Ciri Khas Burung Cililin dan Habitatnya Lengkap
Cililin

Ciri Khas Burung Cililin dan Habitatnya

Ciri Khas Burung Cililin – Burung cililin atau burung yang sering dinamai dengan burung Tangkar Ongklet adalah jenis burung yang termasuk dalam Family Corvidae atau golngan dari keluarga gagak.

Burung cililin dikenal sebagai burung yang memiliki kecerdasan yang tinggi jika dibandingkan dengan burung-burung lainnya.

Meskipun demikian, namun burung cililin uga memiliki tingkat kesetresan yang tinggi pula, sehingga dalam perawatan burung cililin diperlukan perhatian yang sangat tinggi.

Ketika burug cililin mengalami stres bisa berdampak pada kemacetan bunyi, bahkan bisa berdampak pada kematian.

Selain ciri khas burung cililin yang memiliki kecerdasan dan tingkat kesetresan yang tinggi, burung cililin juga memiliki jiwa petarung dan sangat mudah terpancing emosinya.

Apabila ada burung lain yang berkicau di sekitarnya, maka burung cililin akan segera merespon dan berkicau sekeras-kerasnya.

Sedangkan dari segi kicauannya, burung cililin memiliki variasi kicauan yang sedikit.

Ciri Khas Burung Cililin

1. Berjambul

Burung cililin memiliki ciri khas jambul yang cukup panjang pada bagian kepalanya dan memiliki ukuran tubuh kurang lebih 28 cm.

2. Bulu Hitam

Burung cililin juga memiliki warna bulu dominan hitam atau coklat gelap dan pada bagian leher terdapat bercak warna putih.

Sedangkan Burung Cililin menurut asal daerah persebarannya memiliki banyak jenis sesuai daerah asalnya.

Seperti Burung Cililin Jawa yang memiliki nama latin Platylophus galericulatus dan memiliki ciri khas warna abu-abu kehitaman.

Jenis burung cililin selain yang berasal dari jawa adalah burung Cililin dari Kalimantan dan Sumatera dengan nama latin Platylophus Coronatus.

Burung Cililin yang berasal dari Kalimantan dan Sumatera memiliki ciri khas paruh berwarna hitam, bulu berwarna coklat gelap, kaki berwarna biru kehitaman dan iris mata berwarna merah kecoklatan.

3. Kicauan Panjang

Dari segi kicauan, burung cililin coklat ang berasal dari Kalimantan dan Sumatera dirasa memiliki kualitas kicauan dengan durasi yang panjang dan lebih rajin berkicau.

Namun burung cililin hitam juga tidak kalah durasi kicauan jika dibandingkan dengan jenis cililin lainnya dan kicauannya juga cukup untuk menenangkan hati.

Habitat Alami dan Penyebaran Burung Cililin

Habitat burung cililin di alam liar biasanya hidup di hutan-hutan dataran rendah dengan ketinggian 1.200 Mdpl (Meter Diatas Permukaan Laut).

Persebaran burung clilin secara global terdapat pada daerah Sunda Besar dan Semenanjung Malaysia, sedangkan persebaran burung cililin secara lokal terdapat di daerah Jawa, Kalimantan dan Sumatera.

Dari segi makanan, burung cililin memiliki kegemaran makan serangga, seperti ulat, jangkrik, belalang dan kroto.

Kepopuleran burung cililin juga dipengaruhi oleh acara-ara perlombaan yang memperlombakan kicauan burung cililin serta menggunakan burung cililin sebagai masteran burung petarung.

Biasanya burung cililin dijadikan masteran bagi burung Murai Batu, Kacer, Lovebird, Cucak Ijo dan jenis burung perlmbaan lainnya. Begitupun sebaliknya.

Sedangkan dari postur burung cililin yang unik dan suara kicauan yang rapat dan panjang menjadikan burung cililin semakin digeamri oleh para pencinta burung kicauan.

Perbedaan Cililin Jantan Dan Betina

Membedakan burun cililin jantan dan betina memanglah sangat penting untuk diketahui oleh para pecinta burung kicau.

Karena perbedaan jenis kelamin burung juga akan mempengaruhi kualitas kicauan pada burung tersebut.

Perbedaan jenis kelamin antara burung jantan dan burung cililin betina bisa dilihat dari ciri fisiknya yang bisa dikenali, meskipun oleh pemula.

Ciri Khas Burung Cililin Jantan

  1. Ciri fisik burung cililin jantan bisa dikenali dengan adanya bintik putih yang terdapat pada bagian alis mata yang memiliki ukuran kecil.
  2. Ciri fisik lainnya yang bisa dikenali dari burung cililin atan adalah warna putih yang terdapat pada bagian leher akan semakin jelas dan tebal seiring dengan bertambahnya usia.
  3. Sedangkan pada bagian badan dan kepala tampak akan tampak semakin besar dan memiliki warna yang akan semakin pekat ata tua seiring bertambahnya usia.
  4. Posisi badan yang tegak dan lebih sering mengeluarkan bunyi juga menjadi ciri khas dari burung cililin jantan yang bisa kita kenali.
  5. Selain itu burung cililin jantan juga memiliki ciri khas suara yang rapat dan panjang namun berkarakter kasar, serta lebih agresif jika dibandingkan dengan burung cililin betina.

Ciri Khas Burung Cililin Betina

  1. Untuk ciri khas burung cililin betina yang bisa dikenali adalah bintik putih yang terdapat pada bagian alis mata yang cenderung lebih tebal dan besar jika dibandingkan dengan burung cililin jantan.
  2. Dari segi warna bulu yang dimiliki oleh burung cililin betina biasanya terdapat warna putih tipis dan kusam pada bagian pemisah antara warna hitam dan putih.
  3. Sedangkan untuk postur tubuh yang dimiliki oleh burung cililin betina cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan burung cililin jantan.
  4. Posisi badan burung cililin betina juga akan terlihat lebih membungkuk dengan warna bulu tubu yang cenderung lebih muda jika dibandingkan dengan burung cililin jantan.
  5. Dari segi kicauannya tentu burung cililin betina akan kalah gacor dengan burung jantan, karakter kicauan burung cililin betina bisa dikenali dengan durasinya yang pendek dan juga memiliki karakter suara yang lebih halus.

Demikian informasi yang bisa kita pelajari terkait denga ciri khas burung cililin, habitat dan daerah persebarannya.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita terhadap burung kicauan khas Indonesia yang sangat beragam dan memiliki kualitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *