Lovebird Australian Cinnamon
Burung

Lovebird Australian Cinnamon Si Pemilik Warna Bulu Soft Nan Eksotik

Lovebird Australian Cinnamon Si Pemilik Warna Bulu Soft Nan Eksotik sekilas memang agak mirip dengan jenis burung Lovebird Pastel. Akan tetapi jenis burung Lovebird ini memiliki warna bulunya lebih soft dan kalem.

Seperti namanya yang ada kata cinnamon, mengingatkan kita pada aroma manis dan lembutnya kayu manis. Demikian juga dengan burung ini, tampilan morfologinya memang manis dan mudah membuat siapa saja suka.

Belum lagi jika sudah jinak dan manja, sangat menggemaskan dan menawan. Tertarik untuk semakin mengenal si cantik dari Australia ini? mari simak dalam ulasan berikut ini.

Ciri Khas dan Unik yang Spesifik Lovebird Australian Cinnamon

1. Berwarna Kuning Gading

Burung hasil mutasi dari jenis Lovebird Salem Face ini sekilas seperti berwarna kuning gading. Namun beberapa ada yang memiliki warna sedikit lebih terang sehingga terlihat seperti kuning saja.

Uniknya, warna kuning ini keberadaannya dominan dan menyebar ke hampir seluruh tubuh si burung. Warna bulunya semakin cantik dengan bagian ekor dan leher yang berwarna putih sehingga memberikan kesan lembut.

Sedangkan warna bulu yang ada di bagian kepala depan memiliki corak orange terang yang membuat kesan semakin imut saja. Puncaknya, warna paruh kuning gading, betul-betul menjadi pesona tidak tertahankan bagi lovebird lovers.

2. Menyukai Kayu Manis

Keunikan lain yang ada pada burung Lovebird Australian Cinnamon adalah sumber pangan tidak biasa yang menjadi kegemarannya.

Pada umumnya, burung lovebird sangat menyukai biji-bijian seperti jagung, millet, kenari, biji matahari dan sejenisnya. Namun berbeda dengan burung cantik dan menawan satu ini, karena menyukai kayu manis.

Oleh karena itu pada namanya tersemat kata ‘cinnamon’ yang artinya adalah kayu manis. Sehingga tidak heran jika, lovebird ini lebih tahan terhadap penyakit dan tangguh.

Hanya saja, burung lovebird ini memang tidak seagresif jenis lovebird lain. Betul-betul kalem, lembut dan manis.

Termasuk Dalam Jenis Lovebird Berharga Mahal

Penampilan yang cantik, perangai yang lembut dan manis, apalagi kalau sudah manja, betul-betul daya tarik yang luar biasa dari burung lovebird jenis ini.

Meski tidak memiliki kicauan sekuat dan sesering burung lovebird dari jenis lain, lovebird ini digemari karena kecantikan bulu dan sifat jinaknya yang imut.

Sehingga tidak heran jika jarang menjumpai jenis ini dalam acara kontes burung atau ‘nggantang’ yang sering dilakukan oleh pecinta burung lovebird.

Dikatakan memiliki harga yang mahal karena di lingkup pecinta burung, harga pasaran tetap stabil dan terjaga dalam standartnya. Karena burung Lovebird Australian Cinnamon memiliki tempat di hati pecinta burung-burung dengan warna indah.

Sehingga perannya bukan di ajang lomba kicau, tetapi dinikmati karena rupa, warna dan corak yang cantik.

Jadi membuat orang mengkoleksinya untuk pengisi kandang raksasa agar hidup dengan nyaman dan leluasa. Sehingga kecantikannya dapat terpancar dengan maksimal.

Cara Merawat Dengan Baik

Tidak perlu risau soal perawatan pada burung cantik ini, karena relatif tidak rewel dan berdaya tahan tubuh bagus.

Cukup berikan makanan seimbang kadar nutrisinya, sesekali beri suplemen atau vitamin dan setiap hari bersihkan kandangnya. Maka burung molek ini akan merasa nyaman dan tumbuh dengan baik.

Dalam membuatnya jinak juga lebih mudah karena sifatnya yang tidak agresif.

Mandikan setiap pagi dan sore saat matahari masih bersinar terik, dan ajak berkomunikasi dengan mengelus kepala serta bagian sayapnya yang luar. Niscaya, burung pandai ini bisa memahami frekuensi cinta yang dipancarkan oleh pemiliknya.

Mengenali Perilaku Keseharian

Dalam memberikan perawatan sehari-hari, sebaiknya tidak abai dengan perilaku yang ditunjukkan oleh burung indah ini.

Misalnya saat selesai dimandikan, si burung mengepak-kepakkan sayapnya dan berloncatan ke banyak arah, itu bukan berarti tidak suka.

Justru sebaliknya, si burung sedang merasa bahagia dan ceria. Sehingga sambil mengeringkan bulu-bulunya, berkekspresi gesit seperti itu. Berbeda lagi jika sayapnya terlihat turun dan seolah-olah sedang mengantuk sepanjang waktu.

Itu berarti burung Lovebird Australian Cinnamon sedang tidak sehat atau sakit. Sehingga harus segera diberi pertolongan agar kondisinya tidak bertambah buruk lagi.

Demikian juga ketika burung lovebird ini terlihat membuka paruh dan mengepakkan sayapnya, ini bukan pertanda baik. Karena dalam kondisi seperti itu, si burung sedang agresif dan menjadi galak.

Demikian juga saat terlihat sibuk mencabuti bulunya sendiri, itu bermakna jika si burung sedang ingin dibuahi atau lebih dikenal dengan istilah over birahi. Libidonya menjadi tinggi akibat beragam pengaruh. Bisa dari jenis makanan atau memang sedang di masa ingin berkembangbiak.

Demikian beberapa hal terkait si cantik Lovebird Australian Cinnamon  yang memiliki keindahan bulu luar biasa. Sehingga ketika hendak merawatnya  sudah tahu hal apa saja yang menjadi pengetahuan dasar dalam memelihara burung eksotis tersebut.

Lantaran sekadar suka saja tidak cukup untuk merawat burung berharga mahal itu. Harus ekstra perhatian dan kasih sayang agar si burung juga nyaman dan jinak pada si pemilik. Selamat merawat dengan penuh kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *