9 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kenari Terbaik
Kenari

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kenari

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung KenariBurung kenari merupakan burung jenis kicauan memiliki suara merdu serta berdurasi panjang.

Selain itu, burung kenari juga memiliki variasi warna yang sangat menarik yang membuat banyak digemari oleh pecinta burung kicauan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh suara burung kenari dengan kualitas yang baik, yaitu dengan memberikan pakan terbaik yang memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Daun mengkudu, merupakan salah satu pakan tambahan untuk burung kenari yang memiliki banyak manfaat serta menjaga kualitas kicauan burung kenari agar tetap merdu.

Inilah Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kenari

Ada banyak manfaat daun mengkudu untuk burung kenari. Kandungan zat yang diyakini memiliki khasiat dalam penyembuhan penyakit burung kenari.

Sebetulnya, manfaat dari daun mengkudu tidak diperuntukkan bagi burung kenari saja.

Di kalangan kicau mania, khasiat daun mengkudu sudah banyak dibuktikan serta diberikan kepada burung cucak jenis lain.

Mereka percaya, dengan memberikan daun mengkudu sebagai pakan tambahan bagi burung kicau yang mereka miliki, dapat memberikan berbagai macam manfaat.

1. Kicau Kenari Semakin Merdu

Manfaat daun mengkudu untuk burung kenari tidak hanya dapat dirasakan oleh manusia saja, tetapi kandungan nutrisi yang ada pada daun mengkudu juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kicauan burung kenari.

Selain itu, manfaat dari daun mengkudu juga dapat memacu kicauan burung kenari bisa semakin merdu dan juga melancarkan kicauan burung ini agar rebih rajin bernyanyi.

2. Mengobati Suara Serak

Salah satu manfaat daun mengkudu untuk burung kenari adalah menghilangkan serak yang sangat mengganggu dan mengurangi kualitas kicauannya.

Selain menyembuhkan suara serak, khasiat dari daun mengkudu juga dapat mengatasi infeksi tenggorokan hari burung kenari sehingga burung kenari tidak lagi malas untuk berbunyi.

Para Kicaumania kerapkali memberikan pakan berupa daun mengkudu ketika hendik mengikuti sebuah ajang perlombaan.

3. Melancarkan Pencernaan Kenari

Manfaat daun mengkudu untuk burung kenari berikutnya adalah melancarkan pencernaan. Pencernaan burung kenari yang terganggu juga akan berdampak pada kualitas kicauan.

Sehingga ketika burung kenari mengalami gangguan pada pencernaan biasanya burung kenari akan lebih pasif bergerak dan malas untuk berkicau.

Jika burung kenari yang kita miliki mengalami permasalahan semacam itu, salah satu hasiat dari daun mengkudu adalah menyembuhkan serta melancarkan pencernaan untuk burung kenari.

Selain itu, juga berkhasiat untuk mengatasi obesitas pada burung kenari tersebut.

4. Mengobati Alergi

Manfaat daun mengkudu untuk burung kenari yang lain adalah dapat mencegah alergi dan sangat bermanfaat untuk mengobati burung yang terkena alergi dikarenakan asupan makanannya yang tidak sehat.

Alergi pada burung kenari bisa dikarenakan penyajian minuman atau bisa juga lewat polusi udara.

5. Meningkatkan Kualitas Suara

Sebagai pecinta dan pemelihara burung kicauan tentu tidak mengharapkan dan menginginkan burung kenari kita dapat berkicau dengan jernih.

Salah satu manfaat dari daun mengkudu yang disajikan dengan cara direbus terlebih dahulu mampu meningkatkan kualitas suara burung kenari agar lebih jernih, lantang dan juga terdengar bening.

6. Menambah Nafsu Makan

Manfaat daun mengkudu untuk burung kenari dipercaya mampu meningkatkan nafsu makannya.

Cara penyajian daun mengkudu yang berhasiat menambah nafsu makan yaitu dengan cara cuci terlebih dahulu daun mengkudu muda tersebut.

Kemudian digantung dalam sangkar seperti waktu menggantung pakan sayuran yang lain.

7. Memulihkan Sel Tubuh Kenari

Daun mengkudu atau daun pace mengandung zat bernama terpenoid.

Sendiri memiliki manfaat untuk membantu pemulihan sel-sel tubuh dan juga dapat membantu proses sintesis organik pada tubuh burung kenari.

Menghilangkan lendir burung kenari biasanya akan mengganggu kualitas kenyaringan suara kicauan dan juga membuat suara kicauan burung kenari terdengar tidak jernih.

Ketika burung kenari peliharaan kita mengalami hal tersebut memberi pakan berupa daun mengkudu adalah solusi yang tepat.

Penyajian daun mengkudu untuk menghilangkan lendir pada burung kenari adalah, dengan cara dicuci terlebih dahulu pucuk daun mengkudu tersebut, kemudian parut dan peras airnya.

Kemudian air perasan tersebut berikan kepada burung kenari secukupnya agar lendir yang terdapat di rongga pernafasan burung kenari bersih.

8. Penyempitan Pembuluh Nadi

Ekstrak daun mengkudu bisa kita dapatkan dengan cara memeras pucuk daun mengkudu yang sebelumnya telah dihaluskan.

Ekstrak mengkudu tersebut sangat baik diberikan kepada burung kenari karena dapat mencegah anteriosklerosis atau penyempitan dan pengerasan pembuluh nadi ada pada burung kenari.

9. Meningkatkan Produktivitas

Daun mengkudu juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas burung kenari yang dijadikan indukan sebuah penangkaran.

Dengan produktivitas indukan yang meningkat, maka akan semakin cepat pula indukan tersebut bertelur dan kualitas telur yang dihasilkan pun akan lebih baik.

Cara penyajian pakan berupa daun mengkudu tidak terlalu rumit dan mudah untuk dilakukan.

Bisa dengan cara menggantungkan di dalam sangkar dan membiarkan begitu saja dimakan burung kenari.

Atau dengan cara-cara yang seperti diekstraks, diambil airnya, dan dengan cara-cara yang sesuai dengan kebutuhan burung kenari tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *