Pakan Alami Burung Kenari Merah Agar Bulu Cerah
Kenari

Pakan Alami Burung Kenari Merah Agar Bulu Cerah

Pakan Alami Burung Kenari Merah – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan yang digemari serta banyak dicari oleh kicau mania karena memiliki keindahan pada bulunya.

Salah satu jenis dari burung kenari warna menarik dan unik yang cocok untuk dipelihara yaitu burung kenari jenis merah.

Kenari red Factor, atau yang sering dikenal dengan burung kenari merah merupakan salah satu varian burung kenari yang memiliki pigmen bulu berwarna kemerahan.

Sebenarnya, variasi dari burung kenari merah ini juga beragam, semua itu tergantung pada intensitas warna merah yang menghiasi bulu burung kenari tersebut.

Seperti burung kenari red intensif atau merah pekat, ada juga jenis burung kenari Rose atau red pastel.

Selain itu ada juga burung kenari red mozaik yang memiliki warna putih merah, dan masih banyak lagi jenis variasi dari burung kenari merah.

Tingkat kepekatan serta keindahan warna merah pada bulu burung kena sebenarnya terletak pada proses perawatannya.

Sebagai seorang memelihara burung kenari, kita harus tahu dan memperhatikan berbagai macam hal dalam pola perawatannya.

Kita juga harus memperhatikan kandungan gizi yang terdapat pada pakan burung tersebut.

Untuk merawat keindahan burung kenari merah, sebaiknya kita memberikan pakan yang mengandung betakaroten yang bermanfaat untuk menjaga keindahan bulu burung kenari.

Apabila kita tidak memberikan perawatan yang tepat, apalagi dari segi pemberian pakan asal-asalan.

Bisa jadi warna merah pada burung kenari akan semakin memudar.

Terlebih lagi, ketika burung tersebut melewati masa mabung nya atau masa dimana seekor unggas mengganti bulu lamanya dengan bulu baru.

Maka dari itu, pemberian pakan alami burung kenari merah sangatlah penting untuk diberikan selain makanan pokok mereka yang berupa biji-bijian.

Pemberian extra fooding atau makanan tambahan baik berupa buah-buahan yang banyak mengandung betakaroten sangat berpengaruh untuk menjaga keindahan bulu burung kenari merah.

Selain itu, kita juga bisa memberikan pakan yang telah dicampur dengan pewarna alami.

Namun perlu diketahui serta dihindari, mencampur pakan buatan dengan pewarna kimia, karena hal tersebut dapat membahayakan kesehatan burung kenari.

Pemberian Pakan Kenari Merah

Sudah menjadi ketentuan pokok untuk merawat burung kenari merah, dengan memberikan pakan yang mengandung pigmen alami warna merah pada burung kenari tersebut.

Karena, jika tidak didukung dengan asupan pakan yang mengandung nutrisi, serta mengandung pigmen, warna merah yang terdapat pada bulu burung kenari merah akan memudar bahkan bisa berubah menjadi warna kuning atau orangnya yang menjadi warna alami bagi burung kenari.

Terlebih lagi, ketika burung kenari mengalami masa mabung atau pergantian bulu lama dengan bulu barunya.

Karena pada waktu itu merupakan masa yang perawan bagi burung kenari untuk menerima asupan pakan yang tepat.

Tetapi jika burung kenari dengan intensitas warna variasi atau strain, kenari red intensif, rose, ataupun red mozaik merupakan burung kenari yang warnanya sangat dipengaruhi oleh genetik.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa warna merah pada burung kenari dapat dipengaruhi dari dua faktor, yaitu yang pertama faktor pemberian pakan yang tepat dan faktor keturunan.

Jadi, ketika kita merawat burung kenari merah, dan proses pemeliharaan tidak diberikan pakan yang tepat dengan kandungan beta karoten serta pigmen alami, warna merah yang terdapat pada bulu burung kenari bisa saja memudar. Inilah pentingnya memberikan pakan alami burung kenari merah.

Pada kasus burung kenari red intensif, warnanya dapat berubah menjadi warna asli burung kenari yaitu orange setelah menyelesaikan masa mabung nya atau setelah masa reproduksi berakhir.

Pakan Alami Burung Kenari Merah

Untuk menjaga keindahan warna pada bulu burung kenari merah, kita dapat menggunakan pakan buatan yang dicampur dengan pewarna alami agar warna tersebut dapat diurai dan dialirkan ke pada pigmen bulu.

Akan tetapi, kita juga dapat menggunakan pakan alami burung kenari merah berupa buah-buahan sayur-sayuran, sehingga dapat menjaga kualitas warna pada bulu tanpa ada resiko sedikitpun.

1. Cabai Merah Dan Paprika

Cabai merah ataupun paprika dapat disajikan dengan memberikannya secara utuh kepada burung kenari ataupun disajikan dalam bentuk kering.

2. Ubi Jalar

Berbeda dengan penyajian pakan diatas, cara penyajian pakan alami burung kenari merah berupa ubi jalar sebaiknya direbus direbus terlebih dahulu.

Tekstur dari ubi jalar tersebut menjadi lembut dan mudah untuk dicerna burung kenari.

3. Labu

Pemberian pakan buah labu biasanya diberikan kepada burung kenari ketika mengalami masa mabung nya.

Tujuan pemberian pakan alami burung kenari merah berupa labu adalah untuk menjaga kualitas warna merah pada burung kenari agar tidak berubah dan tetap pada kualitas semula ketika bulu-bulu mulai pertumbuhan.

4. Melon Dan Tomat

Kandungan betakaroten yang terdapat pada melon dan tomat juga baik untuk diberikan kepada burung kenari merah menjaga kualitas bulunya agar tetap indah.

5. Wortel

Penyajian wortel untuk pakan alami burung kenari merah sangatlah sederhana, hanya dengan menggantungkan wortel yang masih dalam kondisi utuh di dalam sangkar burung kenari tersebut.

Bisa juga disajikan dengan cara dihaluskan atau diparut kemudian parutan tersebut dapat disimpan dalam wadah yang terpisah dengan pakan pokoknya.

Pengunjung juga mencari:

  • burung kenari berubah warna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *