Jenis Burung Masteran Untuk Kenari Yang Paling Cantik
Kenari

Jenis Burung Masteran Untuk Kenari Yang Paling Cantik

Jenis Burung Masteran Untuk Kenari – Burung kenari yang dikenal dengan nama latin serinus canarius merupakan burung yang berukuran kecil serta memiliki kicauan dengan variasi yang beragam.

Jenis dari burung burung kenari juga sangat beragam, jika dilihat dari asal perkembangbiakannya, burung kenari dibedakan menjadi burung kenari lokal dan burung kenari import.

Namun, jika dilihat dari variasi warna yang dimiliki oleh burung kenari, maka sangat banyak sekali jenis burung kenari yang bisa kita temukan.

Burung kenari merupakan burung yang sangat digemari oleh para kicau mania, baik dengan tujuan pemeliharaan sebagai burung kicauan yang diikutsertakan dalam perlombaan, maupun sebagai burung budidaya.

Burung kenari memang memiliki suara yang khas dengan karakter ngerol, variasi irama dan lagu yang bervariasi serta memiliki durasi yang panjang.

Dengan karakter burung kenari yang begitu menawan, tidak mengherankan jika burung tersebut menjadi primadona di kalangan kicau mania.

Untuk mencetak burung kenari dengan kualitas kicauan yang merdu, diperlukan pemasteran secara rutin dan dengan pilihan suara yang tepat.

Adapun berapa jenis suara burung masteran untuk kenari antara lain kicauan burung pleci, decu, jalak suren, sanger, blackthroat, gelatik batu, ciblek, dan masih banyak suara yang dapat digunakan sebagai masteran bagi burung kenari.

Pemasteran Burung Kenari

Proses pemasteran merupakan salah satu tahapan dalam perawatan burung kenari.

Proses pemasteran bagi burung merupakan sebuah inovasi yang dilakukan oleh kenari Mania di Indonesia.

Sedangkan untuk negara lain yang memiliki jenis burung kenari dengan kualitas kicauan yang lebih bagus mereka tidak mengenal proses pemasteran pada burung.

Seperti negara Itali, jerman, belgia, bahkan Inggris yang burung kenari dengan kualitas yang bagus sama sekali tidak mengenal istilah proses pemasteran pada burung.

Hal ini disebabkan oleh SDM Kicau mania di Indonesia yang memiliki jiwa seni tinggi dalam memelihara burung kicauan miliknya.

Sehingga dengan jiwa seni tinggi tersebut, memacu para kicau mania untuk berinovasi dan memikirkan cara mencetak kicauan burung kenari yang memiliki ciri khas suara dari burung lain.

Memaster burung kenari bukanlah suatu hal yang mudah, karena proses pelatihan ini harus dilewati secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak hanya sekedar menyediakan burung masteran atau suara audio, proses pemasteran juga harus memperhatikan pola perawatan yang baik.

Seperti memperhatikan pola pakan, proses penjemuran, makanan tambahan dan metode kandang.

Dalam mencetak burung kenari juara, selain melakukan proses pemasteran juga diperlukan pola perawatan yang ekstra agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jenis Burung Masteran Untuk Kenari

Terdapat banyak jenis burung masteran untuk kenari yang memiliki suara khas yang akan lebih bagus jika dinyanyikan atau di cover oleh burung kenari.

Namun, sebelum melakukan proses pemasteran harus diperhatikan terlebih dahulu bahan yang akan diolah, atau nyanyian yang akan di cover, serta Kita juga harus memperhatikan faktor umur dari burung kenari yang akan kita masteri.

Karena, burung kenari yang memiliki usia terlalu tua akan susah untuk menirukan suara dari burung lain, maka Pilihlah usia kenari yang lebih muda atau sejak dini dengan batasan usia 1 sampai dengan  bulan.

Peribahasa mengatakan, belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu, belajar di waktu tua bagai mengukir diatas air.

Peribahasa tersebut juga berlaku pada burung kenari, semakin dini burung kenari mendengarkan suara masteran maka semakin tajam pula daya ingatnya untuk menirukan suara masteran yang didengarnya.

Apabila burung kenari sudah dapat bernyanyi dengan rajin, sangat dianjurkan untuk tetap memperdengarkan suara masteran setiap harinya.

Karena, jika suara masteran belum terkunci, maka bisa jadi suara masteran akan hilang dan berganti dengan suara asli dari burung kenari tersebut.

Maka lakukanlah proses pemasteran secara konsisten sampai burung kenari berusia 7 bulan.

Karena pada usia tersebut burung kenari sudah mulai siap untuk dibawa ke lapangan.

Namun, jangan pernah berpikir untuk menyudahi proses pemasteran.

1. Burung Black Throat

Burung blackthroat memang telah lama dikenal sebagai burung masteran untuk burung kenari juara.

Adapun burung blackthroat yang baik dan tepat digunakan sebagai burung masteran untuk kenari adalah burung blackthroat yang memiliki suara kicauan ngerol.

Suara burung blackthroat yang mudah untuk ditirukan oleh burung kenari adalah yang memiliki nada miji-miji atau patah-patah dan tidak ngepir, sedangkan suara yang ngerol akan susah untuk ditirukan oleh burung kenari.

2. Suara Burung Sanger

Sebelum burung blackthroat menjadi trend sebagi masteran burung kenari, burung Herda Sanger terlebih dahulu dikenal oleh Kicaumania sebagai burung masteran.

Harga sanger merupakan burung yang berasal dari benua Afrika dengan ciri khas suara ngerol dan patah-patah nya.

Demikian, grup yang memiliki ukuran kecil ini sangat tepat untuk dijadikan jenis burung masteran untuk kenari.

Akan tetapi kita juga harus pandai memilih burung sanger yang berkualitas, jangan sampai kita memasteri burung kenari kesayangan kita dengan burung herda Sanger yang memiliki suara Nada “terrr…terrrrr”.

3. Suara Burung Jalak Suren

Sudah tidak asing lagi dengan yang namanya burung jalak suren, salah satu jenis dari variasi burung jalak ini, termasuk burung yang ideal untuk dijadikan master bagi burung kenari.

Burung jalak suren suara khasnya yang ngalas akan sangat mudah ditirukan oleh burung kenari kita.

Memiliki burung kenari dengan kualitas suara yang bermutu, tentu akan menjadi kebanggaan bagi kita.

Apalagi jika burung kenari yang kita rawat sejak dini mampu menjuarai sebuah ajang perlombaan burung kicau, tentu tidak hanya kepuasan saja yang akan kita dapat, tapi juga akan menaikkan harga jual dari burung kenari kita.

Proses pemasteran dapat melatih variasi kicauan pada burung kenari, tetapi proses tersebut juga harus dibarengi dengan ketelatenan, keuletan serta kesabaran, agar proses pemasteran yang kita lakukan dapat berhasil secara maksimal.

Demikian ulasan tentang proses burung masteran untuk kenari yang dapat kita bagikan kepada anda para Kicaumania semuanya.

Semoga bermanfaat, dapat menghasilkan burung kenari dengan kualitas kicauan juara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *