Cara Terapi Lovebird Agar Ngekek Panjang Dengan Cepat
Lovebird

Cara Terapi Lovebird Agar Ngekek Panjang Dengan Cepat

Kicaumania harus tahu cara terapi lovebird agar ngekek panjang dengan cepat supaya burung lovebird anda menjadi sang jawara dalam sebuah perlombaan. Terdapat berbagai cara yang perlu dilakukan bagi para pemeliharanya.

Dan tahap yang sering kali dilakukan oleh kicau mania yaitu dengan membuat ramuan dengan bahan-bahan alami untuk Lovebird mereka, serta racikan pakan Lovebird.

Atau melalui pemasteran Lovebird dengan berbagai suara masteran dari burung yang lainnya. Ternyata masih terdapat langkah lain yang diyakini bisa membuat Lovebird lebih gacor, yaitu dengan terapi Lovebird agar ngekek panjang selama kurun waktu satu minggu saja.

Tapi cara terapi Lovebird ini dilaksanakan untuk Lovebird yang sudah berumur cukup, namun performanya belum begitu maksimal. Tidak hanya itu, cara terapi ini juga sangat baik untuk Lovebird yang sudah gacor, namun performanya yang semakin menurun.

Cara Terapi Lovebird Agar Ngekek Panjang

1. Memandikan Burung

Idealnya terapi lovebird agar ngekek panjang pada pagi hari. Saat jam 07.00 wib pagi, Lovebird dimandikan dengan menggunakan hand sprayer hingga basah kuyup. Jika selama ini Anda sering membiarkan burung mandi di bak ataupun karamba. Anda bisa mencoba menggantinya dengan cara menyemprotnya dulu.

Dalam terapi ini usahakan sedapat mungkin Anda menyemprot Lovebird mulai dari atas bagian kepala burung dan jangan sampai mengenai bagian matanya.

2. Penjemuran

Setelah selesai mandi, jemurlah Lovebird hingga pukul 10.00 wib. Lokasi penjemuran Lovebird bisa dilakukan di teras rumah. Dan pastikan tidak ada hewan-hewan predator yang ada di lokasi penjemuran. Sehingga lingkungan penjemurannya aman. Hewan predator seperti ular, kucing, semut, tikus, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa meletakkanya pada suatu tempat yang jauh dari jangkauan hewan predator tersebut.

Sesudah dijemur, sebaiknya cepat-cepatlah diangkat segera. Anda dapat mengangin-anginkannya selama 5 menit saja, sebab burung lovebird membutuhkan adaptasi.

Jika burung Lovebird berasal dari suhu yang panas kemudian dipindahkan pada lokasi yang mempunyai suhu normal, tentunya akan kurang baik untuk kesehatan tubuh burung Lovebird tersebut.

3. Mandi Semprot Tahap Kedua

Langkah selanjutnya adalah lakukanlah terapi mandi semprot tahap kedua. Terapi untuk lovebird agar ngekek panjang ini tidak jauh beda dengan tahap yang pertama. Lovebird disemprot hingga basah kuyup, lalu dijemur lagi hingga pukul 12.00 wib. Cara ini juga bisa untuk mengontrol birahi lovebird.

Meskipun demikian, dalam langkah ini, lokasi penjemurannya memang yang berbeda. Dalam terapi mandi yang kedua ini, sebaiknya tempat penjemuran tidak secara langsung terkena sinar matahari.

Usahakan burung lovebird tetap merasa hangat dengan adanya udara siang hari. Tapi perlu diingat, jangan sampai terlalu kepanasan agar lovebird tidak mati.

Setelah penjemuran usai, lalu digantung pada lokasi biasanya serta diangin-anginkan, Sebaiknya Lovebird Anda diistirahatkan. Bisa juga burung lovebird tersebut ditempel pada burung yang sering digunakan dalam memaster Lovebird. Anda dapat mendekatkan burung lovebird anda dengan lovebird yang lain yang memliki performa yang sepadan.

4. Pakan Lovebird

Dalam terapi lovebird agar ngekek panjang, harus tetap memperhatikan urusan pakannya juga. Untuk waktu pemberian dan menu pakan Lovebird tidak beda dengan biasanya.

Dianjurkan untuk menu pakan Lovebird agar bisa semakin beragam agar tidak monoton. Di dalam pakan harian burung Lovebird, Anda bisa memberikan milet merah ataupun milet putih, biji Kenari atau canary seed, haver atau biji oat.

Anda juga bisa memberi buah apel merah, jagung manis, toge atau kecambah, dan macam-macam sayuran seperti kangkung. Kemudian untuk takaran dan porsi pakan Lovebird, Anda dapat meraciknya dengan sebaik mungkin.

5. Kebersihan Kandang

Jangan Anda lewatkan juga, agar selalu menjaga kebersihan sangkar serta juga berbagai aksesoris yang terdapat di dalamnya. Seperti halnya wadah minum, wadah pakan, kotoran di dasar sangkar, tangkringan, dan lain sebagainya.

Apabila keadaan sangkarnya bersih, maka lovebird juga akan sehat dan jauh dari berbabagi macam penyakit yang akan menyerangnya.

Jika sangkar kayu telah tampak kusam atau berjamur karena terkena air hujan, maka Anda bisa membuatnya mengkilap dengan cara yang simpel dan sederhana. Terapi seperti ini bisa merubah performa lovebird dalam kurun waktu antara 3 sampi dengan 6 harian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *