Fakta Unik Burung Kenari Rusia
Kenari

Fakta Unik Burung Kenari Rusia

Fakta unik burung kenari rusia – Salah satu falmili dari jenis burung Senirus Canaria ini memiliki sejumlah keistimewaan yang menjadi daya tarik tersendiri untuk kita pelihara.

Burung jenis ini diberi nama seperti daerah asalanya yaitu Rusia, yang kemudian dikenal sebagai burung kenari Rusia.

Burung kenari rusia berahabitat di dinginnya iklim rusia, namun pada perkembangannya, burung kenari mampu tersebar dan dikembangbiakkan diseluruh dunia.

Burung kenari juga sering diekspor ke negara-negara lainnya untuk memenuhi minat pasaran yang tinggi.

Burung kenari Rusia merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis burung kenari yang lain, nama rusia yang terdapat pada burung kenari ini merupakan tempat pertama kali dia di tetaskan.

Sejak penetasan itulah kemudian para kicau mania mulai tertarik untuk melatih ocehan spesies baru tersebut.

Upaya yang dilakukan oleh para kicau mania untuk mengeluarkan potensi yang terdapat pada burung kenari rusia ternyata membuahkan hasil.

Kicauannya yang merdu menjadi karakter dari burung tersebut. Selain karakter kicauan yang indah, burung kenari rusia juga dapat dikenali dari ciri fisiknya yang sangat cantik.

Dengan bulu putih yang menutupi seluruh bagian tubuhnya dan aruh merah muda membuat perpaduan yang sangat manis untuk dipandang.

Dengan disertai kaki mungil berwarna pink dan transpran menamah keanggunan pada tampilannya.

Untuk membedakan burung kenari rusia jantan dan betina bisa kita lihat dari warna bulu yang menghiasi wajahnya.

Burung kenari rusia jantan memiliki bulu yang tampak oranye, sedangkan burung kenari rusia memiliki bulu wajah yang didominasi warna putih.

Secara garis besar, paruh burung kenari rusia tergolng dalam paruh yang memiliki ukuran pendek namun lancip.

Bentuk paruh yang demikianlah yang menunjang burung kenari rusia untuk dapat mengeluarkan suara dengan banak variasi.

Ketika mereka berada di alam bebas, burung kenari rusia sangat gemar untuk hinggap di dedahanan pohonan sambil berkicau dengan merdu.

Selain memiliki ciri fisik yang anggun, cantik serta memukau, burun kenari rusia juga termasuk kategori burung yang cerdas.

7 Fakta Unik Burung Kenari Rusia

Dia memiliki banyak sekali keistimewaan yang mampu menarik minat para kicau mania untuk dapat memeliharanya. Berikut 7 (tujuh) fakta keunikan burung kenari rusia yang dapat kita ketahui.

1. Daya Ingatnya Tinggi

Fakta unik burung kenari rusia yang pertama adalah daya ingatnya yang tinggi. Salah satu daya pikat yang dimiliki oleh burung kenari rusia adalah daya ingatnya yang mampu mengingat berbagai variasi kicauan dari masteran.

Daya ingatnya yang sangat bagus tersebut membuatnya mamu menirukan 10-15 suara burung lain dengan sempurna.

Setelah beberpa kali mendengarkan suara dari masteran, burung kenari akan mampu melagukannya dengan sempurna.

2. Memiliki Bulu Cantik

Kecantikan burung tidak harus ditandai dengan warna ang beragam, warna putih ang dimiliki oleh burung kenari rusia pun kerap mempesona siapa saja yang melihatnya.

Bulu putih yang dimiliki oleh burung kenari rusia sangatlah indah untuk dipandang, bagaikan melihat puteri salju dengan suara kicauan yang merdu. Inilah yang menjadi fakta unik burung kenari rusia.

Bulu putih pada burung kenari rusia akan sangat menawan ketika dikombinasikan dengan warna orange yang dimiliki oleh pejantannya.

Akan lebih terlihat keindahannya ketika  burung kenari rusia mengepakkan sayapnya, kecantikan yang dimilikinya akan nampak sangat jelas.

3. Menyukai Hutan Terbuka

Segala jenis binatang darat sangat menyukai rimbunya hutan sebagai tempat untuk berlindung dan berkembangbiak dengan baik.

Banyaknya pohon-pohon yang tinggi membuat hutan menjadi tempat ang sempurna bagi burung untuk membuat sarang dan melangsungkan kehidupan di alam liar.

Selain itu, kandungan udara yang sejuk dengan kandungan oksigen yang sangat berlimpah membuat hewan apa saja betah tinggal di hutan.

Begitu juga dengan burung kenari rusia yang juga menyukai lebatnya hutan belantara. Di sana mereka bisa terbang dan hinggap dengan bebas, berkicau serta mendapatkan makanan.

Namun selain hutan adalah tempat yang nyaman untuk burung kenari rusia, mereka juga perlu waspada karena di hutan juga terdapat predator yang siap memangsa mereka.

4. Bisa Melagukan 15 Jenis Kicau Berbeda Dalam 45 Detik

Keunikan burung kenari rusia yang selanjutnya dan tidak dimiliki burung lain adalah mereka mampu berkicau dengan lebih dari 15 lagu yang berbeda.

Dengan variasi yang begitu beragam, burung kenari dapat menelesaikannya hanya dalam waktu 45 detik saja dan tanpa kesalahan, bahkan dia mampu membawakannya dengan nada yang tinggi.

Sungguh kemampuan yang sangat menakjubkan yang dimiliki burung kenari rusia namun tidak dimiliki burung lain.

5. Pandai Menggabungkan Suara Burung Lain

Seekor burung, umumyna akan mampu meniru suara burung lain dengan cara memperdengarkan suara burung lain atau bisa disebut mamaster.

Namun, hal itu tidak perlu dilakukan pada burung kenari rusia, karena tanpa latihan khusus pun burung kenari sudah mempunyai kicauan yang beragam, justru kadang sangat mirip dengan suara burung tertentu.

6. Bisa Menirukan Bunyi Alat Musik

Keahlian burung kenari dalam berkicau memang unik dan istimewa, salah satu keunikan burung kenari adalah kemampuan dalam menirukan suara alat musik.

Burung nuri dapat menirukan berbagai  macam alat musik, seperti suara seruling, terompet, lonceng dan masih banak jenis suara lainnya.

Untuk mendapatkan kualitas yang demikian, diperlukan ketelatenan serta kesabaran saat melatih burung nuri.

7. Sudah Ada Sejak 300 Tahun Lalu

Asal usul kenari rusia adalah burung kenari tyrol, spesies tersebut sudah ada sejak 300 tahun silam.

Bakat menyanyi burung kenari rusia adalah bakat yang diturunkan dari nenek moyangnya tersebut, dimana burung kenari tyrol mampu menyanyikan dengan nada tinggi dan keras.

Kemungkinan itulah yang mendasari burung kenari rusia memiliki bakat menyanyi yang luar biasa.

Demikian 7 (tujuh) fakta unik burung kenari rusia yang mendasari julukannya sebagai burung penyanyi. Julukan tersebut sangat cocok dengan kebiasaannya yang senang berkicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *