Kenali dan Pahami Lovebird Albino Yang Indah 2
Burung

Kenali dan Pahami Lovebird Albino

Kenali dan Pahami Lovebird Albino karena burung lovebird unik dan langka ini memang membutuhkan perhatian ekstra demi kesehatan dan kenyamanannya selama dalam masa perawatan pemilik.

Tidak heran juga peminatnya di luar sana sangat banyak, karena jenis ini memang rare dan tidak mudah ditemui di pasaran. Namun, banyak yang tidak tahu jika burung ini sebenarnya lahir dari kelainan genetik yang diturunkan dari induknya.

Karena itu, keberadaannya di alam liar sangat sulit ditemui dan untuk jenis yang hasil penangkaran, tentu saja hasil campur tangan manusia ketika proses penyilangan agar mendapatkan sifat resesif albino yang diinginkan tersebut.

Ciri dan Karakter Unik Lovebird Albino

Burung lovebird berwarna putih ini kadang mirip dengan warna pastel putih. Namun jika paham bagaimana sifat albino itu sesungguhnya, bisa dipahami mengapa seperti itu.

Kelainan genetik albinisme atau albino ini sebenarnya terjadi karena kurangnya kode-kode genetik yang memunculkan pigmen warna asli. Sehingga kemunculannya secara morfologi akan terlihat putih.

Dari penjabaran tersebut, tentu saja sebagian besar warna tubuh burung lovebird berjuluk albino ini memiliki warna putih. Baik dari warna bulu keseluruhan, warna kulit cakar, paruh dan lainnya.

Demikian juga dengan warna mata. Mungkin di awal akan ada warna dominan seperti merah atau hitam. Namun dengan seiringnya waktu tumbuh, burung Lovebird Albino akan menunjukkan sifat-sifat albinonya melalui berkurangnya warna asli yang muncul di awal.

Misalnya dari warna mata yang awalnya merah pekat, sedikit demi sedikit menjadi berwarna agak pudar seperti warna kuning telur. Sedangkan yang berwarna hitam lambat laun akan ada lingkaran putih di bola matanya. Jadi sifat-sifat albinonya akan semakin dominan juga terjadi pada bulunya.

Cara Merawat Dengan Baik

Seperti kebanyakan burung jenis lain, lovebird satu ini juga suka mandi. Sehingga perlu diberi tempat mandi khusus yang memudahkan burung cantik tersebut untuk membasahi bulu-bulunya.

Akan tetapi jika ingin cepat jinak, maka bagian ini bisa diambil alih oleh si pemilik. Caranya dengan mandikan burung loverbird secara rutin pada pagi dan sore saat matahari masih tinggi agar tidak kedinginan tapi kebersihan tubuh burung lovebird juga terjaga.

Semprot dengan sprayer pelan-pelan dan lembut kemudian biarkan si burung mengepakkan sayapnya lebar-lebar sembari terus disemprot dengan berlahan.

Untuk urusan pakan, karena burung ini termasuk dalam kelompok pemakan biji-bijian maka berikan jenis biji-bijian yang penuh nutrisi untuk menjaga asupan gizinya tercukupi.

Perhatikan jenis biji-bijian yang diberikan dan kombinasikan jika dirasa kurang mencukupi.

Misalnya pemberian kacang kenari yang penuh protein ini berguna untuk menunjang pertumbuhan tubuh burung. Kemudian ada jagung manis yang kaya karbohidrat, dapat berguna untuk memberikan tenaga lebih sehingga Lovebird Albino bisa kuat berkicau dalam jangka waktu yang lama.

Atau, diberi pakan berupa biji gandum yang berguna untuk mempercepat proses pergantian bulu ketika rontok.

Dalam merawat kebersihan kandang juga harus diperhatikan. Jangan sampai banyak kotoran yang menumpuk di kandang bercampur dengan sisa pakan dan minum yang berceceran.

Selain dapat menjadi media jamur, juga membuat daya tahan tubuh burung lovebird menurun. Jadi jangan lupa untuk membersihkan kandang secara rutin setiap hari agar kuman-kuman juga tidak betah tinggal dalam kandang.

Membersihkannya jangan cuman dibuang saja, tetapi pastikan dengan cuci bersih alas penampung kotoran, tempat pakan dan minum dari sisa kotoran yang melekat. Termasuk pada bagian dalam sarang atau kayu bertengger yang kadang masih menyisakan kotoran.

Perawatan tambahan juga dibutuhkan oleh Lovebird Albino agar tumbuh dengan baik dan sehat. Misalnya dengan pemberian suplemen khusus atau vitamin yang sudah ada di pasaran dan dikhususkan untuk jenis burung lovebird.

Selain itu, pemberian variasi makanan dari sumber bahan pangan yang kaya nutrisi juga dibutuhkan secara berkala untuk mendukung tumbuh dan kembang si cantik berwarna putih itu. Misalnya dengan memberi kecambah kecil, biji bunga matahari dan lainnya.

Macam Penyakit yang Biasa Menyerang

Siapa sangka ternyata burung juga bisa sakit. Meski tidak bisa mengatakan secara langsung dengan bahasa manusia, burung lovebird juga memiliki beberapa keluhan kesehatan yang jika tidak diatasi serta ditangani secara serius, dapat berakibat fatal.

Sedih bukan, jika burung kesayangan ini jadi tidak manja, lucu, ceria dan sehat seperti biasa? Untuk itu kenali dan pahami perilakunya agar mudah mengidentifikasi apa yang sedang dirasakannya.

Misalnya soal bahaya memberikan pakan secara sembarangan. Di sisi yang lain dapat berdampak pada terhambatnya proses tumbuh dan berkembang.

Di sisi yang lain juga dapat memicu kegemukan yang menyebabkan persendian dan kesehatan organ dalam burung terganggu.

Biji-bijian tinggi protein dan lemak seperti biji bunga matahari, kacang kenari, biji millet dan lainnya, haruslah diatur dan diberikan dalam komposisi yang pas agar burung Lovebird Albino tidak kalap makan dan menjadi gemuk.

Demikian penjelasan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk merawat si albino cantik tersebut. Mengingat rasa suka dan cinta saja tidak cukup sebagai bekal untuk merawat burung langka ini.

Sehingga diperlukan pengetahuan lain yang dapat membuat kehidupan Lovebird Albino, menjadi nyaman dan sehat selama dirawat oleh pemiliknya. Jika semua tercapai secara seimbang, maka vibrasi cinta dan terima kasih dari si burung bisa dirasakan lewat perilaku manja atau kicauannya yang riang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *