jenis burung lovebird
Lovebird

Macam-Macam Jenis Burung Lovebird Yang Cantik

Macam-Macam Jenis Burung Lovebird Yang Cantik. Burung Lovebird atau yang sering akrab dipanggil burung cinta memang salah satu jenis burung yang banyak penggemarnya. Mereka adalah burung salah satu spesies dari genus Agapornis.

Mereka termasuk burung dengan ukuran yang sangat kecil mereka erukuran diantara 15 – 17 cm dan dengan berat antara 40 gram sampai dengan 60 gram. Burung cinta ini atau akrab disebut lovebird memiliki usia hidup kira kira 10 sampai dengan 15 tahun.

Banyak keunikan dari burung cinta ini, dinamakan burung cinta karena burung ini memiliki kesetiaan pada pasangannya dan jika pasanganya mati lambat laut pasangan burung ini juga akan merasaka sakit dan bahkan tidak mau makan, sampai jatuh sakit dan akhirnya mati.

Tapi dengan berkembangya cara hidup yang terus dikembangkan oleh para pecinta burung mania ternyata lovebird dapat mengawini 2 indukan. Tidak jadi lambang kesetiaan lagi ya berarti? Nah karena kadang para pejual ada oknum yang nakal menjual indukan yang sama, jadiya lovebird tersebut tidak bisa bertelur.

Para oknum menjual indukan yang sama disini mempunyai maksud banyak oknum naka menjual burung lovebird misal yang betina dengan yang betina dan yang jantan dengan yang jantan hal ini memang sering terjadi.

Apalagi bagi pemula pecinta burung lovebird ini sangat susah membedakannya. Jika para penjual hanya melihat jika burung tersebut berprilaku seperti pasangan dan bahkan burung tersebut sudah seperti burung kawin, ini yang menjadikan lovebird susah untuk dikenali.

Karena burung lovebird jika jantan dengan jantan saja sama saja perilakunya seperti pasangan betina dan jantan.

Fakta lagi yang membuat anda para pemula pecinta lovebird harus super hati hati, karena burung lovebird indukan dengan indukan juga bisa bertelur, tetapi nanti pastitidak dapat menghasilkan anak.

Atau telurnya selalu gagal, hal ini karena memang tidak ada pembuahan pada telurnya. Tidak mudah bukan untuk membedakan mana jantan dan betina memnag diperlukan kejelian dan kehati hatian.

Para pecinta burung mania yang sudah lama menggeluti bahakan merak melakukan ternak burung cita ini mungkin sudah tidak asing dan mudah untuk membedakan tapi bagi pemula anda harus lebih jeli.

Banyak spesies dari burung cinta ini delapan diantaranya berasal dari Afrika dan satu diantaranya berasal dari Madagaskar.

Memang gampang gampang susah untuk melakukan ternak atau hanya sekedar memelihara burung lovebird ini butuh suatu ketelatenan dan kesabaran dengan tingkat tinggi. Anda juga wajib dapat membaca bagaimana mood burung ini.

Tapi banyak juga orang yang telah berhasil menjadi peternak burung cinta ini, bahkan mereka menjadikan ini profesi yang menguntungkan dan mengahsilkan banyak uang.

Beberapa Jenis Burung Lovebird

Banyak sekali memang macam dan jenis burung lovebird atau burung cinta ini ,bahkan beberapa diantaranya mencapai harga puncak termahal dari jenis lainnya. Karena di spesies lovebird ini ada kasta atau keturunan yang membedakan burung ini menjadi mahal.

Kasta disini mempunyai maksud biasnaya bnayak yang dijual sebagai jenis local ini yenag menjadikan burung cinta ini menpati harga yang standart tapi ada juga yang merupakan burung dari kwalitas import sehingga menepati urutan burung yang mahal dikalangan pecinta burung mania.

1. Lovebird Abisinia

Lovebird Abisinia
Lovebird Abisinia

Lovebird Abisinia atau biasa disebut burung lovebird sayap hitam ini merupakan lovebird. Love ini merupakan burung terbesar di spesiesnya karena mempunyai Panjang sekitar 16,5 cm.

Jenis love bird ini sangat mudah untuk dikenali, jika lovebird jantan biasanya ditandai dengan dahinya yang berwarna bulu merah sedangkan lovebird betina semua kepalnya berwarna hijau bulunya.

Burung lovebird ini mempunyai corak hamper semua bulunya berwarna hijau hanya pada sapa ada garis hitam dan pembeda natar jantan dan betina di bulu dahi saja.

Lovebird abisinia ini mempunyai nama latin Agapornis Taranta ini tergolong jenis lovebird yang mahal harganya. Burung lovebird jenis ini bnyak ditemukan di Eritrea dan habitatnya di sebelah barat daya Ethiopia.

2. Lovebird Albino

Lovebird Albino
Lovebird Albino

Lovebird Albino, albino sendiri mempuanyai arti bawa burung ini berwarna putih polos tanpa ada corak atau wrna lain di bulunya. Burung lovebird jenis ini juga mempunyai harga yang lumayan mahal tapi tidak terlalu mahal juga masi dalam batas noramal yaitu dikisaran harag Rp. 700.000.

Tetapi memang burung lovebird albino ini sangat jarang ditemukan di Indonesia. Memang sekarang sudah banyak ditemukan, tetapi tidak semua pecinta burung memilikinya. Mereka banyak mengejar burung lovebird dengan jenis yang lebih tinggi harganya dipasaran.

3. Lovebird Australian Cinnamon

Lovebird Australian Cinnamon
Lovebird Australian Cinnamon

Lovebird jenis Australian cinnamon adalah jenis lovebird yang banyak dicari juga bagi kolektor burung. Kenapa banyak dicari karena warna bulu dari burung lovebird jenis ini lebih kalem dan lebih soft.

Hampir warnaya seperti jenis lovebird pastel tetapi lovebird Australian cinnamon ini lebih soft warnanya. Lovebird ini mempunyai warna bulu yang lebih bersih dari jenis lainya, sehingga corak dari bulunya jika dari jauh tidak begitu kelihatan.

4. Lovebird Batman

Lovebird Batman
Lovebird Batman

Lovebird Batman ini adalah jenis burung lovebird yang masuk kategori mahal, dengan corak bulunya yang hitam legam dan ada perpaduan corak di bagian mata berwaran putih menjadikan burung ini terlihat sangat cantik.

Jika masih kecil jenis burung ini belum begitu kelihatan karena dibagian sayap masih ada bulu abu-abu, tetapi jika sudah dewasa burung ini memang mirip seperti batman, sehingga orang orang menyebutnya lovebird batman.

5. Lovebird Berkerah Hitam

Lovebird Berkerah Hitam
Lovebird Berkerah Hitam

Lovebird berkerah hitam atau juga dikenal dengan nama lovebird swindern, burung merupakan burung nuri afrika yang berukuran kecil dengan panjang antara 13,5 cm. Burung nuri jenis ini biasa dikenal mempunyai pita hitam di belakang lehernya.

Biasanya, burung ini mempunyai warna dasar hijau dengan sedikit bulu yang lebih pucat pada bagian kepala dan bagian bawah perutnya. Tetapi kebanyakan orang menyebut lovebird kerah hitam karena ada guratan bulu berwarna hitam dibagian lehernya, Ini yang memudahkan orang untuk menyebut burung jenis ini dengan sebutan burung lovebird berkerah hitam.

6. Lovebird Biola

Lovebird Biola
Lovebird Biola

Lovebird biola sendiri memiliki beberapa macam dan jenisnya, golongan burung lovebird ini bisa dikatakan jenis burung berdarah biru di spesiesnya. Tetapi tidak semua jenis burung cinta dengan jenis biola ini berharga mahal.

Memiliki warna dasar yang berwarna hijau muda dan agak kekuningan ini merupakan ciri dasar yang mudah dikenali untuk jenis burung lovebird biola. Ada beberapa jenis burung biola dikelompokan berdasarkan warnanya simak ulasanya berikt ini.

a. Lovebird Biola Green

Lovebird dengan jenis biola Green merupakan jenis lovebird yang umum ditemukan mempunyai ciri warna bulu yang didominasi dengan warna hijau.

Dan diujung bulu memiliki motif seperti batik dan dibagian kepala mempunyai warna yang lebih cerah yang sering kita jumpai berwarna orange. Ini merupakan ciri umum yang akan anda temukan untuk jeis lovebird Biola Green.

Untuk jenis lovebird Biola Green ini juga dibandrol dengan harga dipasaran engan kisaran Rp. 10 sampai dengan Rp. 15 juta rupiah.

b. Lovebird Biola Biru

Untuk jenis burung lovebird Biola Biru atau biasnaya rang menyebut jenis ini dengan sebutan lovebird Blue opaline.

Dengan warna dasar memiliki bulu warna biru dan warna dikepala berwarna putih dengan bentuk kepala menyerupai kepala elang atau bagi pecinta burung mania menyebutnya sable head. Jadi memang kalo dilihat lebih teliti jenis lovebird ini seperti burung elang.

Jika lovebird dengan jenis biola Green dipatok harga Rp. 10 sampai dengan Rp. 15 juta, berbeda dengan lovebird jenis Biola Biru ini bisa sampai dipatok dengan harga Rp. 40 juta. Sungguh fantastis bukan? Iya memang jenis burung biola blue ini temasuk jenis yang mahal di spesiesnya.

c. Lovebird Biola Parblue

Lovebird Biola Parblue termasuk jenis yang langak jika anda mencari jenis burung ini diindonesia meskipun sekarang juga ada bebrapa para peternak burung ini yang sudah berhasil mngembangbiakkan jenis ini.

d. Lovebird Biola Euwing

Lovebird jenis ini merupakan jenis burung lovebird yang mudah dikenali, selain dari jenis bulunya, burung lovebird biola euwing juga memiliki ciri dasar yaitu jika kita melihat dari belakang dibagian punggung jenis burung ini akan membentuk huruf V. Maka dari itu jenis burung ini disebut dengan lovebird biola euwing.

Lovebird jenis Biola euwing ini merupakan hasil persilangan dari lovebird Biola dengan lovebird euwing, sehingga menghasilkan jenis Lovebird Biola euwing.

Untuk kisaran harga jenis burung cinta ini berkisar antara Rp.13 sampai dengan Rp. 17 juta rupiah setiap ekornya.

Sungguh fantastis bukan? Tetapi harga bagi pecinta burung tidak akan menjadi masalah. Karena biasanya orang akan sering melakukan segala hal demi kesenangan hobi.

e. Lovebird Biola Lutino

Jenis burung lovebird biola lutino ini memiliki dasar warna bulu kuning yang segar atau bersih, bulu kuning ini mulai dari leher sampai kebawah atau ekor. Sedangkan dari leher sampi kepala mempunya warna orange agak kemerahan yang menyala.

f. Lovebird Biola Merah

Untuk lovebird biola merah ini masi sangat jarang ditemukan, dengan kekhasan warnanya yang merah menyala. Tidak banyak memnag yang mngetahui secara spesifikasia tentang burung lovebird jenis ini, karena saking langkanya dan jarang sekali yang punya.

g. Lovebird Biola Fallow

Jika bagi pecinta burung pemula sekilas jenis burung lovebird biola Fallow ini mirip dengan jenis lovebird lutino namun secara spesifik masih dapat dibedakan.

Untuk jenis burung lovebird biola fallow ini mempunyai warna merah atau orange yang sampai ke bagian dada, sedangkan bulu dasarnya dibagian punggung yang berwarna kuning masih memiliki semburat campuran warna hijau jadi tidak hanya berwarna kuning saja.

h. Lovebird Biola Fischeri

Untuk jenis lovebird biola fischeri ini disebut juga jenis lovebird biola green. Dengan memiliki warna dasar hijau dan standar dan dibagian atasnya memiliki bulu warna merah atau orange. Warna orange atau merah yang ada pada kepala juga terlihat sangat jelas dan bentuk kepala berbentuk kepala elang atau sable head.

7. Lovebird Biru Cobalt

Lovebird Biru Cobalt
Lovebird Biru Cobalt

Jenis burung lovebird biru cobalt ini merupakan jenis burung lovebird yang mempunyai jenis bulu yang berwarna biru pudar atau kusam. Di bagian kepala, warna burung ini juga berwarna keabuan atau berwarna hitam pekat.

Jenis burung lovebird ini juga disebut dengan lovebird kobal, dan bulu di bagian kaki berwarna kebiruan.

8. Lovebird Biru Mangsi

Lovebird Biru Mangsi
Lovebird Biru Mangsi

Sedangkan untuk jenis burung lovebird biru mangsi ini memiliki warna bulu yang berwarna biru biasa tidak terlalu terang dan dan kusam.

Untuk bagian sayap burung cinta jenis ini berwarna biru seperti tinta agak pekat, sedangkan warna bulu dada berwarna putih. Di bagaian perut bawah bulunya berwarna  biru seperti warna biru awan.

9. Lovebird Blorok

Lovebird Blorok
Lovebird Blorok

Untuk jenis lovebird ini sangat menarik bagi Anda yang pemula sebagai pecinta burung mania biasanya agak susah mengenali, karena tidak selalu didominasi warna tertentu pada bagian bulunya ini yang kadang menyulitkan bagi para pemula untuk menetukan jenis dari burung lovebird blorok.

Bagi para peternak burung yang ingin menghasilkan burung lovebird ini biasanya menyilangkan jenis yang tidak sama atau saling berlaianan agar menghasilkan anakan yang campuran.

Kisaran harga untuk jenis lovebird blorok ini sekitar Rp. 1 sampai dengan Rp. 2 juta, masih cukup terjangkau bagi pecinta burung mania.

10. Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan
Lovebird Dakocan

Jenis burung lovebird dakocan ini masih satu jenis dengan lovebird dakori tetapi tetap ada perbedaan yang mendasar dari jenis love bird ini. Ada beberapa yang mendasar yang membedakan lovebird ini.

Lovebird dakocan warna bulunya mempunyai atau lebih di dominan dengan warna hijau atau biru, dan bagian bulu kepala berwarna hitam, jika dilihat lebih dekat anda akan merasa jika lovebird ini seperti memakai topeng. Dan dibagian bulu pada ekor lovebird dakocan memiliki warna hitam.

11. Lovebird Dakori

Lovebird Dakori
Lovebird Dakori

Love bird jenins ini seperti ulsan diatas sangat mirip dengan lpvebird jenis dakori. Tetapi ada beberapa bagian yang bisa membedakannya. Pada kepala warna bulu burung dakori ini lebih pekat warna hitamnya.

Pada bagian bulu yang ada pada dadanya berwarna hijau ini yang dapat mebedakan yang mendasar. Dan warna ekornya jika di jenis lovebird dakocan warna hitam pada ekornya lebih agak pudar bereda dengan jenis lovebird Dakori ini warna bulu hitamnya lebih pekat.

Untuk harga juga jenis lovebird dakori ini memang lebih mahal dari jenis burung lovebird dakocan, dengan dibandrol harga sekitar mulai dari Rp. 800.000 ini jelas harganya dua kali lipat dari harga burung jenis lovebird dakocan.

12. Lovebird Euwing

Lovebird Euwing
Lovebird Euwing

Lovebird Euwing dalam spesies jenis burung lovebird juga dapat dikatakan burung dengan darah biru ini karena jenis ini mempunyai nilai atau harga yang cukup tinggi di antara sejenisnya.

Banyak jenis burung lovebird Euwing ini yang menjadi primadona tau terkenal dengan burung jenis yang lumayan mahal. Lovebird euwing sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya lovebird euwing green, lovebird euwing fischeri, lovebird pied euwing, lovebird euwing dark blue atau vio fischeri.

Kesemuanya ini adalah turunan dari lovebird euwing. Untuk harga ipasaran lovebird jenis ini diusia 3 bulan dipatok dengan harga antara kisaran 2,5 Juta rupah sampai yang termahal 5,5 juta rupiah.

13. Lovebird Fischer

Lovebird Fischer
Lovebird Fischer

Jenis burung lovebird ini dikatakan bahawa merupakan turunan dari lovebird Nyasa. Secara umum ciri ciri fisik burung ini sangat mudah dikenali yaitu memiliki Panjang sekitar 14 cm, memiliki warna bulu di punggung dan di dada berwarna hijau, sedangkan bulu dibagian leher berwarna kuning keemasan.

Dan yang pasti dibagian mata mempunyai warna bulu melingkar putih kalep. Dibagian atas kepalanya bulunya berwarna hijau zaitun.

14. Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider
Lovebird Halfsider

Jenis lovebird Halfsider ini merupakan jenis burung lovebird yang bisa dikatan jenis langka karena warna bulunya yang seperti terbelah menjadi dua warna.

Uniknya lagi terbelahnya wrna ini bukan dari atas dan bawah tetapi terbelah dari atas menyamping kanan dan kiri yang memiliki warna beda.

Dengan keunikan warna bulunya ini menjadikan lovebird  jenis Halfsider memiliki harga dipasaran yang cukup mahal yakni di kisaran harga Rp. 15 Jutaan, sungguh fantastis bukan?

Tapi ini semua akan sesuai dengan kecantikan yang akan anda daptkan dengan kecantikan dan keunikan bulunya.

15. Lovebird Import Holland dan Taiwan

Lovebird Import Holland dan Taiwan
Lovebird Import Holland dan Taiwan

Jenis burung lovebird Holland dan Taiwan ini merupakan jenis lovebird import yang memiliki harga lumayan mahal. Dibandingkan dengan harga burung lovebird local memang jenisa lovebird import masih memegang harga tertinggi.

Jenis lovebird import Holland ini dapat dikenali ciri ciri fisiknya yaitu dari perbadaan ukuran yang lebih besar dari pada local dan menjadikan burung cinta ini terlihat lebih gagah.

Warna lovebird Holland import ini juga terlihat lebih bagus dan mengkilat bulu-bulunya. Untuk warna bulunya masih tetap sama dengan didominasi warna hijau.

Hal ini tidak berbeda dengan lovebird Taiwan yang mana memiliki struktur badan burung lebih bonsor dari pada jenis lokal. Ini yang menjadikan jenis burung lovebird import lebih kelihatan gagah karena memang postur tubuhnya yang besar.

16. Lovebird Lutino

Lovebird Lutino
Lovebird Lutino

Lovebird jenis Lutino ini merupakan jenis burung lovebird yang sanagat mudah untuk anda kenali. Hal ini karena bulu pada hapir semua permukaan tubuhnya memiliki warna kuning atau warna oren.

Pada jenis burung ini juga terbagi menjadi dua jenis lagi yaitu lovebird lutino mata merah dan mata hitam. Sebenarnya jenis ini sama hanya yang membedakan warna mata saja pada burung tersebut.

17. Lovebird Madagaskar

Lovebird Madagaskar
Lovebird Madagaskar

Lovebird madagaskar atau burung dengan warna bulu di kepala abu – abu, jenis lovebird memang bisa dibilang sangat langka. Karena selain susah untuk dtangkarkan burung ini memiliki sifat sensitive terhadap perubahan musim dan lingkungan.

Inilah yang menjadia burung ini langka dan sangat sulit untuk dapat mngembangbiakkan. Untuk jenis burung lovebird madagaskar ada yang jenis import hal ini juga berpengaruh pada harga dan kualitas juga akan berpengaruh.

18. Lovebird Merah

Lovebird Merah
Lovebird Merah

Lovebird merah ini merupakan jenis burung cinta yang mempunyai bulu skujur tubuhnya berwarna merah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa munculnya burung lovebird warna merah ini.

Ada yang karena modifikasi saat persilanagan ada juga yang karena disfungsi hati, sehingga memunculkan warna bintik-bintik merah. Tetapi juga karena makanan yang dikonsusmsi sehingga warna burung ini menjadi merah. Perlu mempelajari hal yang mendalam tentang kebiasaan dan perilaku burung ini.

19. Lovebird Misty

Lovebird Misty
Lovebird Misty

Lovebird jenis Misty ini sebenarnya hampir sama dengan lovebird jenis albino, tetapi jika dilihat lebih jelas jenis lovebird ini memiliki warna yang sedikit mengarah ke warna cream jadi tidak hanya warna putih saja.

Dengan warna yang soft ini yang menjadikan Lovebird misty mempunyai penggemar setianya. Bagi yang suka jenis burung yang berwarna kalem atau lebih soft di bulunya lovebird ini cocok untuk dijadikan koleksi Anda.

20. Lovebird Kerah Hitam

Jenis burung lovebird ini memiliki ciri ukuran tubuhnya yang lebih kecil yaitu 13,5 cm saja. Jenis lovebird kerah hitam digolongkan dalam ras swindern yang mana tubuh mereka didominasi dengan warna hijau dan dibagian lehernya berwarna coklat.

21. Lovebird Muka Merah

Jenis burung lovebird ini merupakan jenis dari Agapornis Pullarius, jenis lovebird ini juga mencapai 15 cm saja.

Masih tetap sama jenis lovebird ini memiliki warna dominasi bulu hijau dan memiliki warna muka yang merah diantara warna dominan hijau ini yang menjadikan brung ini sangat unik.

Jenis burung lovebird ini di Indonesia masih sangat kurang atau jarang peminatnya. Inilah mengapa populasi jenis burung ini agak berkurang di indonesia

22. Lovebird Muka Pastel Biru

Lovebird Muka Pastel Biru
Lovebird Muka Pastel Biru

Jenis burung lovebird ini merupakan turunan dari jenis pastel yang didominan warna soft, dan memiliki warna biru pada bulu wajahnya, tetapi warna biru ini tidak begitu pekat atau memudar. Inilah yang menjadikan jenis burung lovebird ini dinamakan muka pastel biru

23. Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka Salem
Lovebird Muka Salem

Jenis burung lovebird ini mempunyai nama latin Agapornis Roseicollis, untuk tipe jenis burung cinta ini memiliki Panjang 17 sampai dengan 18 cm lumayan Panjang untuk ukuran burung jenis lovebird ini.

Memiliki warna dasar hijau dengan  perpaduan warna merah muda pada wajah dan mempunyai paruh yang berwarna seprti gading.

24. Lovebird Nyasa

Lovebird Nyasa
Lovebird Nyasa

Jenis lovebird ini sama dengan yang lainya berasal dari habitatnya di afrika  atau lebih tepatnya dari negara Zambia, Malawi, Juga Zimababwe.

Burung ini memiliki ukuran yang sanagat kecil yaitu antara 13 cm saja untuk ukuran tubuhnya. Burung ini juga memiliki ciri dibagian sayapnya memiliki warna hijau pekat dibagian kanan dan kiri sayapnya.

25. Lovebird Olive

Lovebird Olive
Lovebird Olive

Jenis burung lovebird olive ini merupakan salah satu yang sanagat popular di Indonesia dan sangat diminati oleh beberpa pecinta burung mania, selain suaranya yang gacor dan cukup nyaring burung ini juga memiliki keindahan pada bulunya.

Ciri umum yang dapat dilihat dari burung lovebird Olive ini adalah warna paruhnya yang berwarna merah tua dan ini memberikan kesan unik dan lucu.

26. Lovebird Pale Fallow

Lovebird Pale Fallow
Lovebird Pale Fallow

Burung Lovebird jenis ini ada yang menyebut jika burung ini merupakan hasil mutase dari lovebird ciri umum pada jenis burung ini adalah mempunyai mata yang merah.

Memiliki tingkat sensitive terhadap sinar matahari juga merupakan ciri khasnya karena adanya mutasi dari ras aslinya sehingga bulu dari burung ini juga unik.

27. Lovebird Parblue

Lovebird Parblue
Lovebird Parblue

Lovebird jenis ini merupakan jenis burung yang mempunyai singakatan, dikatakan parblue merupakan kependekan dari partial blue.

Memang burung cnta ini di domianan warna biru pada bulunya, namun tidak semaunya berwarna biru, pada bagian wajah burung ini tidak selalu berwarna kuning ada juga yang berwarna hitam hal ini juga tergantung indukan dari burung tersebut.

28. Lovebird Pastel

Lovebird Pastel
Lovebird Pastel

Jenis burung lovebird pastel merupakan jenis burung yang memunyai warna hamper mirip jenis lutino. Warna bulunya yang soft atau lebih kale mini yang menjdaikan burung ini mirip dengan jenis lutino.

29. Lovebird Pipi Hitam

Lovebird Pipi Hitam
Lovebird Pipi Hitam

Love bird jenis ini merupakan burung dengan sebagain besar warna disekitas kepala atas dan pipinya hitam, maka dinamakan lovebirdjenis pipi hitam.

Dengan bebrpaa ciri memiliki lingkar bulu disekitar mata yang berwara putih menjadikan burung ini terlihat sangat cantik.

Dengan dikombinasikan warna kombinasi disekitar leher berwarna kuning dan hijau ini merupakan perpaduan warna yang sangat unik.

30. Lovebird Slaty

Lovebird Slaty
Lovebird Slaty

Jenis burung lovebird slaty ini lebih mirip jenis burung cobalt tetapi untuk jenis slaty ini warna bulunya agak sedikit pudar.

Pada jenis lovebird Slaty ini terbagi menjadi dua yaitu slaty fischery dan slaty perso. Ini dikarenakan adanya perkawinan silang diantara jenis tersebut.

31. Lovebird Topeng

Lovebird Topeng
Lovebird Topeng

Nama latin dari burung ini adalah Agapornis personata memiliki warna ulu disekitar wajah yang hitam dan seprti memiliki kaca mata didaerah matanya warna bulunya berwarna putih, dengan Panjang antara 14 sampai dengan 15 cm burung ini juga memiliki banyak varian karena mutasi genetik.

32. Lovebird Violet

Lovebird Violet
Lovebird Violet

Jenis burung ini merupakan lovebird yang bulunya dapat dikatakan tidak normal karena biasanya berwarna biru ini mengubahnya menjadi warna violet. Dapat dikatakan juga jika burung ini mengalami mutasi genetik pada jenis dan warna bulunya.

Hal ini sangat mudah untuk diketahui ciri cirinya karena bulunya yang berwarna ungu atau akrab disebut dengan Violet.

Dengan adanya beberapa referensi jenis burung lovebird diatas sudah pasti bagi kalian pecinta burung mania, semakin ingin mengoleksi berbagai jenis burung lovebird tersebut.

Banyak bukan jenis maupunturunan dari ras aslinya, anda tentu sudah memiliki koleksi berdasarkan selera anda, tetapi tidak ada salahnya jika anda melihat bebrapa referensi jenis lain, siapa tahu anda akan tertatrik untuk mngoleksi jenis lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *