Inilah 5 Fakta Tentang Murai Batu Yang Harus Diketahui Para Pecinta Burung!
Murai

Fakta Tentang Murai Batu

Fakta tentang murai batu atau juga dikenal dengan sebutan burung kucica hutan, adalah salah satu spesies burung yang termasuk dalam famili muscicapidae atau burung pemakan cacing.

Burung murai batu juga tergolong dalam burung yang sangat diminati dan Banyak dipelihara, bersama dengan burung cucak jenggot, burung kenari dan burung lovebird, yang saat ini ini sedang mencapai puncak popularitasnya.

Namun sayangnya, burung murai batu sudah sangat sulit untuk ditemui di alam liar, atau bisa juga dikatakan bahwa burung murai batu sudah mulai langka.

Bahkan karena populasinya yang semakin menurun, burung murai batu sempat menjadi perhatian oleh Lembaga Konservasi Internasional.

Burung yang memiliki persebaran di seluruh wilayah ASIA ini, memang sering menjadi sasaran perburuan dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Fakta tentang Murai Batu yang juga ditemukan adalah melambungnya harganya. Bagi para pecinta burung, kelangkaan burung murai batu di alam liar membuat nilai jual burung murai batu tersebut meningkat di pasaran.

Ditambah lagi, burung murai batu mampu mendominasi dalam setiap ajang perlombaan burung kicau serta dapat mengalahkan lawan-lawannya dengan kicauannya yang merdu.

Fakta Tentang Murai Batu Yang Wajib Anda Ketahui

Fakta selain kelangkaan, serta kicauannya yang merdu, ada fakta-fakta tentang Murai Batu yang harus diketahui oleh para pecinta burung kicauan.

Apa saja fakta-fakta tentang Murai Batu yang harus kita ketahui? Berikut 5 fakta tentang Murai Batu yang harus diketahui para pecinta burung.

1. Burung Petarung

Burung Murai batu termasuk burung yang memiliki mental yang kuat serta pemberani dan mudah tersinggung.

Ketika dia telah mendengar kicauan atau melihat burung lain disekitarnya, maka dia akan mudah tersulut emosi dan ingin segera bertempur.

Jika burung murai batu telah tersulut emosinya, dia akan segera membusungkan dada, perut dan mengangkat ekornya yang mengisyaratkan bahwa dia adalah penguasanya.

Perilaku burung murai batu seperti ini, yang mengisyaratkan kegagahan menjadi daya tarik bagi para kicau mania untuk mengikut sertakannya ke lapangan perlombaan.

2. Dapat Menirukan Kicauan Burung Lain

Selain sifat tempramental yang dimiliki oleh burung murai batu, ternyata burung muraibatu juga merupakan burung yang kocak.

Hewan yang memiliki ciri khas ekor panjang ini, mampu menirukan kicauan burung lain yang dia dengar.

Bahkan uniknya lagi, burung murai batu tidak hanya sekedar menirukan kicauan burung lain, tetapi mampu membawakannya dengan suara yang lebih lantang dan nyaring dari burung yang ditirukan nya.

Inilah yang menjadi alasan, mengapa burung murai batu selalu tampil mendominasi dan lebih unggul dari lawan-lawannya pada saat kompetisi.

3. Mudah Jinak Dan Patuh Pada Pemiliknya

Di alam liar burung murai batu merupakan yang biasa hidup di hutan sering hinggap di pepohonan tinggi.

Namun ketika telah menjadi hewan peliharaan, burung ini mampu beradaptasi dengan lingkungan dan tempat tinggalnya yang baru. Sehingga tidak heran jika hewan yang satu ini banyak diminati.

Karena selain burung murai batu memiliki suara yang indah dan nilai jualnya yang tinggi, iya juga bisa menjadi hewan peliharaan yang jinak dan patuh pada pemeliharanya.

4. Murai Batu Medan

Burung murai batu Medan merupakan salah satu jenis dari jenis Murai Batu yang terdapat di Indonesia.

Burung murai batu Medan juga menjadi burung yang paling banyak peminatnya diantara burung jenis murai lainnya.

Hal ini dikarenakan, kicauan serta ukuran burung murai batu Medan dinilai lebih berkualitas jika dibandingkan dengan burung murai jenis lainnya.

Salah satu ciri khas yang identik dengan burung murai batu medan adalah, panjang ekornya yang melebihi panjang dari tubuhnya sendiri.

5. Memiliki 3 Warna Bulu Yang Berbeda

Kecantikan burung murai batu terletak pada warna bulu yang menghiasi tubuhnya.
Warna bulu pada burung murai batu memiliki 3 warna yang menjadi perpaduan serasi.

Warna hitam yang hampir menutupi seluruh tubuhnya, warna putih yang menghiasi bagian bawah serta dada dari burung murai batu dengan gradasi warna merah jingga warna dan warna hitam kebiruan yang menghiasi bagian kepala burung murai batu tersebut.

Sedangkan beberapa jenis burung murai batu lainnya, memiliki bulu putih yang yang menghiasi ekornya.

Biasanya, panjang ekor burung murai batu berkisar antara 8 sampai 23 cm, Sedangkan untuk burung murai batu Medan sendiri panjang ekornya mampu mencapai 32 cm.

Burung murai batu Medan, ada beberapa jenis dari burung murai lainnya yang sering dipelihara dicari oleh para penggemar burung.

Diantaranya adalah Burung Murai Batu Aceh, Burung Murai Batu Borneo,Burung Murai Batu Nias, Burung Murai Batu Banjar, Batu Lahat, Murai Batu Palangka, Murai Batu Lampung, Dan Murai Batu Jambi.

Demikian 5 fakta tentang murai batu yang harus diketahui para pencinta burung tanah air, semoga informasi yang telah kita paparkan diatas bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *