Jenis Burung Walet dan Keunikannya Yang Indah
Walet

Jenis Burung Walet

Ada bebarapa jenis burung walet yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dan Malaysia yang bisa menghasilkan uang bagi para pembudidayanya.

Dikalangan masyarakat asia, khususnya di indnesia dan Malaysia ada kurang lebih 6 jenis burung walet.

Beberapa jenis tersebut memiliki ciri khas berdasarkan postur tubuhn, warna bulu, serta perilaku dan bahan dalam pembuatan sarang yang membedakan antara satu jenis dengan jenis lainnya.

Burung walet atau istilah latinnya dikenal dengan sebutan Collocalia Vestita temasuk jenis burung yang memiliki sayap runcing, berwarna dominan hitam hitam dan coklat pada bagian bawah serta memiliki ekor yang panjang.

Habitat burung walet adalah daerah pantai dan perkotaan yang memiliki goa, ruang besar, atau gedung kosong yang tinggi dan alami.

Burung walet juga bersarang dengan cara berkelompok atau berkoloni dalam umlah yan bayak dan membuat sarang dari  air liur mereka.

Sarang burung walet yang terbuat dari air liur ini lah yang natinya akan dijual leh para peternak untuk dijadikan obat serta makanan dan minuman yang memiliki nilai jual tinggi.

Ada banyak Negara seperti Cina yang mempercayai bahwa sarang burung walet memiliki kasiat tinggi untuk menjaga kesehatan serta stamina.

Berdasarkan nilai jual yang tinggi dari sarang burung walet ini lah yang melatar belakangi  pembudidaya sarang burung walet untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Karena jika hanya mengandalkan sarang burung walet yang terdapat pada alam liar, maka tidak akan mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Serta resiko tinggi yang harus dihadapi untuk mengambil sarang burung walet dari alam liar menjadikan  masyarakat memilih membudidayakannya daripada mengambil sarang dari alam.

Karena biasanya burung walet akan bersarang di tebing-tebing tinggi pinggir pantai atau gua-gua yang memiliki langit-langit tinggi, sehingga apabila salah dalam meted pengambilan bisa saja terjatuh dan mati.

1. Burung Walet Besar

Jenis burung walet besar adalah jenis burung walet yang memliki warna hitam dan berwarna cklat pada bagian bawah atau dada dan perutnya.

Ciri khas yang paling mencolok dari burung walet adalah bentuk ekornya yang sedikit bercelah atau membentuk huruf V.

Jenis burung walet ini juga memiliki suara khas yaitu suara yang melengking serta nyaring.

Burung walet yang memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 16 centi meter ini, dikategorikan burung walet dengan ukuran yang paling besar jika dibandingkan dengan burung walet lainnya.

Dengan ukuran yang besar tersebut menjadikan burung walet jenis ini memiliki tingkat kecepatan terbang yang lebih cepat dari jenis lainnya, serta dapat terbang lebih tinggi dari jenis lainnya.

Keahliannya dalam terbang sangatlah cocok dengan habitat dan makanannya yang berupa serangga-serangga terbang berukuran kecil.

Burung walet memakan serangga mangsanyan dengan cara terbang menyambar.

Namun perlu diketahui bahwa burung walet jenis ini lebih suka bersarang di lubang-lubang kecil sehingga sarangnya tidak bisa dimanfaatkan dan tidak bisa dimakan.

Jenis burung walet ini memliki sarang yang berbentuk cekung seperti mangkk dimana sarang tersebut terbuat dari air liur campuran dengan akar-akaran tumbuhan, lumut dan jenis serat lainnya.

Jika dibandingkan dengan sarang jenis burung walet yang lain, sarang jenis ini bisa dikategorikan sebagai sarang yang kotor dan berserat.

2. Burung Walet Putih

Burung walet putih merupakan burung walet yang memiliki sarang yang berwarna putih, serta memiliki warna bulu tubuh coklat kehitam-hitaman dengan bulu dada dan perut berwarna kelabu ataupun coklat.

Bentuk ekor dari burung walet putih sama seperti jenis burung walet lainnya, yaitu memliki bentuk ekor bercelah atau membentuk huruf V.

Jenis burung walet ini juga memiliki suara yang nyaring dan melengking tinggi sama dengan suara jenis burung walet yang lainnya.

Berbeda dengan ukuran jenis burung walet besar, ukuran burung walet putih memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu sekitar 12 centi meter.

Memiliki mata yang berwarna coklat gelap, kaki berwarna hitam serta memiliki paruh dengan warna hitam.

Burung walet putih juga memiliki postur sayap yang lebih kokoh dan cara terbang yang terkesan lebih kuat.

Burung walet putih juga  memiliki kebiasaan mencari makan yang berbeda dari jens burung walet sebelumnya.

Burung walet putih lebih suka mencari makan di dekat pohon besar yang terdapat banyak serangga kecil di sekitarnya.

Selain terbang dan menyambar mangsa, burung walet putih juga bisa terbang menyelam di dalam air untuk mandi ataupun minum kemudian terbang mengudara lagi.

Burung walet jenis ini membuat sarangnya dari air liur dan tanpa campuran apapun, sehinga sarang burung walet putih dapat di konsumsi dan memiliki harga jual yang sangat mahal dan sering dicari.

Telur dari burung walet jenis ini juga berwarna putih, berbentuk lonjong memanjang dan hanya bertelur dua butir saja dalam sekali masa bertelur.

3. Burung Walet Sarang Hitam

Burung walet sarang hitam merupakan jenis burung walet yang memiliki bulu tubuh berwarna coklat dan sedikit kehitaman, dengan bulu ekor berwarna coklat kelabu.

Bentuk ekor dari burung walet jenis ini memiliki sedikit celah dan burung walet jenis ini memiliki kaki berbulu yang merata.

Ukuran tubuh dari burung walet jenis ini terglong cukup standar atau sedang, dengan panjang tubuh kurang lebih 12 centi meter.

Makanan burung walet jenis ini juga sama dengan makanan burung walet jenis lainnya yaitu serangga-serangga terbang kecil dan disambar ketika terbang.

Dari segi sarangnya, burung walet jenis ini lebih memilih temat bersarang di tebing-tebing gua kapur yang tinggi.

Jumlah telur yang dihasilkan leh burung walet jenis ini dalam sekali masa bertelur tidak banyak, dia bertelur hanya satu butir dalam sekali masa bertelur.

Warna telur yang dihasilkan sama dengan warna telur burung walet jenis lain, yaitu putih dengan bentuk lonjong memanjang.

Sedangkan untuk musim kawin burung walet jenis ini sama dengan masa kawin burung wale putih.

4. Burung Walet Gunung

Burung walet gunung memiliki warna bulu hitam pekat, namun warna bulu pada ekor berwarna abu-abu kehitaman.

Bentuk dari ekornya juga sama dengan bentuk ekor burung walet jenis lainnya, yaitu sedikit bercelah dan membentuk V.

Sedangkan kaki burung walet jenis ini hanya memiliki sedikit bulu, atau bahkan tidak berbulu sama sekali.

Suara lengkingan dan nyaring yang khas dimiliki semua jenis burung walet juga dimiliki oleh burung walet jenis ini.

Dari ukuran tubuhnya, burung walet jenis ini dikategorikan kedalam burung walet yang memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 14 centi meter.

Burung walet jenis ini lebih suka terbang bergerombol dengan kawanannya dengan kecepatan yang relatif tinggi di dekat tebing dan puncak gunung.

Burung walet jenis ini juga memakan mangsanya yang berupa serangga-serangga kecil dengan cara menyambar saat terbang.

Sarang burung walet jenis ini terdapat pada celah-celah batu gunung, dan biasanya dibuat pada bekas kawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *