Jus Buah Untuk Lovebird Agar Lebih Moncer
Lovebird

Jus Buah Untuk Lovebird Agar Lebih Moncer

Kali ini bahashewan.com akan membahas tentang jus buah untuk lovebird. Kita tahu bahwa lovebird adalah salah satu jenis burung hias yang paling banyak dicari oleh para pencinta burung kicau. Selain mempunyai warna yang indah serta perilaku yang lucu, burung lovebird juga mampu berkicau dengan nyaring dan cocok untuk diadukan.

Suara lovebird terbaik biasanya mempengaruhi harga jualnya. Harga yang ditawarkan pun sangat mahal. Selain itu, burung seperti ini akan sering digunakan sebagai indukan atau pejanta.

Nah, jika Anda mempunyai anakan lovebird yang akan dijadikan moncer atau pandai berkicau, maka buatlah minuman khusus untuknya, yaitu jus buah untuk lovebird. Minuman ini sangat menunjang nutrisi yang diperlukan burung, selain dari konsumsi pakan yang diberikan. Berikut ini ada beberapa jenis jus atau sari buah serta cara pembuatannya.

Jus Buah Untuk Lovebird dari SariApel

Sari Apel alami sangat berguna untuk lovebird. Sebab di dalamnya mengandung cukup banyak nutrisi serta vitamin. Kandungan satu porsi sari apel yang sudah dibuat ialah Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin B kompleks. Vitamin ini bermanfaat untuk jenis burung lovebird tanpa mengandung efek samping sama sekali meskipun dikonsumsi secara terus menerus.

Kandungan Vitamin A pada sari apel akan menyehatkan mata burung lovebird. Penglihatan burung jadi jelas sehingga gampang dan enteng bergerak saat berada di dalam kandang. Selain itu, kondisi mata yang sehat bisa membuat pengamatan burung menjadi tajam. Baik mengamati di sekitar kandang maupun mengenali siapa pemiliknya.

Kemudian Vitamin B yang terdapat di dalam sari apel pun berguna untuk kesehatan persendian serta bulu juga. Lovebird tidak akan gampak merasa capek, yang jika capek akan membuatnya malas untuk berkicau. Adanya vitamin B ini akan membuat burung lovebird menjadi lebih moncer dan giras sebab merasa tubuhnya selalu dalam keadaan segar.

Burung yang sering diberi asupan Vitamin C yang seimbang akan mempunyai daya tahan yang bagus. Melalui daya tahan ini, burung menjadi tahan dari serangan sakit. Serta kemungkinan prosentase mati mendadak pun akan sangat kecil.

Cara Membuat Sari Apel

Cara membuat sari apel cukup simpel.

  • Cukup Anda siapkan 2 (dua) buah apel merah yang sudah dididihkan menggunakan 6 (enam) gelas air mineral. Perlu diingat, jangan sampai Anda menggunakan air mentah ya.
  • Rebuslah selama lebih kurang 15 menitan.
  • Kemudian saring sampai tuntas dan tidak meninggalkan ampas.
  • Tunggulah beberapa saat sampai menjadi dingin.
  • Setelah air saringan menjadi dingin, maka Anda boleh menyimpannya di dalam kulkas untuk digunakan nanti atau sewaktu-waktu dibutuhkan.

Jus Buah Untuk Lovebird dari Sari Anggur

Kandungan yang dimiliki sari buah anggur hampir sama dengan sari buah apel. Akan tetapi, Vitamin C yang terkandung pada anggur jauh lebih lengkap. Selain itu, Anggur mengandung kalsium juga yang berguna dalam pertumbuhan tulang burung. Jika lovebird yang masih anakan sudah diberi sari buanh ini, maka hal itu akan menjadikannya lebih sehat. Tulangnya pun menjadi kuat saat bergerak di dalam kandang maupaun pada waktu terbang.

Penyajian sari anggur dapat diberikan secara langsung ke mulut burung sebanyak beberapa tetes atau dengan dicampurkan pada minuman yang ada. Namun, untuk memaksimalkan hasil yang lebih, Anda bisa melolohkannya langsung pada burung. Pemberian sari anggur dapat dilakukan sekurang-kurangnya seminggu sekali untuk menjaga imun atau daya tahan tubuh burung lovebird.

Cara Membuat Sari Anggur

Cara membuat sari buah anggur sangat mudah.

  • Cukup Anda siapkan sekurangnya 4 buah anggur merah dan anggur hijau ukuran agak besar. Bisa Anda peroleh di super market terdekat.
  • Kemudian cuci buah dengan air yang hangat untuk menghilangkan pestisida atau lilin yang menempelnya.
  • Buah anggur yang telah dicuci dengan bersih bisa dimasak dengan 4-5 gelas air sampai mendidih. Tunggulah selama kurang lebih 7 menit.
  • Jika air didihan sudah dingin, maka saringlah sampai tidak ada ampas.

Sari anggur dapat disimpan di dalam kulkas supaya awet dan bisa diberikan pada burung lovebird jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Pemberian jus buah untuk lovebird dari sari anggur biasanya dilakukan pada saat siang atau sore hari sesudah burung lovebird dijemur atau diangin-anginkan selama 1 jam.

Pemberian sari apel atau anggur secara disiplin bisa membuat lovebird menjadi semakin sehat dan kuat. Tubuhnya akan kebal dan jarang kena sakit, burung pun akan semakin senang dan sering untuk berkicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *