Ciri Lovebird Dakocan dan Jenisnya
Lovebird

Ciri Lovebird Dakocan dan Jenisnya

Ciri Lovebird Dakocan dan Jenisnya. Setiap pecinta burung memiliki jenis burung favoritnya sendiri-sendiri, entah karena tampilannya yang menarik maupun karena suara kicauanya yang merdu, tidak terkecuali keputusan mereka untuk menjadikan lovebird sebagai burung peliharaaan.

Lovebird adalah salah satu burung berukuran mini dengan berat hanya kisaran pada angka 30 hingga 60 gram saja dan dengan ukuran tubuh tidak lebih dari kepalan tangan anak-anak.

Dengan ukuran yang terbilang kecil tersebut, burung yang akan berpisah dari pasangannya jika si pasangan tersebut mati itu mempu menggaet minat para pecinta burung berparuh bengkok dengan ukuran tubuh mungil untuk memeliharanya.

Burung yang populer karena keindahan warna tubuh dan kicaunya ini adalah burung yang banyak hidup liar di lingkungan dengan kondisi kering, seperti tanah lapang maupun dekat dengan pekebunan.

Di habitat aslinya tersebut, lovebird beranak pinak dengan membuat sarang pada ranting, hingga bangunan-bangunan buatan manusia yang lokasinya tidak jauh dari perkebunan. Akan tetapi, lovebird dakocan sebagai salah satu jenis burung lovebird juga mudah untuk dijinakkan supaya dapat dipelihara.

Ada banyak pilihan jenis lovebird, salah satunya adalah dakocan. Dakocan adalah boneka yang mudah dikenali dengan ciri warna hitam pada seluruh tubuhnya.

Dengan ciri khas warna hitam itulah lovebird dakocan juga dapat dikenali dengan mudah. Untuk mengetahui lebih banyak tentang burung cinta atau dakocan ini, berikut adalah pemaparan lebih jelas mengenai ciri-ciri tersebut.

Ciri-Ciri Lovebird Dakocan

1. Topeng hitam

Seperti cara mengenali boneka dakocan, lovebird dakocan dapat dikenali dengan adanya warna hitam pada bagian kepala hingga lehernya.

Sebagian besar burung dakocan memiliki warna hitam cerah pada bagian tersebut, meski begitu, banyak juga lovebird ini yang warna hitamnya tidak terlalu jelas atau menyerupai topeng atau penutup kepala saja.

2. Warna tubuh

Lovebird ini merupakan salah satu jenis lovebird yang memiliki ciri tubuh dengan warna yang cerah. Warna-warna tersebut adalah biasanya didominasi dengan warna hijau, kuning dan warna orange-kecoklatan. Dengan warna tersebutlah lovebird dakocan dapat dibedakan dari jenis lovebird lainnya.

3. Mata berkacamata

Jika diperhatikan, semua lovebird dakocan memiliki klep pada bagian mata yang membuatnya terlihat seperti sedang memakai kacamata.

Sehingga bentuk kacamata pada bagian kepala lovebird ini dapat dijadikan sebagai ciri khas yang membuatnya mudah dikenali jika disandingkan dengan berbagai jenis burung lovebird atau burung cinta lainnya.

Beberapa hal di atas adalah ciri lovebird dakocan yang membuat kita dapat mengenali jenis ini. Pun demikian, ternyata burung yang masih termasuk dalam jenis Agarponis ini juga masih digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan ciri warna yang ada pada tubuhnya. Pengkategorian tersebut adalah sebagai berikut.

Pengkategorian Loverbird Dakocan

1. Lovebird dakocan biru

Sesuai dengan namanya, lovebird jenis ini memiliki unsur warna biru pada bagian tubuhnya. Warna biru tersebut terdapat pada bagian leher serta dada, sedangkan sebagai ciri khas lovebird dakocan biru, lovebird ini tetap memiliki kepala berwarna hitam seperti topeng.

Warna biru pada leher dan dada tersebut biasanya juga terdapat gradasi warna putih dan abu-abu.

Perpaduan warna itu membuat dakocan tampil menawan dengan warna-warna yang cerah dan menjadi salah satu kriteria yang digunakan oleh para pecinta burung sebelum memutuskan untuk membeli.

2. Lovebird dakocan hijau

Seperti namanya, lovebird dakocan hijau ini dapat dikenali dengan ciri adanya unsur warna hijau pada bagian tubuhnya. Warna tersebut ada pada bagian dada hingga sayapnya.

Meski begitu, sama seperti lovebird dakocan biru, sebagai ciri khusus dakocan hijau memiliki warna hitam pada bagian kepalanya. Sebenarnya, lovebird dakocan biru hampir sama dengan lovebird dakocan hijau soal letak warnanya.

Perbedaannya, warna hijau pada dakocan hijau biasanya memiliki gradasi dengan warna orange-kecoklatan.

3. Lovebird semi dakocan

Jika jenis dakocan hijau dan biru memiliki warna yang cerah dan jelas, lovbird semi dakocan memiliki unsur warna yang tercampur. Meski begitu, sama dengan jenis lovebird dakocan lainnya, lovebird atau burung cinta jenis ini memiliki warna hitam pada kepala yang tampak selerti topeng juga.

4. Lovebird dakocan keunguan

Lovebird jenis ini dapat dikenali dengan adanya unsur keunguan pada bagian tubuhnya. Warna ini ada pada bagian dada hingga sayapnya. Meski begitu, sama seperti jenis dakocan lainnya, lovebird jenis ini memiliki warna hitam seperti topeng pada bagian kepalanya.

Warna keunguan atau yang biasa dipahami sebagai warna violet nyatanya membuat lovebird ini tampil unik dan menarik.

Warna yang sedikit gelap teraebut membuatnya tampak mahal. Meski begitu, tetap saja banyak dari pecinta burung hias maupun burung kicau yang tertarik untuk memeliharanya.

Demikian adalah paparan singkat mengenai lovebird dakocan, ciri khusus, dan jenis-jenisnya yang digolongkan berdasarkan perbedaan warnanya.

Pengetahuan mendasar mengenai lovebird jenis ini akan memudahkan kita yang ingin memeliharanya tapi belum tahu menahu tentang burung cantik yang memiliki suara bagus ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *