Memelihara Burung Prenjak Dan Perawatannya Agar Gacor
Prenjak

Memelihara Burung Prenjak Dan Perawatannya Agar Gacor

Memelihara Burung Prenjak Dan Perawatannya Agar Gacor – Burung prenjak adalah burung yang memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil dan mungil, burung ini ini sangat sering beterbangan di sekitar rumah kita dengan suara kicauannya yang khas dan sangat nyaring.

Burung prenjak biasanya hidup secara berkoloni, mereka sering berkicau bersahut-sahutan bersama dengan burung prenjak betina.

Oleh karena suaranya yang nyaring tersebut, banyak orang yang berminat untuk memeliharanya sebagai burung kicauan di rumahnya.

Burung prenjak biasanya dipelihara secara berpasang-pasangan, antara burung prenjak jantan dan burung prenjak betina.

dua jenis burung prenjak ini memiliki suara yang berbeda, sehingga ketika mereka bersahut-sahutan akan terjadi dikombinasi yang indah dan sangat nyaring.

Makanan burung prenjak di alam liar adalah serangga berukuran kecil.

Jadi, jika anda ingin memelihara burung prenjak di rumah, anda harus telaten untuk memilih makanan yang cocok bagi mereka.

Perawatan rutin yang dilakukan setiap harinya juga sangat penting untuk diperhatikan.

Karena, jika tidak dirawat dengan telaten, akan mengakibatkan burung prenjak mati, karena burung prenjak tidak makan selain serangga.

Maka dari itu, anda harus bisa menyediakan serangga setiap harinya, serangga yang bisa dijadikan pakan burung prenjak berupa ulat kandang.

Dan secara bertahap, kita bisa melatih burung prenjak yang kita pelihara agar bisa memakan voer.

Dengan demikian, perawatan ekstra yang dilakukan pada burung prenjak akan semakin mudah dan praktis.

Pada dasarnya perawatan burung prenjak sama dengan perawatan burung jenis lainnya.

Tips Memelihara Burung Prenjak Dan Merawatnya

Apabila burung prenjak peliharaan kita berasal dari tangkapan di alam liar, bahasanya burung tersebut akan lebih mudah stres.

Maka dari itu, kita harus menjadikan suasana sangkar atau lingkungan sekitar burung tersebut menjadi nyaman dan tenang bagi burung prenjak tersebut.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar burung prenjak yang liar tersebut tidak kaget dan tidak mudah stres.

Selain memberikan suasana yang seperti di alam liar, kita juga tidak boleh langsung memandikan burung tersebut.

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah mendapatkan burung prenjak adalah menggantang di tempat yang ramai, karena itu juga akan memicu burung prenjak untuk stres.

1. Pemberian Pakan Burung Prenjak

Pakan burung prenjak di alam liar adalah ulat atau serangga-serangga kecil, laba-laba dan juga kroto.

Apabila anda mendapatkan burung prenjak kepala merah yang tidak mau ngevoer, kita bisa mensiasatinya agar secara perlahan dia mau makan voer.

Langkah agar burung prenjak mau ngevoer tidaklah terlalu rumit, yaitu dengan mencampur  voer dengan dengan kroto.

Kemudian lelakukan pengurangan kroto secara bertahap pada setiap harinya hingga kroto benar-benar habis.

Lakukan teknik tersebut secara bertahap hingga burung prenjak benar-benar mau makan voer murni.

Jika burung prenjak sudah mau makan voer, maka itu tandanya kita sudah bisa meninggalkan pakan berupa kroto atau jenis serangga lainnya.

Namun, sebaiknya voer yang kita berikan tetap memenuhi kebutuhan kalsium serta nutrisi untuk burung prenjak.

Jika makanan yang diberikan kepada burung prenjak bernutrisi tinggi serta mengandung vitamin, maka burung prenjak peliharaan kita bisa hidup dengan lama dan serta bersuara gacor.

2. Makanan Tambahan Burung Prenjak

Agar burung prenjak peliharaan kita cepat gacor, penyajian pakan tambahan berupa jangkrik atau ulat Hongkong sangatlah penting.

Makanan tambahan sangat bermanfaat sebagai perangsang, serta penambahan nutrisi yang dapat mempercepat burung prenjak untuk ngalas.

Pemberian makanan tambahan berupa jangkrik, dapat diberikan kepada burung prenjak dengan porsi 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor pada waktu sore hari.

Pemberian jangkrik pada burung prenjak, sebaiknya pisahkan antara kepala, kaki serta sayapnya terlebih dahulu, bagian jangkrik yang bisa dikonsumsi oleh burung prenjak hanya bagian perutnya saja.

Karena, bagian kepala, sayap serta kaki jangkring memiliki tekstur yang susah untuk dicerna dan lebih bahayanya lagi, bagian tersebut bisa melukai tenggorokan burung prenjak.

Jika makanan tersebut berupa ulat Hongkong, maka sangat dianjurkan untuk memberikan ulat Hongkong yang berwarna putih saja, atau ulat Hongkong yang masih muda.

Namun perlu diketahui, bahwa pemberian makanan tambahan berupa ulat Hongkong harus dengan porsi yang pas, karena apabila terlalu banyak akan berakibat over birahi atau mabung.

3. Menjemur Burung Prenjak

Dalam pemeliharaan burung prenjak, kita harus secara rutin menjemur setiap pagi dan sore hari, waktu penjemuran yang pas bagi burung prenjak kurang lebih dalam waktu 1 jam.

Waktu penjemuran yang baik bagi burung prenjak adalah ketika pukul 7 sampai dengan pukul 10.

Kita juga bisa memberikan Jam tambahan untuk waktu penjemuran setiap seminggu sekali kurang lebih 1 jam.

Burung prenjak merupakan burung yang eksotis dan mudah ditemui di dekat pekarangan rumah kita, sifatnya yang aktif serta kicauannya yang keras dan nyaring akan meramaikan suasana di rumah kita.

Maka bagi Anda yang ingin memelihara burung prenjak, alangkah lebih baiknya anda memperhatikan cara memelihara burung prenjak yang telah kami paparkan.

Semoga bermanfaat dan burung prenjak sehat, aktif dan gacor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *