Ciri Merpati Kolongan Super Juara Yang Berkualitas
Merpati

Ciri Merpati Kolongan Super Juara Yang Berkualitas

Ciri Merpati Kolongan Super Juara Yang Berkualitas – Burung merpati merupakan jenis burung yang sedang banyak digandrungi dan sering diikutsertakan dalam ajang perlomaban.

Maka dari itu, burung merpati atau burung dara memiliki banyak peminat dikalangan pecinta burung kontes.

Kualitas burung merpati dapat  diukur dengan kemampuan terbangnya yang cepat dan mampu mendarat dengan tepat pada sasaran yang telah disediakanlah yang layak menjadi juara.

Lantas bagaimana ciri-ciri merpati kolongan yang berkualitas dan layak untuk diikut sertakan dalam perlombaan?

Burung merpati dengan kualitas super sangat dipengaruhi oleh calon burung merpati dengan kualitas yang bagus pula.

Untuk memperbagus kualitas burung merpati, kita bisa melakukan cara melatih merpati kolongan agar keampuan terbangnya terasah dengan bagus.

Ciri Merpati Kolongan

Untuk mengetahui ciri-ciri merpati kolongan yang bagus, silahkan simak pembahasan yang akan kita paparkan di bawah ini.

Mengetahui ciri-ciri dari burung merpati kolongan yang bagus sangat diperlukan bagi anda para penggemar perlombaan burung merapti.

Pemilihan calon kontestan burung merpati yang bagus sangat menunjang kemampuannya dalam perlombaan mendatang.

1. Bentuk Kepala Nonong

Beberapa ciri tersebut adalah besarnya ukuran kepala burung merpati bisa menjadi acuan yang pertama dikenali.

Karena biasanya burung merpati dengan ukuran kepala besar serta batok kepala bagian depan yang lebih tinggi daripada batok kepala bagian depan, akan menjadi burung dengan kemampuan terbang yang bagus.

Burung merpati dengan bentuk kepala nonong mempunyai kemampuan turun atau mendarat dengan tingkat kemiringan 90 derajat ketika menukik turun.

2. Paruh Yang Runcing

Selain bentuk kepala, bentuk paruh yang runcing dengan ukuran tidak terlalu besar dan panjang juga mencirikan burung tersebut layak ikut dalam ajang perlombaan.

3. Pupil Mata Jernih

Pupil pada burung merpati juga mpresentasikan kualitas yang dimilikinya, merpati dengan pupil mata kering serta jernih selah ada kaca didalamnya biasanya responsif terhadap cahaya.

Dengan memiliki pupil mata seperti itu, dapat disimpulkan bahwa burung merpati tersebut memiliki penglihatan yang tajam.

4. Leher Panjang dan Kuat

Burung merpati kolongan yang bagus juga akan memiliki bentuk leher yang panjang dan tegak, serta memilki tulang leher yang kuat.

5. Dada Berbentuk V

Sedangkan pada bentuk dada burung tersebut berbentuk seperti jantung pisang atau huruf V.

6. Sayap Lentur

Bagian bahu serta sayap lentur namun kuat, selain itu atara bahu kanan dan kiri harus simbang agar mendapatkan kemampuan terbang yang maksilmal.

Bentuk sayap yang bagus juga harus diimbangi dengan bentuk ekor yang bagus pula, karena eor pada burung merpati berfungsi sebagi rem ketika terbang.

7. Bulu Ekor Rapat

Bentuk ekor burung merpati yang bagus adalah ekor dangan bulu yang rapat.

8. Kaki Panjang Tanpa Sisik

Ciri yang selanjutnya dari merpati kolongan yang bagus yaitu mempunyai kaki yang panjang serta tampak bersisik.

Kemudian respon kaki burung merpati ketika dipegang akan mendorong ke belakang sejajar dengan arah ekornya.

Cara Memilih Merpati Kolongan

Pemilihan burung merpati kolangan yang bagus merupakan tahap utama yang perlu dilakukan untuk memperoleh burung merpati kolongan yang berkualitas dan layak ikut serta dalam ajang perlombaan.

Pastinya kita berharap burung merpati kita mampu berprestasi dan menjadi juara dalam perlombaan tersebut.

Ada banyak cara untuk memilih merpati kolongan dimulai dari melihat serta mengenali ciri merpati kolongan dengan melihat dan merapa secara langsung.

Atau dengan mengenali genotif atau mengenali asal-usul keturunan dari burung merpati klongan tersebut.

Atau menggunakan cara yang cukup cepat yaitu dengan membeli burung merpati yang sudah pernah menjuarai sebuah perlumbaan.

Namun cara yang demikian memerlukan modal dangan nminal yang cukup tinggi dibandingkan dengan membeli calon juara dan memprsesnya sendiri.

Dalam hal memilih merpati kolongan yang berkualitas, tentu kita tidak boleh mengabaikan ciri merpati kolongan yang telah diuraikan diatas.

Dengan berpatokan kepada ciri merpati kolongan yang berkualitas, maka ketika dalam proses kita akan mendapat pengetahuan yang lebih banyak dari yang telah di paparkan di depan.

Maka dari itu, pelajari dan lakukanlah cara mengenali ciri merpati kolongan yang berkualitas, karena pengalaman akan memberi kita ilmu lebih banyak lagi.

Ketika kita memilih sendiri burung yang kita minati dengan berpatokan dari ciri merpati kolongan, kita tidak akan tertipu degan burung merpati abal-abal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *