Cara Ternak Kenari Koloni Paling Mudah Dan Efektif
Kenari

Cara Ternak Kenari Koloni Paling Mudah Dan Efektif

Cara Ternak Kenari Koloni – Burung kenari merupakan salah satu dari jenis burung pemakan biji-bijian, tersebut memiliki serta memiliki warna yang cantik dan bagus.

Oleh karena itu, bukan suatu hal yang mengherankan jika banyak kalangan kicau mania yang ingin memelihara dan membudidayakannya.

Untuk saat ini, sudah banyak di kalangan kenari serta menernak burung kenari atau menempatkan burung kenari dengan jumlah banyak dalam satu kandang.

Perlu diketahui, beternak memang memiliki banyak keuntungan yang akan kita peroleh.

selain untuk memenuhi kesenangan hati dari memelihara burung kenari, kita juga dapat keuntungan burung kenari tersebut.

tinggi dan rendahnya harga jual, dipengaruhi oleh kualitas dari burung kenari yang kita pelihara.

Jika kita membeli calon indukan yang kita rawat sejak anakan maka bisa saja kita mendapatkan keuntungan dari hasil burung kenari yang berkualitas tersebut, yang memiliki suara indah serta warna bulu yang cantik.

Cara Ternak Kenari Koloni

Cara ternak kenari koloni, sebenarnya ada beberapa metode yang bisa kita lakukan.

Baik menggunakan metode kandang secara terpisah dari tiap-tiap pasangan, ataupun menggunakan kandang koloni dengan menempatkan penari berjumlah banyak dalam satu kandang.

1. Persiapkan Kandang

Hal yang pertama harus dilakukan untuk cara ternak kenari koloni yaitu dengan mempersiapkan kandang terlebih dahulu.

Model kandang yang akan kita gunakan harus tersedia dan menjadi modal utama untuk melakukan bisnis ini.

Maka, langkah pertama yang harus disiapkan sebelum indukan burung kenari yaitu mempersiapkan kandang.

Untuk ukuran kandang burung kenari sendiri, sebaiknya menggunakan ukuran yang sesuai dengan kapasitas jumlah burung kenari yang akan kita ternak.

Usahakan pula, kandang yang kita sediakan dapat memberikan rasa nyaman kepada burung kenari sehingga dapat berterbangan kesana kemari di dalam kandang.

Paling tidak, ukuran kandang burung kenari untuk cara ternak kenari koloni haruslah kandang dengan ukuran besar.

Kemudian, barulah kita posisikan kandang tersebut di tempat yang strategis.

Sebaiknya anda tidak menyusun atau udang lepas begitu saja dan tidak memberikan tempat berteduh untuk burung kenari.

Kita juga harus menyediakan lampu di dalam kandang tersebut yang berfungsi sebagai penerangan pada malam hari dengan menggunakan lampu neon tegangan 10 watt.

2. Pemilihan Indukan

Selain mempersiapkan kandang, kita juga harus memilih calon indukan yang tepat.

Karena pemilihan indukan merupakan faktor yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis ternak burung kenari.

Dalam pemilihan calon indukan yang berkualitas Kita juga harus mempertimbangkan kualitas dari pejantan dan juga betinanya.

Pastikan semuanya dalam kondisi sehat, karena jika ada satu saja dari burung kenari tersebut yang terserang penyakit, maka akan cepat menular kepada burung kenari yang lain.

Salah satu ciri-ciri pejantan yang berkualitas dan bisa dijadikan sebagai calon indukan yaitu memiliki kicauan yang gacor dan juga memiliki warna bulu yang indah.

Sebaiknya, kita juga memilih calon indukan jantan yang memiliki benjolan merah pada bagian bawah sebagai tanda bahwa dia sudah siap untuk kawin.

Sedangkan untuk ciri-ciri indukan betina, pilih lah calon indukan yang memiliki nafsu makan tinggi dan warna bulu yang cerah.

3. Pembuatan Tengger

Kita sukses untuk memasukkan indukan ke dalam kandang koloni maka Tahap selanjutnya adalah menyiapkan tenggeran yang cocok untuk hinggap burung kenari.

Kita juga harus dapat memasangkan tenggeran yang terbuat dari ranting pohon jambu biji atau dari petai cina.

sebelum memasangka tenggeran tersebut ke dalam kandang, sebaiknya kita rapihkan terlebih dahulu bagian-bagian dari ranting yang tidak berguna agar burung kenari lebih nyaman untuk bertengger.

4. Pemberian Pakan

Dalam hal pemberian pakan, merupakan suatu proses yang sangat penting disediakan dan dicukupi setiap harinya dalam perawatannya. Inilah cara ternak kenari koloni.

Karena, cara ternak kenari koloni dalam pemberian pakan, memiliki dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan hidup burung kenari tersebut.

Sedangkan ragam pakan yang dapat kita berikan kepada burung kenari dapat berupa makanan pokok maupun pakan ekstra.

Maka dari itu, untuk jenis pakan pokok semdiri harus memiliki kandungan nutrisi tinggi dan gizi yang cukup untuk kebutuhan burung kenari tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *