Jenis Dan Foto Burung Dara Paling Lengkap
Merpati

Jenis Dan Foto Burung Dara Paling Lengkap

Burung dara atau yang sering juga disebut burung merpati, termasuk salah satu burung yang paling banyak digemari di Indonesia. Karena kejinakannya, terdapat banyak angle foto burung dara yang bisa kita temukan.

Yang terkenal dengan kejinakannya serta mudah bersahabat dengan manusia

Selain itu cara beternak atau membudidayakan burung dara tergolong cukup mudah dan cepat.

pecinta burung dara atau burung merpati tidak hanya dari golongan orang dewasa saja, namun banyak juga yang berasal dari golongan anak-anak.

Hal ini disebabkan karena burung dara atau merpati memiliki karakteristi dan jenis yang beragam.

Jenis burung dara antaranya adalah burung dara berwarna albino yang memiliki warna keseluruhan putih, serta memiliki mata berwarna merah.

Selain itu ada juga burung dara yang memiliki warna abu-abu, hitam, metalik, coklat dan fariasi warna lainnya.

Jenis Dan Foto Burung Dara Atau Merpati

Sebelum menjelaskan lebih detail tentang jenis dan foto burung dara, kita perlu tahu lebih dulu mengenal burung merpati ini.

Di beberapa Negara, burung merpati atau dara memiliki nama yang berbeda-beda. Seperti di Prancis burung burung dara disebut dengan istilah piegn biset.

Sedangkan di Spanyol, burung merpati atau Dara disebut dengan istilah Paloma Bravia.

Jenis burung merpati ada juga yang memiliki kedekatan dengan manusia, dan oleh beberapa negara mereka ditempatkan di taman-taman kota. Inilah salah satu sisi unik burung merpati.

Burung yang memiliki nama lain rock dove juga populer sebagai burung koloni yang hidup secara berkelompok.

jika ditotal secara keseluruhan, terdapat 318 jenis merpati columbidae di dunia.

Burung jenis ini, rata-rata memiliki memiliki ukuran tubuh yang besar. Besar ukuran tubuh burung merpati mampu mencapai 32 centi meter.

Lebih jelasnya lagi, burung merpati merupakan yang memiliki gaya terbang seperti orang berenang dan mereka seolah seperti sedang menyelam.

Sekarang ini sudah banyak para peternak yang mengembangbiakan dan membudidayakan burung merpati, itulah yang melatar belakangi persebaran burung merpati di seluruh dunia sangatlah cepat.

Merpati juga merupakan burung yang memiliki spesies terbanyak di dunia.

Bahkan untuk saat ini, setiap taman kota sudah dilengkapi dengan rumah burung merpati agar mereka dapat tinggal dengan nyaman serta berkembang biak dengan cepat.

Jika anda ingin lebih tau tentang jenis-jenis dan gambar burung merpati, maka akan kita Jelaskan jenis dan foto burung dara atau merpati dengan lengkap.

1. Merpati Batu

Salah satu jenis burung merpati yang sangat sering ditemui adalah burung merpati batu, burung merpati batu memiliki nama Latin columba Livia.

Saking dekatnya dengan manusia, burung ini dapat ditemukan dengan mudah baik di sekitar lingkungan permukiman warga atau di pusat keramaian dan juga di taman-taman kota.

Kita juga dapat menemukan burung merpati batu setiap kota-kota besar dunia. Salah satu ciri khas dari burung merpati batu adalah cara hidupnya yang selalu berkelompok.

Burung merpati jenis ini juga kerapkali bertengger kawat listrik, atap rumah, atau hanya sekedar terbang berputar-putar.

Burung merpati batu sering juga disebut dengan istilah Rock dove atau dalam istilah awamnya disebut dengan merpati saja.

Burung merpati batu juga memiliki banyak jenis, Beberapa jenis dari burung merpati batu hanya bisa ditemukan di daerah pegunungan.

Ada juga yang hanya bisa ditemukan di kawasan hutan yang sangat lebat.

Namun, ada juga jenis dari burung merpati batu yang mudah untuk ditemui  seperti yang sering kita lihat dapat ditemukan di daerah perkotaan.

Variasi warna pada burung merpati batu juga memiliki banyak ragam, ada yang berwarna hitam dan putih, hijau mengkilap, coklat ada juga yang berwarna metalik.

Akan tetapi, secara keseluruhan dari berbagai ragam jenis burung merpati tetaplah dinamai dengan burung merpati atau burung dara.

Secara geografis, persebaran burung merpati terdapat di kawasan paleartik.

Terdapat di kawasan zoobiografi yang mencakup beberapa wilayah benua Eropa, serta beberapa bagian dari Gurun Sahara di Afrika.

Di alam liar, burung merpati batu biasanya bersarang di atas tebing yang terbentuk dari batu Cadas, selain sebagai tempat pertahanan diri sarang tersebut juga berfungsi perkembangbiakannya.

2. Merpati Hias Indian Fantail

Burung merpati jenis ini termasuk dalam burung merpati hias yang sangat populer dan banyak dicari di kalangan masyarakat secara umum.

Merpati hias Indian funtile sering juga disebut dengan merpati kipas, merpati jenis ini mulanya terdapat di kawasan India.

Sejarah persebaran burung merpati kipas ke seluruh dunia berawal pada tahun 1926, ketika kebun binatang San Diego California mengimpor reptil yang berasal dari India untuk melengkapi koleksinya.

Dikarenakan jaraknya yang begitu jauh dan membutuhkan waktu yang sangat lama maka tim ekspedisi juga mengangkut makanan cadangan untuk reptil tersebut yang berupa burung merpati.

Sampai di lokasi kebun binatang yang dituju ternyata sisa pakan reptile, yaitu merpati kipas masih tersisa 2 ekor, atau sepasang.

Kemudian  petugas kebun yang melihat binatang tersebut merasa takjub, karena belum pernah melihat burung merpati dengan jenis tersebut.

Merpati yang masih tersebut kemudian dikembangbiakkan dan menjadi permulaan persebaran burung merpati kipas ke seluruh dunia.

Merpati hias jenis kipas atau Indian fantail memiliki ciri fisik berupa ekor yang mengembang besar seperti bentuk kipas, pada bagian kepala terdapat jambul yang lancip, sedangkan pada bagian kaki memiliki bulu lebat sebagaimana yang bisa Anda saksikan pada foto burung dara di atas.

Burung merpati kipas yang memiliki nilai tinggi adalah burung merpati yang memiliki ukuran tubuh, kaki, ekor yang seimbang dan keseluruhan bagian pada tubuhnya memiliki ukuran yang proporsional.

Serta bagian bulu pada ekor burung merpati tersebut mengembang lebar secara sempurna dan pada bagian kepala tampak tegak lurus ke atas.

3. Merpati Modena

Nama Burung merpati Modena ini diambil dari kota tempat asalnya. Merpati Modena dikenal sebagai burung merpati ternak yang cukup baik.

Yang paling terkenal dari merpati Modena adalah jenis Gazzi Modena yang memiliki warna putih di bagian badan dan juga kepala serta memiliki sayap dan ekor yang berwarna-warni seperti yang Anda saksikan di foto burung dara tadi.

Merpati hias yang satu ini, meskipun memiliki ukuran tubuh dengan panjang kurang lebih 25 cm dan lebih kecil dari burung merpati lainnya.

Namun yang tubuhnya ang gempal padat serta Gayanya yang anggun menjadikan burung merpati Modena banyak diminati sebagai burung hias di rumah.

4. Jacobin Pegeon

Jenis Burung merpati ini tidak begitu populer seperti jenis burung merpati lain dari jenis merpati balap atau merpati aduan.

Burung merpati hias jenis jacobin ini, merupakan jenis burung merpati hias yang dikembangbiakkan melalui proses yang cukup rumit.

Sama halnya dengan namanya, merpati hias ini disebut jacobin karena memiliki bulu-bulu di sekitar kepalan yang yang terlihat menyerupai topi yang sering dipakai oleh pendeta-pendeta jacobin.

Jenis merpati hias ini memang berasal dari luar negeri.

Merpati jenis ini yang biasanya dikembangbiakkan adalah burung yang memiliki warna bulu putih, merah,biru dan hitam.

Perkembangbiakan Jacobin

Sama seperti jenis merpati lainnya, burung merpati merpati jacobin memasuki usia reproduksi ketika telah memasuki usia 6 bulan.

Bulunya yang tebal serta lebat yang seperti topi itu, sebenarnya bisa mengganggu proses perkawinan, oleh karena itu sebagin para breeder atau peternak memotong bulu tersebut ketika telah memasuki usia kawin.

Setelah masa kawin berlangsung, jacobin betina akan segera bertelur.

Pada umumnya burung merpati jacobin akan menghasilkan 2 biji dalam masa selang sehari.

Masa pengeraman burung merpati jacobin biasanya akan dilakukan secara bergantian antara burung jantan dan betina dan masa pengeraman akan selaesai ketika telah memasuki waktu 17 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *