Rahasia Jenis Dan Gambar Burung Kacer Paling Lengkap
Kacer

Jenis Dan Gambar Burung Kacer Paling Lengkap

Jenis dan gambar burung kacer paling lengkap – Burung kacer merupakan jenis burung kicauan yang mulai dilirik oleh para pecinta burung kicau di Indonesia.

Burung kacer yang juga dikenal dengan sebutan Magpie Robin ini, sedang menjadi topic pembahasan, baik oleh para penjual, penghobi bahkan para pembudidaya.

Burung kacer yang merupakan burung dari famili muscicapidae atau burung pemakan cacing ini, juga sering dibuat sebagai Icon dalam ajang perlombaan burung kicau, trutama pada setiap arena di berbagai kota di Indonesia.

Meskipun banyak orang yang menilai setiap jenis burung kacer memiliki karakter serta harga yang berbeda-beda, tapi pada dasarnya burung kacer memiliki sifat alami yang sama.

Jenis burung kacer yang terdapat di Indonesia memang beragam, seperti burung kacer poci, burung kacer lokal, burung kacer blorok, burung kacer Madagaskar dan jenis dan gambar burung kacer lainnya yang memiliki harga serta karakter berbeda-beda.

Bicara perbedaan pendapat tentang burung kacer di kalangan kicau mania, yang beranggapan jika karakter suara serta harga burung kacer berbeda-beda memang benat adanya.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa dari sisi tingkah laku, semua jenis burung kacer memiliki karakter unik yang sama, yaitu yang sering disebut dengan istilah Mbagong.

Pada umumnya, karakter serta tingkah laku burung kacer tergantung pada pola perawatan serta setelan harian yang diberikan oleh pemeliharanya.

Baik perawatan dalam kebersihan, pemberian makanan, penjemuran, serta pemasteran.

Apabila pola perawatan tersebut dilakukan dengan baik, maka akan menghasilkan burung kacer dengan kicauan dan karakter yang baik juga.

Maka dari itu, pola perawatan yang tepat dapat membentuk mental serta karakter suara yang menjadikan burung kacer menjadi burung kicauan andalan.

sehingga, apapun jenis dari burung kacer tidak begitu menjadi permasalahan jika ditangani oleh pelatih yang profesional.

Ciri Burung Kacer

Ciri Burung Kacer
Gambar Burung Kacer

Sifat yang menjadi ciri khas dari burung kacer adalah mbagong, gerakan yang dimiliki oleh setiap jenis burung kacer.

Mbagong sendiri merupakan sebuah gerakan yang ditampilkan oleh burung kacer dengan memperbesarkan bagian dada pada saat merasa terancam atau pada waktu mentalnya telah melemah dan kalah dalam acara perlombaan.

Meskipun sikap mbagong yang ditunjukkan oleh burung kacer tersebut merupakan gambaran waktu dia sedang kalah atau dalam kondisi lemah.

Akan tetapi paling tidak gayanya tersebut tidak dimiliki oleh burung jenis lainnya selain burung kacer.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa daya tarik burung kacer hanya terletak pada diri kicauannya yang kristal atau gacor saja, tetapi juga terletak pada gerakannya yang menghibur.

Tidak sedikit dari penggemar burung kicau yang ke rumah terdekat gerakan mbagong dari burung kacer tampak begitu lucu, menjadi daya tarik tersendiri untuk burung kacer.

Jenis burung kacer yang terdapat di setiap daerah di Indonesia, dibagi menjadi beberapa ras atau sub-spesies.

Di kalangan para Kicaumania, burung kacer dibedakan dari warna bulu yang dimilikinya, seperti burung kacer poci ataupun burung kacer sekoci.

Burung kacer jenis ini terkadang disebut dengan kacer dada putih, ada pula yang menyebutnya burung kacer Sumatera.

Berbagai macam nama yang disematkan kepada burung kacer memang tidak ada salahnya.

Yang harus diketahui oleh kicau mania adalah bahwa di Indonesia terdapat 8 sub-spesies burung kacer.

Persebaran burung kacer yang paling banyak terdapat di pulau Bali, pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Jawa.

Penampilan burung kacer memang terlihat gagah serta menarik, apa lagi dihiasi dengan gradasi warna yang jelas yang menambah keanggunannya.

Burung kacer populer karena memiliki karakter suara yang unik, merdu serta terdengar keras dan lantang.

Untuk merawat burung kicauan jenis satu ini, diperlukan ketelatenan serta kesabaran ekstra.

Maka dari itu, perawatan dengan kualitas terbaik harus selalu tersedia untuk burung kacer.

Karena pola perawatan akan menentukan tingkat keberhasilan atau kegagalan dalam memelihara burung satu ini.

Jenis dan Gambar Burung Kacer

Jenis dan Gambar Burung Kacer
Gambar Burung Kacer

Indonesia sendiri, ada dua jenis burung kacer yang terkenal dan sering dicari di pasaran dan mudah untuk ditemukan kakak, antara lain kacer poci serta burung kacer Jawa.

Meskipupun, sebenarnya masih banyak jenis burung pleci yang berkualitas dan lebih bagus daripada kedua jenis tersebut, misalnya saja seperti burung kacer blorok dan burung kacer Madagaskar.

Adapun penjelasan jenis dan gambar burung kacer dari masing-masing jenisnya dapat anda smak penjelasannya dengan saksama.

1. Kacer Poci

Kacer Poci
Gambar Burung Kacer

Jenis dan gambar burung Kacer poci di atas atau yang sering disebut burung kacer sekoci ini merupakan salah satu burung kicau yang berasal dari famili muscicapidae.

Kacer poci merupakan penyanyi yang handal dan sangat menarik, dia terkenal sebagai burung petarung yang memiliki suara ngerol dan gacor.

Burung kacer poci juga sering berikut serta dalam ajang perlombaan serta kontes latber.

burung yang memiliki warna putih bagian dada ini, dianggap memiliki suara kristal. Mungkin, hal ini juga yang mempengaruhi harganya di pasaran.

Burung kacer poci dapat ditemu wilayah negara Thailand bagian Selatan, semenanjung Malaysia, sampai dengan kepulauan Indonesia.

Jumlah burung kacer poci di Indnesia sangatlah banyak, kita dapat menjumpai burung ini di berbagai pulau, seperti Nias, Sumatera, Kalimantan, Belitung dan di pulau Jawa.

Di masing-masing daerah, burung kacer poci memiliki sebutannya sendiri, seperti burung kacer pariangan untuk sebutan daerah Jawa Barat, kacer bulan untuk daerah kalimantan dan sekitarnya.

Ciri Kacer Poci

Ciri fisik dari burung kacer poci yang dapat dikenali adalah warna hitam mengkilap yang mendominasi dada, kepala, serta bagian punggung sampai bagian ekornya.

Ciri fisik kacer poci, sangat mudah untuk dikenali. Selain warna hitam di bagian yang sudah disebutkan tadi, terdapat warna putih yang berada pada bagian bawah ekor.

Warna paruh dari burung kacer poci juga memiliki warna hitam pekat.

Kemudian, untuk ukuran dari ekor burung kacer poci sendiri memiliki ukuran yang cukup panjang serta melebar pada bagian ujungnya.

Bukan hanya itu, sesuatu yang telah menjadi ciri khas dari burung kacer poci adalah tingkah lakunya ketika sedang berkicau.

Gerakan burung kacer poci saat mendendangkan kicauannya, dia akan mengangkat ekornya tinggi-tinggi serta menggerakkannya ke atas dan ke bawah.

Perawatan harian burung poci tergolong cukup mudah, sama dengan perawatan burung kicauan jenis lainnya.

Kita hanya cukup melakukan penjemuran pada burung kacer poci setiap pagi hari dari jam 07.00, dengan durasi kurang lebih 30 menit.

Setelah itu, sediakanlah keramba atau baskom pada sangkar agar bisa digunakan burng kacer poci untuk mandi.

Selain proses penjemuran, pastikan kita juga memberikan pakan yang mengandung vitamin seperti jangkrik, atau kroto sesuai dengan porsinya.

Kemudian, pada saat beristirahat atau ketika burung kacer poci sedang tidur sebaiknya sangkar diberi krodong untuk melindunginya dari nyamuk.

Selain itu, kerudung juga berfungsi agar tidak kedinginan.

2. Kacer Jawa

Kacer Jawa
Gambar Burung Kacer

Kita lihat jenis dan gambar burung kacer Jawa di atas, bahwa burung ini merupakan salah satu jenis burung kacer yang memiliki warna bulu hitam

Dia juga termasuk dari golongan keluarga muscicapidae yang memiliki kualitas bagus dalam hal berkicau.

Bentuk fisik serta suara kicaun burung kacer jawa dinilai unggul oleh para pecinta burung kicau.

Burung kacer Jawa dapat dikatakan burung yang terlihat gagah serta elegan dengan hanya bermodalkan warna hitam yang mendominasi warna bulu tubuhnya.

Seperti halnya gambar burung kacer di atas, burung kacer Jawa sudah dapat menarik perhatian bagi setiap orang yang menjumpai nya.

tidak hanya karena penampilannya yang menarik kemudian burung ini banyak diminati, namun kicauannya yang gacor ngerol juga menjadi faktor penariknya.

Meskipun dari sisi kicauannya, burung kacer Jawa dinilai tidak lebih bagus dari burung kacer poci, namun mental dari burung kacer Jawa tidak akan kalah jika dibandingkan dengan burung kacer poci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *