Mengetahui Cara Mencetak Kenari Yorkshire Lokal Paling Mudah
Kenari

Mengetahui Cara Mencetak Kenari Yorkshire Lokal Paling Mudah

Cara Mencetak Kenari Yorkshire Lokal Paling Mudah Burung kenari  Yorkshire merupakan salah satu variasi jenis dari burung kenari yang juga memiliki tampilan yang cantik serta menawan.

Burung kenari Yorkshire berasal dari Negara inggris, tepatnya daerah Yorkshire yang kemudian menjadi nama bagi burung kenari jenis ini.

Burung kenari Yorkshire merupakan hasil perkawinan dari burung kenari Lanchashire asal Belgia dengan jenis burung kenari Norwich asal Norwegia.

Dimana kedua jenis burung tersebut terus dikembangbiakkan untuk mendapatkan hasil persilangan yang dianggap sempurna.

Burung kenari Yorkshire memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran, meskipun demikian sama sekali tidak mempengaruhi minat dan kepopulerannya di kalangan kenari mania dari berbagai Negara.

Burung kenari Yorkshire hanyalah salah satu dari banyaknya jenis burung kenari yang memiliki ukuran besar atau bongsor.

Di masa ini, burung kenari yang memiliki bongsor masih menjadi primadona dan menjadi trend di kalangan kicau mania.

Permintaan pasar akan anakan burung kenari Yorkshire yang selalu menigkat menjadi bukti terus meningkatnya kepopuleran burung kenari Yorkshire di kancah dunia perkicauan.

Hal tersebut, membuat para pembudidaya lebih memilih burung kenari Yorkshire untuk ditangkarkan dibandingkan membudidaya kenari jenis lain yang memiliki ukuran lebih kecil.

Kenari Yorkshire Lokal

Dalam dunia perkicauan kita juga sering mendengar istilah burung kenari Yorkshire lokal, sebernarnya istilah burung kenari Yorkshire lokal adalah sebutan bagi kenari Yorkshire yang menetas di Indonesia.

Lebih jelasnya, ketika kita medapatkan sepasang kenari Yorkshire (YS) impor dari Negara asalnya, kemudian kita kembangbiakkan di Indonesia, dan beranak pinak, maka anakan dari sepasang kenari Yorkshire (YS) tersebut di namai burung kenari Yorkshire lokal dan memiliki 100% darah impor.

Meskipun secara genetik burung YS lokal memiliki sifat bawaan dari indukan impor, namun anakan YS lokal ternyata dapat beradaptasi dengan baik dengan kondisi lingkungan Indonesia.

Burung kenari Yorkshire yang berasal dari Negara dengan empat musim seperti belanda dan inggris sangat berbeda dengan lingkungan di Indonesia yang mana memiliki dua musim.

Namun, anakan burung kenari Yorkshire memiliki daya adaptasi yang begitu baik sehingga bisa dibudidayakan di Indonesia.

Tidak jarang pula, para pembudidaya menyilangkan antara burung kenari Yorkshire impor jantan dengan kenari lokal betina, dan anakkan dari hasil persilangangan tersebut juga disebut dengan YS lokal.

Karena burung kenari jantan jenis ini memiliki sifat yang dominan, sehingga secara genetik tetap memiliki anakan YS lokal.

Namun, meskipun anakan yang dihasilkan dari persilangan tersebut bisa disebut dengan YS lokal, tetapi bisa dipastikan bahwa darahnya sudah tidak murni lagi atau tidak 100% Yorkshire.

Cara Mencetak Kenari Yorkshire Lokal

Cara mencetak kenari Yorkshire lokal sebenarnya bukanlah hal yang susah untuk dilakukan.

Karena kita hanya menggunakan indukan dari pejantan dan betina yang sama-sama dari jenis Yorkshire saja.

Atau, kita juga bisa mengawinkan indukan jantan Yorkshire dengan indukan betina yang berjenis lokal.

Secara singkat, kita bisa mendapatkan anakan burung kenari Yorkshire lokal dengan menggunakan 4 cara sebagai berikut:

  1. Perkawinan antara burung kenari Yorkshire jantan dan burung kenari Yorkshire betina yang keduanya adalah jenis impor.
  2. Persilangan atara burung kenari Yorkshire jantan impor dengan burung kenari betina lokal.
  3. Hasil dari perkawinan F1 YS (Yorkshire) jantan dengan F1 YS betina yang keduanya dari keturunan murni.
  4. Persilangan antara F1 ys jantan dengan burung kenari betina lokal.

Sekedar pengetahuan, bahwa ketika menyilangkan antara indukan burung kenari yang murni berdarah Yorkshire dengan betina murni impor ataupun F1, maka anakannya akan memiliki karakteristik YS.

Tetapi, jika kita menyilangkan burung kenari YS jantan dengan lokal betina, maka hasil dari persilangan tersebut akan mewarisi karakteristik ibunya yaitu kenari lokal.

Namun tak perlu khawatir, karena kita juga masih berpeluang besar untuk mendapatkan anakan yang mewarisi gen YS, karena gen bongsor biasanya lebih mendominasi.

Kelebihan dari burung kenari Yorkshire lokal jika dibandingan dengan burung kenari Yorkshire impor adalah daya tahan dan adaptasinya terhadap lingkungan yang lebih kuat.

Bagaimana? sekarang sudah tahu kan cara mencetak kenari Yorkshire lokal?

Dengan mengetahui cara mencetak kenari Yorkshire lokal paling mudah ini, kita bisa mendapatkan burung kenari yang memiliki genetik dan karakter YS dengan nilai jual tinggi.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Pengunjung juga mencari:

  • kenari ys bon kuning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *