Ciri-Ciri Murai Batu Lampung Super Yang Bagus
Murai

Ciri-Ciri Murai Batu Lampung Super Yang Bagus

Ciri-Ciri Murai Batu Lampung – Salah satu burung kicauan yang popular saat ini adalah burung murai batu, burung jenis ini sangat diminati karena kicauannya yang indah serta mudah untuk dimasterkan.

Variasi kicaan yang dihasilkan sangatlah beragam, namun burung murai batu memiliki kekurangan dalam hal power.

Burung murai batu memiliki suara kicauan yang relative lebih rendah jika dibandingkan dengan kicauan burung jenis murai lainnya.

Namun tanpa memperhatikan kekurangannya, burung murai batu sangat digemari oleh para kicau mania.

Burung murai jenis lampung, memiliki karakter yang hampir sama dengan burung jenis murai batu lainnya.

Letak perbedaan antara burung murai batu lampung dengan burung murai jenis lainnya hanya terdapat pada ekornya yang memiliki ukuran lebih pendek.

Secara jenis, memang ada burung murai batu yang memiliki ekor berukuran panjang, burung murai batu lampung berekor panjang biasanya disebut dengan murai batu lampung super.

Namun berbeda degan ekor burung murai batu medan yang terdapat lengkungan pada ujung ekornya.

Burung murai batu lampung ini memiliki ekor yang lurus dari pangkal sampai ujung dan tidak terdapat bulu melengkung pada ujung ekornya.

Ciri-Ciri Murai Batu Lampung

1. Berekor Pendek

Salah satu ciri-ciri dari burung murai lampung adalah ekornya yang pendek, namun ukuran ekor yang pendek dari burung ini justru menjadi nilai lebih.

Karena dengan ukuran ekor yang pendek justru membuatnya lebih atraktif ketikpa berkicau dan bertarung pada ajang perlombaan.

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan kicau mania terkait keuntungan serta kekurangan ekor pendek yang dimiliki oleh burung murai batu lampung.

Pendapat pertama adalah kalangan kicau mania yang menganggap ekor pendek adalah suatu keuntungan.

Alasan ini cukup beralasan, karena dengan ekor yang pendek, burung murai ini dapat mengurangi beban pada saat memainkan ekornya, sehingga staminanya tidak cepat terkuras.

Pendapat kedua adalah kalangan kicau mania yang menganggap ekor pendek burung murai lampung sebagai kekurangan.

Alasan dari pendapat kedua ini lebih menekankan nilai estetika atau nilai keindahan, yang menganggap ekor pendek tidak indah dipandang.

2. Bertubuh Besar

Dari segi ukuran tubuh, burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis burung murai batu lainnya.

Perbedaan fisik yang bisa dibedakan dengan mudah dari burung ini hanyalah bentuk ekornya yang pendek serta tidak memiliki lengkungan pada ujungnya.

Sedangkan ciri fisik lain sangat susah dan cukup sulit untuk dibedakan dengan jenis lainnya.

3. Mirip Murai Batu Borneo

Jika dilihat dari gaya bertarungya, burung murai batu lampung memiliki gaya bertarung yang sama dengan burung murai batu borneo.

4. Menaikkan Kepala Saat Bertarung

Ketika berkicau atau bertarung dia akan menaikkan kepalanya seperti sedang mencangkul dan tidak mengembangkan bulu dadanya.

Kelebihan Murai Batu Lampung

Kelebihan dari burung murai batu lampung adalah stamina yang dia miliki tidak cepat terkuras ketika sedang dalam aang pertarungan.

Selain itu, burung murai batu lampung juga memiliki suara yang bagus. Apabila kita rutin dalam meltih srta memberi maseran, maka fariasi yang dihasilkan tidak akan kalah bersaing dengan jenis lainnya.

Kekurangan Murai Batu Lampung

Selain power vocal dari burung murai jenis ini yang lemah dan juga monotone, masih ada hal lain yang membuat burung mrai jenis ini tidak terlalu disukai oleh para murai mania.

Burung murai batu lampung dipercaya memiliki mental yang lemah atau tidak memiliki mental fighter.

Jika burung jenis ini bertemu dengan lawan yang lebih dominan, maka mental burung murai batu lampung akan down atau jatuh.

Sehingga untuk bisa ikut serta dalam perlombaan, kita harus benar-benar melatih mental burung ini agar lebih matang.

Kita bisa membiasakan burung murai bati lampung dengan suasana perlombaan atau sekedar latber.

Harga Murai Batu Lampung

Dari segi harga, burung murai batu cukup cocok untuk sebagian kalangan pecinta burung kicau yang memiliki modal pas-pasan.

Karena burung murai batu lampung memiliki harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan burung murai jenis lainnya.

Di pasaran, burung ini biasanya dibandrol dengan kisaran harga sekitar Rp. 1 juta sampai Rp. 1,5 juta per ekornya.

Sedangkan untuk burung yang bersertifikat atau pernah menjuarai perlombaan, tentu akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Harga dari burung murai jenis ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya, sepert stok yang terbatas sedangkan permintaan sedang tinggi-tingginya.

Lokasi penjual burung juga berpengaruh pada harga burung murai ini, masing-masing lokasi tentu memiliki standar harganya sendiri.

Mengetahui ciri burung murai batu lampung sebenarnya bukanlah suatu hal yang susah, cara perawatannya pun bisa dikatakan tergolong mudah.

Bagi anda yang berminat untuk memelihara burung murai, mungkin burung murai batu jenis ini sangat cocok dan bersahabat dengan kantong kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *