Rahasia Ciri Kenari Jantan Dan Betina Serta Keistimewaannya
Kenari

Ciri Kenari Jantan Dan Betina Serta Keistimewaannya

Ciri Kenari Jantan Dan Betina Serta Keistimewaannya – Salah satu jenis burung kicauan yang sedang digandrungi para kicau mania sekarang ini adalah burung kenari.

Dengan ciri khas kicauan ngerol nya, burung kenari memiliki nilai jual dan sangat kompetitif dalam setiap ajang perlombaan.

Dari para penghobi sampai sampai burung kicau sampai arena perlombaan, burung ini banyak menjadi pembicaraan dan ikut ikut serta dalam meramaikan ajang perkicauan  di Indonesia.

Biasnya, burung kenari yang ikut serta dalam ajang perlombaan serta banyak dicari adalah burung kenari berjenis jantan.

Hal ini dikarenakan, burung kenari jantan memiliki beberapa keistimewaan berupa kicauan dengan durasi ngerol yang cukup panjang.

Untuk postur tubuh dari burung kenari jantan juga lebih gagah jika dibandingkan dengan burung kenari betina, dan masih banyak lagi keistimewaan yang dimiliki burung kenari jantan.

Sehingga, kita perlu memahami jenis kelamin burung kenari yang hendak kita pelihara dan disesuaikan dengan tujuan pemeliharaan tersebut sebelum membelinya.

Jika tujuan pemeliharaan adalah kicauan serta durasi yang panjang dari burung kenari, maka pilihlah burung kenari jantan sebagai peliharaan.

Namun, apabila tujuan pemeliharaan untuk budidaya, maka sebaiknya burung jantan yang berkualitas dipasangkan dengan burung kenari betina yang berkualitas pula untuk menghasilkan anakan yang bagus.

Meskipun kicauan burung kenari jantan tidak terlalu gacor, namun bukan berarti kicauan dari burung kenari betina tidak diperlukan.

Justru kicauan burung kenari betinalah yang bisa memancing agar burung kenari jantan rajin berkicau dan ngerol.

Dengan begitu, burung kenari jantan akan lebih cepat buka paruh setelah mendengar kicauan dari burung kenari betina.

Ciri kenari jantan yang bisa dikenali adalah kicauannya yang lantang serta bisa gacor.

Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina

Keindahan fisik serta kicauan burung kenari memang mnjadi daya tarik bagi setiap orang yang melihatnya.

Maka, sudah tidak heran lagi jika permintaan pasar akan hadirnya burung kenari selalu meningkat setiap waktunya.

Akan tetapi, persediaan pasar untuk memenuhi permintaan sering terbatas karena kendala jenis kelamin.

Apabila kita tidak jeli dan tidak mengetahui perbedaan burung kenari jantan dan betina, maka bisa jadi kita akan salah pilih dan menjadi korban oleh oknum dengan ditawari burung yang tidak semestinya.

Oleh sebab itu,, kita harus benar-benar mengetahui perbadaan burung kenari jantan dan betina agar tidak salah pilih.

Salah satu yang membedakan antara burung kenari jantan dan betina adalah ciri fisik serta tingkah laku dari keduanya.

Pada umumnya, burung kenari jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan terang jika dibandingkan dengan bulu burung kenari betina.

Ciri fisik ini adalah salah satu ciri yang sangat mudah difahami dan dapat membantu kita untuk memilih jenis kelamin burung kenari.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas perbedaan ciri kenari jantan dan betina, agar kita semakin tahu.

Ciri Kenari Jantan Dan Betina

Tidak hanya dari warna bulunya saja, tetapi perbedaan ciri kenari jantan dan betina juga bisa dilihat dari postur tubuhnya.

Burung kenari jantan memiliki postur tubuh yang cenderung lebih ramping dan terlihat lebih tegak jika dibandingkan dengan burung kenari betina.

Hal ini, akan sangat terlihat dengan jelas dan bisa langsung dikenali ketika burung tersebut sedang bertengger.

Sedangkan untuk kenari betina memiliki postur yang cederung lebih besar serta tidak tegap ketika sedang bertengger.

1. Bentuk Kepala

Salah satu ciri kenari jantan dapat kita temukan pada bagaian kepala, pada umumnya bentuk kepala burung kenari jantan akan terlihat datar atau terlihat pipih.

Warna bulu kepala burung kenari jantan juga bisa kita kenali ketika usianya telah mencapai 5 bulan, ketika telah mencapai usia 5 bulan, warna bulu kepalanya akan terlihat lebih kontras.

Jika burung kenari masih berupa anakan atau ketika masih dalam usia 6 sampai 7 hari, bisa kita kenali dari matanya.

Mata dari burung kenari jantan yang masih dalam usia anakan akan sejajar dengan paruhnya, jika anda menemukan ciri tersebut pada anakan burung kenari, bisa dipastikan bururng tersebut berjenis kelamin jantan.

Untuk bentuk kepala burung kenari yang berjenis kelamin betina biasanya memiliki bentuk kepala yang lebih kecil sera terlihat bulat.

Hal ini, berbeda dengan ciri kenari jantan bagian kepala yang memiliki bentuk kepala agak lebih besar serta terlihat lebih proporsional.

Demikian ciri kenari jantan dan betina jika dilihat dari bentuk kepalanya yang bisa membantu kita untuk mengenali perbendaan kedua jenis kelamin burung tersebut.

Apabili masih belum yakin dengan ciri tersebut, kita bisa mengamati dan menemukan perbedaan burung kenari jantan dan betina melalui tingkah laku.

2. Tingkah Laku

Jika dilihat dari tingkah lakunya akan terlihat lebih agresif jika dibandingkan dengan burung kenari betina.

Kebiasaan ini bisa dilihat ketika burung jantan yang akan bergerak lebih banyak.

Tingkah laku burung jantan akan sangat berlawanan dengan tingkah laku burung betina yang sering menghabiskan waktunya dengan membangun sarang.

Tingkah laku burung kenari jantan, juga dapat kita lihat dari kebiasaannya yang sering meloloh burung betinanya.

Jika kita melihat tingkah laku dari burung kenari jantan dan betina yang satu ini, tentu kita sudah mudah untuk membedakan jenis kelamin dari keduanya.

3. Bentuk Bagian Kloaka

membedakan jenis kelamin burung kenari jantan dan betina, juga bisa kita kenali dari melihat bagian kloakanya.

Bagian kloaka pada burung kenari jantan akan terlihat tampak jauh lebih menonjol jika dibandingkan dengan burung kenari betina.

Kemudian untuk jenis burung kenari betina, memiliki kloaka yang berwarna lebih merah.

Perbedaan ciri fisik ini, tentu akan mempermudah kita dalam membedakan jenis kelamin burung kenari.

Sehingga mulai dari sekarang, kita bisa mengenali perbedaan yang terdapat pada burung kenari tanpa harus bertanya dan tanpa harus kebingungan lagi.

Sebagai catatan saja, bahwa ciri kenari jantan dan betina yang diperlihatkan melalui tingkah laku hanya dipunyai oleh burung kenari yang sudah berusia 7 bulan serta sudah siap untuk memasuki masa perkawinan.

Sedangkan untuk burung kenari yang masih dibawah umur atau yang masih berupa anakan memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan burung kenari yang sudah memasuki usia perkawinan.

Dari beberapa ciri-ciri yang telah disebutkan, sekarang kita menjadi tahu perbedaan antara burung kenari jantan dan burung kenari betina.

Tujuan untuk memahami ciri-ciri tersebut, tidak lain agar kita tidak salah memilih dan membeli burung kenari yang menjadi tujuan kita.

Untuk lebih singkatnya kita akan menerangkan perbedaan jenis kelamin burung kenari betina dan jantan seperti rangkuman berikut ini.

Ciri Kenari Jantan

  1. Posisi mata kenari jantan untuk usia kurang lebih 7 hari akan tampak sejajar dengan paruhnya
  2. Ukuran kepala yang dimiliki oleh burung kenari jantan akan lebih ramping jika dibandingkan dengan burung kenari betina.
  3. Ketika burung kenari jantan telah memasuki usia 2 hingga 3 minggu, biasanya dia kan sering melompat dengan jarak yang lebih jauh daripada burung betina.
  4. Ukuran tubuh burung kenari jantan cenderung lebih panjang, besar, dan lebih gagah.
  5. Burung kenari jantan panjang dan jari-jarinya renggang.
  6. Kloaka burung jantan terlihat menonjol ke depan.
  7. Warna dari tulang belakang burung kenari jantan akan lebih pekat.

 

Ciri Kenari Betina

  1. Maka pada burung betina akan tampak lebih datar.
  2. Kaki burung kenari betina memiliki ukuran lebih kecil serta jari-jarinya lebih rapat.
  3. Kenari betina yang relatif kecil dan berbentuk bulat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *