Pakan Berprotein Tinggi Untuk Murai Batu
Murai

Pakan Berprotein Tinggi Untuk Murai Batu

Pakan Berprotein Tinggi Untuk Murai Batu – Murai batu merupakan burung yang memiliki banyak peminat di kalangan para pecinta satwa.

Selain karena burung murai batu memiliki suara yang merdu, postur tubuh dari burung murai batu juga menjadi daya tarik bagi peminatnya.

Warnanya yang hitam mengkilat juga menjadi daya pikat tersendiri bagi para kicau mania untuk memelihranya.

Sehingga, tidak mengherankan jika burung ini tidak hanya menghiasi teras-teras rumah saja, tetapi juga dapat ditemukan di berbagai ajang perlombaan burung kicau.

Jika anda adalah salah satu orang yang berminat untuk memelihara burung murai batu, alangkah lebih baiknya anda mengetahui makanan apa saja yang cocok untuknya.

Pemilihan pakan untuk burung murai batu tidak boleh sembarangan, karena pakan adalah salah satu faktor yang paling penting untuk menunjang kesehatan serta mempengaruhi tingkat kesetresan pada burung murai batu.

5 Pakan Berprotein Tinggi Untuk Murai Batu

Secara garis besar, pakan berprotein tinggi untuk murai batu dibagi menjadi dua jenis, yaitu pakan alami dan pakan buatan.

1. Kroto

Pakan berprotein tinggi untuk murai batu ialah kroto. Kroto merupakan salah satu pakan alami yang paling sering diberikan kepada burung murai batu, kroto adalah istilah yang digunakan untuk menyebut anakan atau telur dari semut rangrang.

Penelitian menyebutkan, bahwa kroto adalah makanan yang memiliki protein tinggi, yang baik untuk jenis unggas atau burung.

Sehingga sudah sewajarnya, jika kroto menjadi pakan yang sering dikonsumsi oleh burung kicau, terutama burung murai batu.

Namun, sebagai catatan dan untuk diingat, bahwa pemberian porsi pakan berupa kroto harus dalam ukuran yang tepat.

Karena pemberian kroto secara berlebihan diyakini dapat berdampak over birahi atau bahkan mabung sebelum waktunya.

2. Serangga Kecil

Serangga kecil juga memiliki kandungan protein yang tidak jauh berbeda dengan kroto.

Kandungan protein inilah yang sangat dibutuhkan oleh jenis burung kicauan, khususnya burung murai batu.

lalu, serangga kecil jenis apa yang cocok untuk burung murai batu?

Serangga kecil yang bisa dijadikan pakan burung murai batu adalah serangga-serangga yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi seperti jangkrik, belalang hijau atau bisa juga orong-orong.

Namun, sebelum menyajikan serangga-serangga kecil tersebut, alangkah lebih baiknya jika bagian-bagian yang keras atau susah dicerna dibuang terlebih dahulu.

Sebaiknya kita membuang bagian kepala, sayap, kaki atau Sotang (kaki bagian belakang) terlebih dahulu, karena bagian tersebut akan susah dicerna oleh burung murai batu.

Lebih parahnya lagi, bagian tersebut bisa melukai tenggorokan burung murai batu dan menjadikan burung murai batu tidak mau berkicau lagi.

3. Ulat

Selain jenis pakan alami di atas, ulat juga bisa diberikan kepada burung murai batu.

Kandungan protein yang terdapat pada ulat, tidak kalah dengan kandungan protein yang terdapat pada serangga serangga lainnya.

tidak semua jenis ulat bisa dijadikan pakan burung murai batu, hanya ulat-ulat tertentu yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

Seperti ulat Hongkong, ulat bambu, ulat kayu, ulat daun pisang, ulat kandang dan ulat kayu.

Sedangkan ulat yang tidak bisa dikonsumsi oleh burung murai batu,seperti jenis ulat bulu.

Perlu diketahui juga, bahwa ketika kita memberikan ulat Hongkong sebagai pakan haruslah dengan porsi secukupnya.

Karena pemberian pakan ulat Hongkong secara berlebihan akan berdampak pembengkakan pada mata burung, bahkan parahnya lagi bisa menjadikan mata katarak.

4. Cacing Tanah

Pakan alami yang cocok untuk diberikan kepada burung murai batu adalah cacing tanah.

Namun sebelum disajikan untuk burung murai batu, alangkah lebih baiknya jika kita perhatikan  kebersihan dari cacing tanah tersebut.

Kita juga perlu menjaga kesterilan pakan agar burung murai batu terhindar dari bakteri serta keracunan.

Cara membersihkan cacing tanah yang benar adalah dengan cara merendam cacing tanah tersebut dalam air bersih selama beberapa menit.

Selain kebersihan cacing tanah yang harus kita perhatikan, kita juga harus memperhatikan kesegaran cacing tanah tersebut.

Pastikan cacing tanah yang akan kita berikan kepada burung murai batu adalah cacing segar yang baru diambil dari tanah.

Karena cacing yang tidak segar atau yang sudah membusuk akan mengganggu sistem pencernaan pada burung murai batu.

5. Ikan Gupy

Kita memang jarang mendengar ikan gupy dijadikan sebagai pakan burung, namun anda tidak salah baca, karena ikan gupy memang baik dan mengandung banyak protein untuk kebutuhan burung murai.

Bahkan, ikan gupy dipercaya dapat menekan tingkat stres pada burung murai batu.

Tekstur dari ikan gupy yang lembut dan kecil adalah pakan favorit dan disukai oleh burung burung kicau, termasuk burung murai batu.

Keterangan tentang pakan alami dari burung murai batu yang bisa kita praktekkan dan bisa kita berikan kepada burung murai batu kesayangan kita di rumah.

Selain pakan alami, alangkah baiknya jika kita juga memberikan pakan berprotein tinggi untuk murai batu dengan pakan buatan yang mengandung suplemen atau vitamin.

Semoga informasi yang kita bagikan bermanfaat bagi anda, dan menjadikan burung murai batu kesayangan anda berkicau gacor sampai Pool.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *