Jalak Pito Jantan
Jalak

Jalak Pito Jantan

Jalak pito jantan dan betina harganya sangat mahal untuk saat ini. Jalak pito alias jalak putih merupakan kategori burung yang mewah. Harganya mahal dikarenakan dua hal. Yaitu karena sudah sangat langka. Dan yang kedua karena sangat sulit untuk didapatkan.

Jenis jalak pito jantan dan betina, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya. Secara fisik keduanya sangat tampak elegan jika dipandang mata. Dua warna putih dan hitam di bulunya sangat serasi dalam menghiasi tubuhnya. Warna putih mendominasi tubuhnya. Sedangkan warna hitam sebagai pelengkap di bagian sayap dan ekornya.

Harga Jalak Pito Jantan Mahal

Sebagai kicaumania, memelihara burung jalak jantan dan betina ini sangat cocok sekali. Alasannya karena beberapa hal, sebagai berikut:

  • Bentuk fisiknya yang sangat menarik, menjadikannya sangat cocok sebagai burung hias juga.
  • Tak ada bedanya dengan burung kicauan yang lain, burung ini pun memiliki karakteristik yang sama.
  • Volume suaranya sangat keras sekali.
  • Sangat cerewet.
  • Suka menirukan suara yang didengarkannya, termasuk suara burung yang lain.

Ciri dan Perbedaan Jalak Pito Jantan serta Betina

Mengetahui perbedaan jalak pito jantan dan betina memang agak rumit dan sulit. Hal ini dikarenakan bentuk postur tubuh dan warna bulu keduanya hampir sama persis. Meskipun demikian, tentu ada beberapa cara untuk mengetahui perbedaan keduanya.

1. Warna Anus Jalak Pito Jantan dan Betina

Hal yang membedakan antara jalak jantan dan betina ada di bagian anusnya. Warna anus jalak puth jantan adalah hitam. Untuk burung pito anakan, warna hitam anusnya masih terlihat kurang jelas. Oleh karena itu, warna ini bisa diketahui ketika ia sudah berusia dewasa.

Adapun warna anus jalak pito betina adalah kemerah-merahan.

2. Suara Jalak Pito Jantan dan Betina

Suara burung jalak pito jantan lebih cerewet jika dibandingkan dengan suara jalak pito betina. Dі antara ciri khas jаlаk рutіh jаntаn yaitu jіkа Anda mеmеgаngnуа, іа аkаn mеngеluаrkаn ѕuаrа “kеk”. Ya tentu, untuk mengetesnya, Anda bisa secara langsung memegangnya. Dan yang harus diperhatikan, harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Jika tidak, Anda hanya akan semakin menambah ketakukan si burung tersebut.

Untuk jalak pito betina jika dipegang akan berbunyi “klik”. Memang kelihatanya mudah jika ditulis. Tapi pada prakteknya Anda harus memperhatikannya dengan benar, seksama, dan jeli. Dan lakukanlah hal ini dengan menghindari tempat yang bising, artinya harus di tempat yang tenang.

3. Bentuk Tubuh Jalak Pito Jantan dan Betina

Untuk mengetahui perbedaan jalak pito atau putih yang jantan dan betina sudah bisa dimulai sejak ia anakan. Ketika umurnya sekitar 1 sampai dengan 3 bulan. Jalak putih jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan jalak putih betina. Ini disebabkan karena pertumbuhan jalak pito jantan lebih cepat jika dibandingkan yang betina.

4. Bentuk Kepala Jalak Pito Jantan dan Betina

Perhatikanlah ukuran bentuk kepada burung ini. Jika Anda jeli, akan terlihat dengan jelas bahwa ukuran badan dan kepala jalak pito jantan lebih besar. Sedangkan ukuran kepada dan badan betina sedikit lebih kecil. Ciri khas ini akan sangat mudah dikenali jika Anda membelinya dengan cara ombyokan (pasrtai besar atau banya). Maka hal itu akan kelihatan perbedaannya.

5. Mata Jalak Pito Jantan dan Betina

Jika Anda jeli, maka akan melihat mata jalak pito jantan warnanya lebih pekat kuningnya. Adapun jalak pito betina mempunyai warna kuning di sekitar matanya yang agak pudar.

6. Cara Berdiri Burung

Jalak pito jantan yang memiliki badan yang besar, maka ketika ia berdiri akan nampak postur tubuhnya yang tegak dan panjang. Sedangkan jalak pito betina agak sedikit berbeda. Ia tidak terlalu tegak dan tubuhnya pendek.

Selebihnya, silahkan Anda baca di perbedaan ciri burung jalak putih jantan dan betina.

Habitat Burung Jalak Pito

Habitat burung jalak pito jantan dan betina adalah hutan primer dan skunder. Burung ini senang sisi tepian hutan. Ia juga suka di daerah dataran rendah dan perbukitan yang di kelilingi pepohonan. Walaupun burung ini termasuk satwa endemik Bali dan Pulau Jawa, tetapi jalak putih ini juga dapat ditemukan di wilayah Sumatera, Lombok, Kalimantan dan Madura.

Pada awalnya, jalak pito jantan dan betina ini sering kelihatan berkeliaran di area persawahan untuk mendapatkan makanan. Namun, sekarang ini ia hanya bisa ditemukan di daerah hutan pedalaman, rawa, hutаn dаtаrаn rendah уаng jаuh dari pemukiman реnduduk.

Biasanya jalak pito ini hidup dengan berkelompok. Mereka memiliki jumlah kelompok yang terdiri antara 4 hingga 5 ekor. Untuk menemukan sarang burung ini sangat sulit. Hal ini dikarenakan burung ini selalu membuat sarang dalam lubang-lubang pohon yang sangat tinggi. Oleh karena itu, sarang burung jalak putih jantan dan betina ini sangat sulit untuk ditemukan.

Populasi Jalak Pito Jantan dan Betina Mulai Langka

Saat ini populasi jalak pito atau jalak putih sudah sangat langka. Hingga saat ini populasinya semakin berkurang secara terus menerus dan menurun. Oleh karena itu, pemerintah telah mengkategorikan burung ini dalam jenis burung yang harus dilindungi oleh undang-undang.

Walaupun ia termasuk dalam daftar kategori satwa yang dilindungi, namun, permintaan terhadap jalak pito ini di masyarakat cukup tinggi sekali. Padahal jika di lihat dari sisi harganya sudah terbilang sangat fantastis.

Mungkin inilah yang dimanfaatkan oleh oknum kicaumania yang nakal untuk melakukan penipuan. Di antaranya adalah dengan menyemir jalak dari jenis lain dengan warna yang sama, yakni putih dan hitam di ekornya. Maka, bagi kita yang hendak membeli burung ini, baik yang jantan maupun betina, hendaknya berhati-hati.

Demikian sekelumit informasi tentan jalak pito jantan dan betina. Selengkapny untuk informasi tentang burung yang lain, bisa Anda baca di artikel bahashewan lainnya.

Mudah-muhdan bermanfaat. Terimakasih!

Video Jalak Pito Jantan Trotol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *