terdekat atau bisa juga ditemukan langsung di agennya.

3. Buah Apel

Selain biji-bijian, burung kenari juga menggemari pakan berupa buah-buahan, salah satunya adalah buah apel.

Buah apel mengandung senyawa tanin didalamnya dan sangat berguna untuk menyehatkan tenggorokan burung kenari.

Dengan kondisi tenggorokan yang sehat, akan membuat burung kenari bersuara lebih bening dan nyaring.

Selain itu, buah apel juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh burung kenari dari serangan penyakit.

Buah apel yang baik dikonsumsi oleh burung kenari adalah burung apel merah dan memiliki rasa manis.

Rasa manis yang terdapat pada buah apel akan memicu burung kenari untuk rajin berkicau serta gacor.

4. Telur Puyuh Rebus

Telur puyuh yang direbus mengandung asupan kalori sebesar 168 kkal yang dibutuhkan oleh tubuh burung kenari.

Jumlah tersebut lebih dari cukup untuk melakukan aktivitas yang menguras tenaga seperti kontes dan latihan kicau.

Kandungan protein yang terdapat pada telur puyuh juga bermanfaat sebagai sumber energi alternatif, dan juga bisa memperbaiki kerusakan sel dan jaringan burung kenari.

5. Ulat Hongkong

Ulat hongkong menjadi sorotan para Kicaumania akhir-akhir ini, dikarenakan penelitian yang mengatakan bahwa protein yang terkandung pada ulat sekitar 48% dari keseluruhan nutrisi.

Namun perlu diketahui, bahwa pemberian pakan berupa ulat Hongkong tidak boleh berlebihan.

Karena hal tersebut dapat berpotensi menjadikan burung serta over birahi.

Apabila hal itu terjadi melemahkan kondisi tubuh burung kenari dan membuatnya malas berkicau.

Cara menyajikan ulat Hongkong juga berbeda dengan cara penyajian kroto.

Ulat Hongkong yang menjadi pakan terbaik untuk burung kenari haruslah ulat Hongkong yang sudah mati agar zat kimia yang terkandung dalam ulat Hongkong larut.

Adapun cara mematikan ulat Hongkong yang tepat yaitu dengan mencelupkannya ke dalam air hangat.

6. Daun Mengkudu Muda

Buah mengkudu memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, apalagi setelah penelitian dari para dokter mengatakan bahwa buah mengkudu dapat mencegah kanker.

Namun kali ini yang akan kita bahas bukanlah buah mengkudu, melainkan daun yang masih muda atau masih dalam keadaan kuncup dan masih memiliki tekstur yang tidak keras.

Daun mengkudu ang masih muda mengandung senyawa yang bisa menyembuhkan serak tenggorokan burung kenari. Alhasil suara burung kenari bisa menjadi lebih jernih dan lantang.

Cara penyajian daun mengkudu muda berbeda dengan cara penyajian makanan berupa sayur dan buah-buahan, yaitu dengan cara dicuci bersih, kemudian diletakkan dalam kandang burung kenari.

Namun perlu diketahui, bahwasanya pemberian pakan berupa daun mengkudu tidak dilakukan secara rutin, melainkan diberikan kepada burung kenari ketika sedang membutuhkan atau suaranya sedang serak.

7. Biji Niger (Niger Seed)

Biji niger, adalah jenis biji-bijian yang memiliki nama Latin senirus canaria, merupakan pakan terbaik untuk burung kenari yang berupa biji-bijian berwarna hitam dan mudah rapuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada biji niger merupakan kandungan kalsium sekitar 18 persen yang sangat bermanfaat bagi pembentukan tulang burung kenari serta menjaga agar tidak rapuh.

Selain itu mengandung protein serta 30% mengandung lemak, sudah sewajarnya jika biji niger menjadi pakan yang sangat digemari oleh burung kenari.

Dengan kandungan nutrisi yang terdapat dalam biji Niger, burung kenari menjadi lebih serta dapat berbunyi dengan lantang dan mempercepat masa mabung nya.

Selain manfaat tersebut, membuat burung kenari menjadi menjadi tahan terhadap cuaca yang dingin.

Beberapa pakan yang telah kami uraikan merupakan sekelumit dari beberpa jenis pakan terbaik untuk burung kenari, yang bermanfaat untuk menjaga kualitas kicauan serta stamina burung kenari agar tetap kuat ketika mengikuti perlombaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *