Lovebird Lutino Mata Merah
Lovebird

Lovebird Lutino Mata Merah

Tim redaksi bahashewan.com dalam artikel kali ini akan membahas detail tentang semua ciri-ciri lovebird lutino mata merah, cara bagaimana mencetak lutino mata merah yang berkualitas supaya harganya tetap tinggi, dan lain sebagainya. Simak penjelasannya berikut ini !!

Bila Anda mengikuti artikel demi artikel yang ada di web site ini, maka penamaan jenis burung lovebird didasarkan pada gen dan mutasi yang dibawanya, bukan berdasarkan penampilan fisiknya.

Lutino mata merah secara genetis memiliki nama standar yaitu Green NSL Ino. Artinya adalah burung lovebird tersebut adalah bagian dari Greenseries atau standar hijau yang membawa mutasi NSL Ino.

Terdapat setidaknya 1 pasangan alel NSL Ino (ditulis a/a) a yaitu singkatan dari albinism di dalam tubuhnya.

Oleh karena itu nama genetikanya bila ditulis adalah >> a/a;

Adapun lambang genetika warna hijau tidak ditulis disebabkan secara default pada dasarnya burung lovebird itu memang berwarna hijau. Makanya hijau tidak menjadi mutant (ideal).

Jika disederhanakan lagi, kita bisa menyebut burung lovebird mutasi Lutino sebagai NSL Ino pada Lovebird Seri Warna Hijau.

Ciri Ciri Lovebird Lutino Mata Merah

Kita akan mengetahui lutino mata merah melalui ciri-cirinya. Di antara ciri ciri lovebird lutino mata merah adalah:

1. Mata Berwarna Merah

Lovebird Lutino mata merah harus mempunyai mata yang berwarna merah. Pada mulanya, warna burung lovebird adalah hitam. Karena pewarna gelapnya telah lenyap, maka berubah menajdi warna merah.

Warna merah ini karena pengaruh gen Ino yang melenyapkan pengaruh melanin atau zat pewarna gelap.

2. Warna Bulunya Kuning Tanpa Noda

Ciri nya yang kedua yaitu: warna seluruh bulu di semua bagian tubuh burung lovebird menjadi kuning, kecuali sayap terbangnya. Sayapnya berwarna putih. Adapun warna marking kepalanya adalah orange kemerah-merahan.

Penyebab seluruh bulu berwarna kuning adalah karena melaninya telah hilang.

3. Kaki dan Kulit Pucat

Burung ini memliki kulit, kaki, dan kuku yang berwarna putih atau pucat. Inipun karena efek kehilangan melanin.

4. In Perfect Albinism

Terkadang melanin ini masih tersisa sedikit atau tidak sepenuhnya hilang. Oleh karena itu terkadang muncul burung lovebird yang warna matanya tidak merah sepenuhnya atau hanya manik saja. Warna kakinya juga demikian, tidak berwarna abu-abu. Serta kukunya tidak berwarna bening.

Dengan demikian, burung lovebird yang seperti ini masuk dalam kategori albinism. Meskipun masih tergolong lovebird lutino mata merah. Para ilmuan menamakannya NSL Ino with in Perfect Albinism.

Cara Mencetak Lutino Mata Merah Secara Masal

Selain mencari cara mencetak lovebird blorok, banyak pecinta burung yang mencari burung lutino mata merah ini. Karena mereka tahu bahwa harganya sangat stabil, bahkan tinggi. Oleh karena itu, peternak burung mencoba mencari berbagai cara mencetak lutino mata merah ini.

Meskipun demikian, kenyataan tidak seindah bayangan pikiran. Indahnya bayangan keberhasilan ternyata bertemu dengan keyantaan yang pahit.

Ini biasanya terjadi jika saat melakukan peternakan tidak memiliki ilmu pengetahuan yang memadahi. Sehingga sering errornya. Trial and error memang biasa. Tapi kalau banyak errornya, itu sangat “terlalu pahit sekali”.

Lalu bagaimana langkah yang benar? Inilah cara mencetak lutino merah yang baik dan benar:

1. Menciptakan Green Split Ino

Metode mengawinkan lovebird lutino mata merah dengan sejenisnya akan menghasilkan anakan yang sangat lemah dalam hal ketahanan hidupnya. Karena secara keturunan, mutasi NSL Ino sangat riskan pada berbagai hal.

Jika kekebalan tubuhnya terganggu sedikit saja maka bisa menyebabkan burung ini mengalami sakit. Bahkan bisa jadi akan mati.

Maka solusinya adalah dengan menguatkan pertahanan geneticnya dari dalam tubuh. Inilah yang disebut mutasi. Cara menguatkannya dengan memasukkan unsur gen lain.

Ini merupakan mutasi standar. Green yang tidak ada embel-embelnya. Itulah loverbird josan.

Jadi, tahap pertama peternak harus memcetak lovebird Josan Split Ino atau Green Split Ino dengan mengkawinkan lutino mata merah ini dengan Josan. Lalu jenis kelaminnya bagaimana? Ini tidak ada masalah, baik betina maupun jantan.

2. Memunculkan Ino Kembali

Proses berikutnya adalah dengan mengkawinkan loverbird lutino mata merah dengan burung loverbird cut up yang sudah dipersiapkan.

Maka akan menghasilkan wujud lutino mata merah 50% dan wujud josan break up ino 50%.

Mencetak lovebird lutino mata merah dengan cara break up akan menumbuhkan anakan yang banyak, dan bahkan bisa berkembang-biak sepanjang tahun.

Bandingkan saja jika hanya mengawinkan dengan sesama jenis lutino mata merah. Bisa panen 1 kali dalam setiap 5 bulan saja sudah untung. Itu pun jika masih hidup.

Harga Lovebird Lutino Mata Merah

Setelah mengetahui ilmunya serta bagaimana cara mencetak lutino mata merah, barulah selanjutnya kita membicarakan tentang berapa harga Lovebird Lutino mata merah jika dijual di pasaran.

Kalau tahu harganya terlebih dulu, tetapi ilmunya belum menguasai, nanti bisa jadi angan-angan belaka. Atau bertepuk sebelah tangan saja.

Harga lovebird Lutino mata merah secara umum selalu berada di posisi atas jika dibandingkan dengan inexperienced series lain.

Untuk patokan yang perlu diingat yaitu “Pada Umumnya Selalu Lebih Mahal Green Series”. Harganya menyesuaikan permintaan pasar. Makanya cenderung fluktuatif.

Harga kasarnya kisaran 350.000 sd 750.000.

Lovebird Lutino Retina Merah

Pada dasarnya Lovebird lutino retina merah atau lovebird manik merah adalah sama dengan lovebird Lutino mata merah yang warna matanya adalah full merah.

Sedikit perbedaan yang ada terletak pada warna mata yang tidak full merah. Bagian mata burung ini masih terdapat warna hitam. Penyimpanga  ini sering disebut oleh ahli genetika sebagai In Perfect Albinism.

Warna hitam di sekitar mata sebab masih adanya sisa efek melanin. Meskipun demikian, ia masih dikelompokkan oleh para ahli dalam mutasi NSL Ino.

Jadi, mau full merah, retina merah atau manik merah, itu sama saja. Kita menamakannya dengan panggilan Lutino alias Green NSL Ino.

Lovebird Lutino Mata Air

Jangan bingung dengan istilah ini ya. Ini sebenarnya lovebird mata air atau air mata? Pada awalnya banyak peternak burung yang bingung dengan penamaan tentang lovebird mata air. Cara yang tepat agar tidak bingung, ya ikuti saja petunjuk mereka.

Khas mata lovebird ini adalah blackcheek dan nyasa, yaitu warna antara retina dan pupilnya berbeda. Sehingga matanya seolah-olah tampak berkaca-kaca kayak ada airnya.

Lovebird Lutino Mata Hitam

Biasanya namanya burung lutino itu pasti warna matanya merah. Tidak ada ceritanya warna mata burung lovebird Lutino itu hitam.

Meskipun demikian, ternyata ada mutasi khusus yang bernama DEC, warna mata lovebird hitam, kaki bule, dan berwarna kuning. 

Istilah DEC Blue adalah singkatan dari Dark Eyed Clear atau burung lovebird yang seluruh tubuh nya bule akan tetapi matanya hitam. 

Lovebird Pastel Kuning

Menurut ahli genetika, warna yang disahkan diakui dalam dunia perburungan lovebird ada 2 (dua), Yaitu Green dan Blue. Oleh karena itu hanya ada istilah pastel biru (pastel blue) dan pastel hijau (pastel green).

Untuk istilah lovebird pastel kuning ini tidak ada dalam kamus ahli genetika burung.

Demikian secara singkat penjelasan Lovebird Lutino Mata Merah. Mudah-mudahan menambah wawasan kita sekalian terutama pecinta burung lovebird. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *