Lovebird Batman
Lovebird

Lovebird Batman: Si Hitam Manis dan Jagoan Lomba

Lovebird Batman: Si Hitam Manis dan Jagoan Lomba. Burung cinta atau lovebird umumnya terkenal dengan kombinasi warna-warna cerah. Namun ada juga spesies lovebird yang memiliki warna hitam legam seperti manusia kelelawar (batman).

Ya, lovebird yang satu ini memang tidak ada hubungannya dengan superhero fiktif tersebut. Namun dominasi warna hitam pada bulu lovebird inilah yang membuat ia tampak seperti kelelawar.

Jenis lovebird yang satu ini bukanlah spesies asli, melainkan hasil mutasi genetik dan ada juga yang berasal dari hasil perkawinan silang.

Karena perawakannya yang beda dari lovebird pada umumnya, maka banyak orang memburu lovebird ini untuk dikembangbiakkan atau sekedar dipelihara di rumah.

Bahkan banyak juga pecinta lovebird menginginkan jenis ini sebagai jagoan lomba, karena kicauan mereka yang unik dibandingkan spesies yang lain.

Ciri-Ciri Umum Lovebird Jenis Batman

1. Warna Bulu

Sesuai namanya, jenis lovebird batman ini mempunyai ciri khas tudung kepala dan sayap berwarna hitam legam.

Sementara pada bagian leher, dada, dan di bawah sayap, memiliki warna abu-abu (untuk jenis blorok) hingga warna putih polos (untuk jenis euwing).

Warna hitam pada lovebird sendiri menentukan seberapa tinggi nilai harganya, semakin gelap warna hitamnya maka semakin tinggi nilai lovebird tersebut.

2. Jenis Paruh

Sama seperti jenis lovebird lainnya, jenis burung cinta tipe batman ini juga memiliki bentuk paruh melengkung atau bengkok.

Sementara itu, kebanyakan jenisnya memiliki warna paruh putih agak kekuningan, namun ada juga yang dominan kuning (lovebird fischeri), dan dominan putih bersih (lovebird personata) yang tampak elegan.

3. Bentuk Mata

Pada umumnya, bentuk mata lovebird hampir sama untuk semua jenis spesies. Mata lovebird batman sendiri berbentuk bulat dengan warna hitam hampir penuh, sementara pada bagian tepi berwarna putih tipis.

Namun tepi ini diperkuat dan tampak lebar dengan adanya kacamata berwarna putih yang satu nada. Tampilan ini membuat mata lovebird tampak seperti lukisan dan membuatnya beda dari burung lainnya.

Variasi Lovebird Jenis Batman

1. Batman Personata

Lovebird perso atau personata memiliki ciri khas tudung kepala dan sayap berwarna hitam, dengan warna putih hingga abu-abu pada bagian leher sampai dada.

Pada banyak kasus, warna putih atau abu-abu ini memberikan kesan seperti ‘mengalung’ karena tampak kontras dengan warna kepala dan juga sayap yang hitam kelam. Sementara untuk bagian perut sampai ekor biasanya berwarna abu-abu kehitaman.

Harga untuk lovebird batman jenis perso ini termasuk cukup mahal, belum lagi jika dilihat dari kicauannya. Untuk harga perso standard biasanya berkisar antara 600 ribu (untuk anakan) hingga 1,2 jutaan (untuk dewasa).

Sementara untuk jenis perso blorok (perso dengan warna dasar tidak beraturan) memiliki kisaran harga 1,3 jutaan (untuk anakan) hingga 2,8 jutaan (untuk dewasa).

2. Batman Fischeri

Batman fischeri atau FC memiliki ciri khas yang berbeda dari jenis batman lainnya, terutama pada warna hitamnya yang tidak terlalu pekat pada bagian kepala. Di bagian muka terdapat warna putih yang senada hingga bagian dada.

Sementara bagian kepala belakang (yang membelah dari mata dan dahi hingga ke leher belakang) memiliki warna kehitam-hitaman. Warna hitam legam hanya ada pada bagian sayap dan pangkal ekor, selebihnya berwarna abu-abu.

Untuk harganya sendiri, lovebird batman jenis fischeri ini berkisar antara 900 ribu (untuk anakan) hingga 2,4 juta (untuk dewasa).

Sementara variasi dari lovebird fischeri seperti mouve atau blorok memiliki rentan harga mulai dari 1,5 juta (untuk anakan) hingga 3 juta (untuk dewasa).

3. Batman Mouve Kepala Elang

Jenis lovebird kelelawar yang satu ini memiliki tudung kepala berwarna putih seluruhnya, sehingga sekilas akan tampak seperti burung elang dengan ukuran mini.

Warna putih bersih mendominasi dari seluruh bagian kepala hingga dada, sementara bagian sayap tetap berwarna hitam seperti umumnya.

Untuk bagian perut sampai ekor juga sama umumnya, berwarna abu-abu agak hitam.

Harga pasaran untuk jenis lovebird batman yang satu ini cukup mahal di antara jenis batman lainnya, mengingat kombinasi warnanya yang susah didapatkan.

Untuk harga standardnya berkisar antara 1,5 juta (untuk anakan) hingga 3,5 juta (untuk dewasa). Sementara untuk variasi jenis blorok berkisar antara 2,5 juta (untuk anakan) hingga 4 juta (untuk dewasa).

Cara Perawatan dan Perkembangbiakan

Mengingat jenis lovebird yang satu ini banyak diikutkan dalam perlombaan burung, maka jenis perawatannya juga harus maksimal.

Anda harus benar-benar memastikan kondisinya tetap prima dengan selalu memandikan dan menjemurnya secara intens.

Untuk jenis makanannya tidak beda jauh dari lovebird pada umumnya yang meliputi biji-bijian, jagung, dan bisa juga kangkung.

Sementara untuk menghasilkan jenis lovebird batman, maka Anda bisa menyilangkan dua indukan batman yang sama (kemungkinan 80 persen).

Jika tidak, maka bisa menggunakan dua lovebird biru mangsi (30 persen), atau dua lovebird olive hijau tua (30 persen). Kemungkinan 50 persen, jika Anda menyilangkan antara salah satu warna biru atau hijau dengan warna batman.

Itu semua ulasan yang terkait dengan ciri-ciri, macam jenis, serta cara perawatan dan perkembangbiakan lovebird batman yang bisa kami berikan. Ke depannya kami berharap Anda bisa mengambil informasi di atas untuk mengenal jenis burung lovebird yang satu ini lebih jauh sebelum membelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *