Mari Kenalan Dengan Burung Lovebird Abisinia
Lovebird

Mari Kenalan Dengan Burung Lovebird Abisinia

Mari Kenalan Dengan Burung Lovebird Abisinia yang di luar sana ternyata memiliki banyak penggemar. Bayangkan saja, dengan warna-warna indah yang memikat, kicauan merdu yang mendamaikan dan juga tampilan lucu yang menggemaskan merupakan beberapa daya tarik burung lovebird jenis satu ini.

Sehingga tidak heran jika ada banyak komunitas pecinta khusus untuk jenis burung lovebird ini. Tertarik untuk tahu jenis burung lovebird satu ini dengan lebih dalam lagi? Mari simak ulasannya dalam penjelasan berikut ini.

Identifikasi dan Klasifikasi Burung Lovebird Abisinia

Burung secara garis besar berada dalam kingdom Animalia, masuk dalam filum Chordata, ada di kelas Aves, memiiki ordo Psittaciformes, kemudian masuk ke family Psittacidae dengan sub family Psittacinae, berbangsa Psittaculini dan bergenus Agapornis.

Sehingga, dalam klasifikasi ilmiah memiliki urutan takson seperti itu. Pentingnya tahu nama genus ini berguna untuk pencarian informasi terkait keperlan identifikasi dan klasifikasi.

Sebab, beda genus beda juga karakter dan hal spesifik lain yang melekat. Mengingat, ada jenis burung lain yang terlihat mirip ternyata tidak sama.

Jadi ini sangat penting untuk mengetahui secara pasti sebelum memutuskan untuk merawatnya.

Keuntungan lain dengan tahu secara jelas posisi dalam klasifikasi taksonomi, mengetahui informasi tersebut berguna untuk mencari mengenai cara merawat dan perlakuan apa saja yang bisa diberikan untuk membuatnya nyaman selama dalam perawatan.

Misalnya, mencari tahu jenis penyakit yang biasa diderita, kemudian menelusuri bagaimana member pertolongan saat sakit serta hal-hal lain yang memudahkan pencarian informasi terkait burung Lovebird Abisinia yang memiliki nama latin Agapornis taranta sp. ini.

Ciri Morfologi dan Karakter Unik yang Spesifik

Sekilas akan sulit untuk membedakan dan mengidentifikasi jenis loverbird seperti apa yang disebut sebagai abisinia ini. Namun jika memerhatikan dengan teliti dan mengamati secara jeli, sebetulnya mudah saja dalam membedakannya.

Misalnya ditilik dari ciri mata. Agapornis taranta sp. ini memiliki mata yang berwarna hitam pekat tanpa campuran warna lain layaknya spesies dalam satu genus.

Biasa disebut dengan istilah mata gagak, burung lovebird ini juga memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari lovebird lain dalam satu genus di rentang usia dan perawatan yang sama.

Ciri lain yang dimiliki burung asal Etiophia ini adalah paruhnya yang memiliki corak merah terang. Untuk lebih meyakinkan, bisa dengan melihat warna bulu di bagian kepala yang pada burung lovebird lain berwarna hijau.

Uniknya pada burung Lovebird Abisinia ini bulu di bagian atas paruh berwarna merah juga. Sehingga cukup mencolok untuk dijadikan pembeda antara spesies satu dengan yang lainnya. Mengingat kelompok burung lovebird ini memiliki banyak spesies.

Ciri Perilaku dan Pola Interaksi

Hewan juga memiliki bahasa. Selain dari bunyi atau suara juga dari bahasa tubuh. Oleh karena itu dalam ilmu kajian Ciri dan Perilaku Hewan dijelaskan bahwa dari kebiasaan sehari-hari, manusia bisa memahami apa yang dikomunikasikan oleh hewan.

Termasuk untuk jenis burung seperti burung lovebird Agapornis taranta sp. ini. Jadi, coba mulai lihat dan amati bagaimana perilaku si burung menggemaskan tersebut ketika ada di dalam kandang maupun di kehidupan alam liar.

Burung Lovebird Abisinia ini memiliki perilaku yang manja jika sudah kenal dengan pemiliknya. Ada saja tingkah lucu dan menggemaskan yang dipertontonkannya untuk mencuri perhatian si pemiliki.

Misalnya saja dengan mematuk dikit-dikit tangan pemilik saat dipegang. Ini pertanda jika si burung mudah jinak ini, sedang mencari perhatian dan ingin dimanjakan dengan elus-elus kepala serta sayap bagian luarnya.

Apalagi jika diiringi dengan gerakan kaki yang lincah, melomat dari satu tempat ke tempat yang lain, itu artinya sedang dalam kondisi sehat dan bersemangat.

Berbeda lagi jika burung loverbird Agapornis taranta sp. ini mematuk-matuk dengan keras, itu sebagai pertanda jika sedang dalam kondisi tidak nyaman. Entah karena ketakutan, sedang marah atau tidak ingin diganggu.

Jadi, dalam posisi seperti itu, lebih baik tidak didekati dahulu karena paruhnya yang tajam bisa mencelakai kulit tangan. Biasanya ini terjadi saat dia sedang mencari perhatian dari pasangan betinanya, kemudian si pemilik datang menginterupsi.

Jadinya, ya marah. Untuk tahu apakah sedang ingin berkencan dengan burung betina, pemiliki bisa melihat goyangan kepala burung lovebird ini. Jika menganguk-angguk dalam frekuensi sering, itu artinya sedang cari perhatian pada si betina.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui mengenai burung Lovebird Abisinia yang memiliki nama ilmiah Agapornis taranta sp.tersebut.

Karena tampilan dan perilakunya yang menyenangkan, animo masyarakat untuk merawatnya juga semakin bertambah. Sehingga, bagi pecinta burung berwarna cantik tersebut dan baru belajar untuk merawat, harus betul-betul paham karakter unik yang ada di pemiliki kicau indah itu.

Karena dari kenal sekilas saja tidak cukup untuk dapat merawat dengan baik, harus mencari tahu lebih banyak agar burung mendapat perawatan yang nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *