4 Rahasia Keuntungan Memiliki Burung Kenari Betina
Kenari

Keuntungan Memiliki Burung Kenari Betina

Keuntungan Memiliki Burung Kenari Betina – Burung kicauan yang satu ini memang sangat populer di kalangan kicau mania.

Dengan karakteristik suara yang gacor serta memiliki warna bulu yang begitu indah, serta memiliki klasifikasi tertentu menurut jenisnya masing-masing, menjadi daya tarik bagi burung kenari di dunia perkicauan.

Jenis burung kicauan yang satu ini, memang kerap kali kita temukan pasar, di rumah-rumah, atau di ajang perlombaan burung kicauan.

Daya pikat dari burung yang satu ini, sehingga para Kicaumania tertarik untuk memelihara, bahkan untuk membudidayakannya.

Warna bulu pada burung kenari memang sangatlah cantik, pada umumnya burung kenari memiliki warna yang kuning dan orange.

Namun tidak sedikit pula jenis burung kenari yang memiliki variasi warna lain seperti coklat, Hitam, Putih dan variasi warna lainnya.

Semua warna tersebut, menjadikan burung kenari tampak lebih cantik dan menawan.

Sebagian besar para kenari Mania, memelihara burung kenari yang berjenis kelamin jantan.

Hal ini disebabkan, karena burung kenari yang berjenis kelamin jantan, memiliki keunggulan dalam berkicau.

Selain itu, burung kenari jantan juga dirasa lebih aktif dalam bergerak, menarik untuk dilihat.

Namun perlu diketahui, bahwa untuk memelihara burung kenari berjenis kelamin betina juga tidak kalah menariknya dengan memelihara burung kenari yang berjenis kelamin jantan.

Bahkan ada beberapa keuntungan memiliki burung kenari betina yang bisa kita dapatkan ketika memeliharanya.

Apa saja keuntungan memiliki burung kenari betina yang bisa kita dapatkan dari memeliharanya?

Simak penjelasan kami dalam 4 keuntungan memiliki burung kenari betina.

4 Keuntungan Memiliki Burung Kenari Betina

Sebagian orang memandang sebelah mata burung kenari yang berjenis kelamin betina, sehingga banyak dari burung kenari berjenis kelamin betina yang tidak dirawat dengan baik dan benar.

Disebabkan karena burung kenari betina tidak bisa dibentuk serta dilatih kicauannya untuk dijadikan burung kontes.

Meskipun demikian, burung kenari betina memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh burung kenari berjenis kelamin jantan.

Yaitu keunggulannya dalam hal bereproduksi yang sangat menguntungkan bagi para peternak.

Adapun beberapa keuntungan memiliki burung kenari betina adalah sebagai berikut:

1. Regenarasi

Setiap pembudidaya burung kenari ada yang namanya meregenerasi atau peremajaan bertujuan untuk mendapatkan jenis burung kenari unggulan.

Seekor burung kenari yang memiliki kualitas tentu terlahir dari indukan yang memiliki kualitas bagus juga.

Dengan demikian, indukan burung kenari yang berjenis kelamin betina seharusnya sudah dipersiapkan secara baik dari jauh-jauh hari.

Jika kita memiliki anakan burung kenari yang berjenis kelamin betina, maka, seharusnya kita merawat serta memeliharanya dengan baik.

Karena masa 1 tahun ke depan, anakan betina tersebut dapat menjadi calon indukan yang berkualitas di dalam memperoleh calon anak-anak berkualitas pula.

2. Tabungan Sampingan

Meski anakan burung kenari betina memiliki peminat yang sedikit, namun apabila burung kenari betina tersebut telah dirawat dengan baik dan tumbuh menjadi indukan yang berkualitas.

Burung kenari betina tersebut dapat mendatangkan keuntungan bagi kita di kemudian hari.

Misalnya saja, pada waktu musim kawin tiba diantara para peternak burung kenari yang mencari calon indukan berkualitas untuk dikawinkan dengan burung kenari jantan mereka.

Dan apabila kita telah memiliki burung kenari berjenis kelamin betina sendiri, maka kita tidak perlu untuk mencari untuk mencari indukan lagi.

Tidak hanya itu, kita juga dapat menjual burung kenari betina berkualitas kita kepada peternak lain, hal tersebut tentunya akan mendatangkan keuntungan bagi kita.

3. Hasil Produksi Lebih Berkualitas

Salah satu keuntungan memiliki burung kenari betina selanjutnya adalah hasil produksi yang dapat menghasilkan anakan berkualitas.

Untuk burung kenari berjenis kelamin betina yang akan kita jadikan indukan di kemudian hari, tentu kita sudah mengetahui kebiasaan serta karakternya.

Hal ini juga berpengaruh kepada ada pemilihan calon indukan jantan yang berkualitas dan sesuai dengan bibit calon indukan betina kita.

Dan ketika kita merawat calon indukan betina kita juga akan lebih mudah untuk menjaga kualitas dari anakannya.

Karena kualitas indukan yang bagus juga akan berpengaruh pada kualitas anakannya juga.

4. Keberhasilan Peternakan

Anakan burung kenari berjenis kelamin betina merupakan kunci sukses dari sebuah proses peternakan burung kenari.

Karena anakan burung kenari betina akan tumbuh serta menjadi calon indukan di kemudian hari untuk keberlangsungan regenarasi pada peternakan tersebut.

Karena kualitas dari burung indukan betina yang sudah kita rawat sejak kecil, maka kita akan tahu pola perawatan indukan tersebut kepada anakan yang dihasilkannya.

Pada masa itu, burung kenari betina akan mengambil peranan penting dalam proses perawatan anakan yang telah ditetapkannya sebelum benar-benar dipisah atau disapih.

Burung kenari betina tidak dapat diikutsertakan dalam kontes perlombaan, namun apabila burung tersebut dirawat dengan baik dan benar, maka akan mendatangkan keuntungan di kemudian hari untuk peternak.

Keuntungan memiliki burung kenari betina ini, tentu akan kita dapatkan jika kita memeliharanya dengan benar dan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *