Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dan Menetas
Lovebird

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dan Menetas

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur dan menetas – Burung Lovebird merupakan jenis burung yang terkenal dengan keindahan warna dan juga bentuknya.

Selain itu burung lovebird juga dikenal dengan kesetiaannya bersama pasangan, tingkah laku burung lovebird yang lucu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung.

Berternak lovebird memang menjadi lahan usaha yang cukup menguntungkan.

Ditambah lagi dengan perawatan burung lovebird yang cukup sederhana, membuat para pecinta burung mencoba untuk membudidayakannya.

Dalam berternak burung lovebird, tentunya kita mengharapkan indukan betina cepat bertelur.

Dengan indukan burung lovebird yang cepat bertelur, maka akan semakin cepat pula kita mendapatkan anakan untuk menambah koleksi burung lovebird kita.

Dan tentunya, hal tersebut akan dapat menghasilkan pundi-pundi uang dari hasil peternak burung lovebird.

Namun, karena penanganan yang kurang tepat, tidak sedikit para peternak lovebird yang mengalami kesulitan serta kegagalan dalam menangkar burung cantik yang satu ini.

Salah satu hal yang menjadi kendala dalam menangkarkan burung paruh bengkok tersebut, biasanya disebabkan boleh burung lovebird betina yang tak kunjung bertelur, padahal Jika dilihat dari usianya sudah mencapai usia produksi dan siap untuk bertelur.

Burung lovebird betina, di alam liar merupakan burung yang produktif untuk bertelur dan mengerami telurnya.

Di alam liar, Burung lovebird tidak mengenal musim untuk berreproduksi, selama dia masih dalam masa produktif, indukan burung lovebird betina akan terus menerus menghasilkan anakan.

Namun, hal demikian tidak terjadi pula ketika kita menangkarkan burung lovebird di kandang.

Para peternak burung lovebird biasanya mengalami beberapa persoalan, seperti burung yang sulit dijodohkan, indukan yang tidak kunjung bertelur bahkan sampai induk betina membuang telurnya tersebut.

Namun perlu diketahui, bahwa burung lovebird betina mampu bertelur walaupun tidak memiliki pasangan (tanpa lovebird jantan).

Hal ini dikarenakan kan, burung lovebird betina ketika sudah mencapai usia dewasa, organ reproduksinya bisa berfungsi secara normal.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Burung lovebird betina yang telah mencapai usia kematangan akan memproduksi sel telur atau ovum secara berkala.

Kemudian diproses dengan sedemikian rupa dalam saluran reproduksinya sendiri, termasuk dalam proses pembungkusan ovum dengan kerabang atau cangkang yang ada di dalam oviduct.

Kemudian telur tersebut akan dikeluarkan melalui kloaka dengan bentuk telur yang sama seperti pada umumnya.

Namun, telur yang dihasilkan oleh indukan lovebird betina tanpa melalui proses pembuahan oleh burung lovebird jantan, tidak memiliki kuning telur dan tidak akan bisa menetas.

Jika Proses reproduksi melalui pembuahan yang dilakukan oleh burung jantan, maka pembuaha akan terjadi sebelum sel telur dibungkus dengan kerabang, sel sperma dari burung jantan akan masuk dan membuahi sel telur betina atau ovum.

Kita lihat dari telur yang dihasilkan akan terdapat noktah berwarna hijau yang terdapat pada permukaan kuning telur, yang disebut dengan discusi germinalis bakalan calon embrio.

Akan tetapi, jika burung betina tidak dikawini oleh burung jantan, maka telur yang akan dihasilkan tidak memiliki kandungan bakal calon embrio.

Itulah yang menjadi sebab, telur yang dihasilkan oleh indukan betina tanpa melalui proses perkawinan tidak akan dapat menetas walaupun dierami induknya, bahkan ditetaskan menggunakan inkubator sekalipun.

Telur yang tidak memiliki calon embrio seperti inilah yang disebut dengan telur infertil atau telur yang tidak subur.

Untuk menghindari hal tersebut, simaklah penjelasan berikut ini tentang cara ternak lovebird agar cepat bertelur.

1. Memasang Lampu Full Spektrum Dalam Kandang Penangkaran

Salah satu cara ternak lovebird agar cepat bertelur menggunakan lampu jenis full spektrum. Sebab jenis lampu inilah yang memiliki spektrum tinggi yang mendekati spektrum dari sinar matahari.

Karena, sinar matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan, tidak hanya bagi kehidupan manusia, tapi juga bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup, seperti burung dan tumbuhan.

Lampu spektrum tinggi yang digunakan sebaiknya memiliki suhu warna 5.500 K (Kelvin), sehingga secara visual membuat nyaman dan memberi suasana sejuk serta tenang kepada burung lovebird di dalam kandang.

Untuk penempatan lampu tersebut, taruhlah di bagian atas kandang yang digunakan sebagai penangkaran.

Lampu penerangan jenis ini juga bisa digunakan dalam kandang yang jarang terkena cahaya atau sinar matahari secara langsung.

Penerangan jenis ini juga bisa diberi timer, apabila burung membutuhkan waktu istirahat 10 jam dalam keadaan gelap dalam waktu satu hari, seperti pada waktu malam hari.

Kita juga dapat mengatur jadwal pemberian cahaya pada kandang burung lovebird, agar burung lovebird dapat berkembang biak dalam siklus yang normal.

2. Memasang Kotak Sarang Secara Tepat

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur sebaiknya kita juga memperhatikan kotak sarang yang digunakan sebagai tempat mereka bertelur.

Kita dapat memasang Glodok, atau kotak yang mereka gunakan untuk bertelur dengan ukuran yang disesuaikan dengan burung lovebird.

Kita tidak boleht menggunakan Glodok dengan ukuran yang terlalu kecil, seperti Glodok untuk burung parkit, atau glodok yang memiliki ukuran terlalu besar, seperti Glodok yang digunakan untuk burung nuri.

Glodok yang baik untuk digunakan kepada burung lovebird harus memiliki diameter yang sesuai dengan ukuran tubuh burung lovebird tersebut.

Bagian dalam Glodok sebaiknya juga jangan terlalu sempit, akan tetapi tidak boleh terlalu luas juga.

Untuk melengkapi kenyamanan burung lovebird didalam Glodok, sebaiknya masukkan serutan kayu bersih kedalam kotak sarang atau Glodok dengan ketebalan 2,5 cm.

Biasanya, burung lovebird akan menata ulang dan mengatur pembuatan sarangnya sendiri, dengan cara membuang sebagian serutan kayu yang sudah disediakan oleh pemeliharanya.

3. Menempatkan Pasangan Lovebird Lain Dalam Satu Ruangan

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur satu ini sangatlah baik untuk dilakukan dan diperhatikan kepada burung lovebird kita.

Menempatkan pasangan lovebird lain dalam satu ruangan berfungsi merangsang burung betina yang belum bertelur agar cepat bertelur.

Hal ini karena, burung lovebird yang belum bertelur akan terpancing oleh suara yang dikeluarkan oleh betina lovebird lain yang sedang bertelur.

4. Mengubah Dan Mengatur Pola Makan

Mengubah pola makan pada burung adalah salah satu cara yang kerap digunakan oleh para penangkar, terutama dikalangan penangkar lovebird.

Perubahan pola makan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan untuk merangsang birahi burung lovebird dan segera melakukan perkawinan.

Kemudian berikan pula makanan yang dapat memicu hormon burung lovebird betina agar cepat bertelur.

Jenis makanan yang bisa digunakan antara lain, kangkung, taoge, biji kuaci.

5. Memberikan Suplemen Untuk Burung Lovebird

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur yang terakhir adalah memberikan suplemen pada burung lovebird, tetapi cara ini tidak harus dilakukan.

Kita bisa memberikan suplemen tersebut sesuai keinginan kita.

Sebenarnya, tujuan dari pemberian suplemen pada burung lovebird baik jantan maupun betina adalah untuk meningkatkan birahi burung lovebird.

Selain itu, pemberian suplemen pada burung lovebird juga berfungsi untuk meningkatkan peluang telur agar dapat menetas.

Serta, manfaat lain dari pemberian suplemen adalah untuk menjaga kesehatan anakan burung yang baru saja menetas.

Namun, dalam memberikan suplemen kita tidak boleh sembarangan, pilihlah suplemen yang berkuaitas dan terpercaya yang telah direkomendasikan oleh para ahli atau oleh dokter hewan.

6. Mengamati Minum Lovebird

Usahakan minuman lovebird diganti dengan minuman yang baru setiap harinya.

Selain mengganti minuman lovebird dengan minuman yang baru, kita juga harus membersihkan cepuk atau tempat minum lovebird dengan cara digosok, kemudian wadah tersebut dengan bersih.

Setelah cukup bersih dari kotoran atau lumut, berikanlah minuman pada burung lovebird dengan air mineral, bisa juga menggunakan air sumur yang tidak mengandung unsur besi dan tidak berlumpur.

Dengan menggunakan air minum yang bersih, pasti burung akan terjaga kesehatannya serta tidak terkena penyakit yang bersumber dari air minum yang tercemar.

7. Penyebab Lovebird Sulit Bertelur

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi burung lovebird untuk sulit bertelur, adapun faktor yang mempengaruhi burung lovebird betina untuk sulit bertelur adalah:

  • Jenis burung lovebird betina yang dikawinkan merupakan hasil dari Persilangan antara lovebird klep dan burung lovebird jenis non-klep.
  • Keturunan yang dihasilkan dari persilangan tersebut adalah lovebird filial pertama dengan istilah lain disebut semi klep.
  • Pada umumnya yang terjadi di ketika antara burung lovebird jantan dan betina berbeda jenis, telur yang dihasilkan akan bersifat infertil.

Dan dalam beberapa kasus yang telah terjadi, lovebird betina berjenis semi klep tidak dapat menghasilkan telur.

Selain itu, Burung lovebird termasuk dalam jenis burung monomorfik seksual, atau memiliki penampilan yang sama antara burung jantan dan betina.

Maka sangat memungkinkan, jika burung yang kita anggap berjodoh, ternyata memiliki jenis kelamin yang sama-sama jantan.

Maka dari itu, meskipun kita tunggu sampai kiamat kurang 2 hari burung tersebut tidak akan bisa bertelur.

Tidak ada catatan yang pasti terkait dengan usia kematangan burung lovebird betina yang telah siap reproduksi.

Maka, sangat memungkinkan juga apabila betina tidak kunjung bertelur tersebut dikarenakan usia burung lovebird betina belum mencapai usia dewasa.

Pengunjung juga mencari:

  • lampu full spektrum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *