Cara Perawatan Kenari Mabung Dengan Benar Dan Mudah
Kenari

Cara Perawatan Kenari Mabung Dengan Benar Dan Mudah

Cara perawatan kenari mabung – Mabung adalah sebuah masa dimana setiap jenis burung akan merontokkan bulu-bulunya. Mabung juga biasa disebut molting atau juga mranggas.

Pergantian bulu lama menjadi bulu baru ini terjadi secara berkala pada setiap jenis burung dan beberapa jenis unggas lainnya.

Mabung juga terjadi pada burung kenari, mereka akan merontokkan bulunya secara berkala dan terkadang disebabkan oleh faktor yang lain juga.

Maka, sebagai pecinta burung haruslah mengetahui cara perawatan kenari mabung dengan benar dan mudah, agar tidak salah penanganan dan mempercepat masa mabung.

Umumnya, burung akan menyerap 25% protein yang terdapat dalam tubuhnya.

Oleh karena itu perawatan kenari mabung yang harus dilakukan adalah memberikan asupan protein tambahan untuk memenuhi kebutuhan protein pada tubuh burung kenari.

Pada umumnya, burung kenari yang sedang mabung akan merontokkan semua bulu-bulunya hingga tampak jelas kulitnya.

Pada saat mabung, burung kenari justru akan terlihat lucu karena bulu kepalanya akan botak dan plontos.

Kita tidak perlu khwatir ketika masa mabung burung kenari yang kita miliki menjadi malas untuk bersuara, itu adalah hal yang wajar dialami oleh setiap burung kicau yang sedang mabung.

Ciri-ciri burung kenari yang sedang mabung akan sangat mudah dikenali, di antara cirinya adalah kerontokan pada bulu baik sebagian atau bahkan keseluruhan.

Selain itu ciri burung kenari yang sedang mabung juga di barengi dengan kemalasan burung untuk bernyani.

Ciri-Ciri Kenari Mabung

Semua jenis burung, pada umumnya akan mabung ketika mencapai usia 3 sampai 4 bulan, begitu juga dengan burung kenari mabung untuk fase pertamanya.

Ini adalah hal yang wajar dialami oleh burung kenari, karena mabung adalah proses pergantian bulu anakan menjadi bulu dewasa yang lebih cantik.

Bulu yang tumbuh setelah mabung akan lebih cerah serta memiliki warna yang kuat dan mengkilap yang mengesankan masa kedewasaan.

Masa mabung pada burung kenari tidak hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, namun mabung adalah suatu fase yang terjadi secara berkala.

Kerontokan atau pergantian bulu ketika masa mabung dimulai dari bulu dada, bahu, tengkuk yang memiliki ukuran kecil atau lebih halus.

Setelah itu baru bulu yang memiliki ukuran yang lebih besar akan menyusul untuk rontok, seerti bulu punggung, ekor dan juga sayap.

Fase pergantian bulu yang dialami oleh burung kenari sampai sempurna memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu anatara 5 sampai 6 bulan.

Lama dan singkatnya masa mabung bisa dipengaruhi oleh bebrapa faktor, seperti asupan vitamin, gizi, protein, mineral dan dipengaruhi juga oleh sinar matahari.

Ketika burung kenari sedang mengalami masa mabung, kita harus lebih ekstra dalam memperhatikan kebutuhan pakan dan perawatan bagi burung kenari.

Karena tingkat perawatan sangat mempengaruhi kesehatan hingga lamanya proses mabung, semakin sehat seekor burung maka akan semakin cepat juga dia akan melalui masa mabungnya.

Fase mabung yang kedua biasanya akan terjadi ketika burung kenari telah mencapai usia 1 tahun, biasanya fase mabung ke-2 ini akan lebih parah jika dibandingkan dengan fase mabung pertamanya.

Dalam fase kedua ini, sangat memungkinkan burung kenari bisu atau tidak berkicau sama sekali bagi yang berjenis kelamin jantan.

dan pada masa mabung kedua ini, baik burung kenari jantan maupun burung kenari betina akan kehilangan birahinya untuk melakukan kawin.

Maka pada masa ini jangan paksakan burung kenari kita untuk melangsungkan penjodohan, karena hal tersebut akan membuat burung kenari semakin stres.

Nafsu makan burung kenari ketika mengalami mabung juga akan menurun, mereka akan lebih suka mengais-ngais bulu mereka yang telah rontok.

Berbeda dengan mabung pertama, pada mabung kedua yang dialami oleh burung kenari akan diawali dengan kerontokan bulu pada bagian ekor dan sayap.

Meskipun fase kedua burung kenari keadaannya lebih para jika dibandingkan dengan fase pertamanya namun Fase mabung kedua bisa dikatakan memiliki waktu yang relatif lebih singkat dari yang pertama.

Fase mabung kedua biasanya terjadi dalam waktu 1 sampai 2 bulan, setelah itu terjadi maka satu bulan selanjutnya bulu burung kenari akan tumbuh dan lengkap seperti sebelumnya.

Namun burung kenari yang sudah menyelesaikan masa mabungnya tidak bisa langsung dikawinkan, karena birahi pada burung kenari setelah mabung belum pulih seperti semula.

Diperlukan waktu antara tiga sampai 4 bulan untuk burung kenari bisa mengembalikan birahinya dan melangsungkan perkawinan.

Faktor Pengaruh Kenari Mabung

Mabung yang dialami bebrapa jenis burung termasuk burung kenari ternyata memiliki beberapa faktor selain faktor umur.

Biasanya burung kenari yang mabung ketika masih muda akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk pulih jika dibandingkan dengan burung kenari yang sudah dewasa.

Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti pengaruh alam, suhu, keadaan lingkungan, serta cuaca ekstrim yang bisa saja berpengaruh pada kerontokan bulu burung kenari.

Ada juga yang mabung karena faktor musiman, biasanya burung yang mabung dengan faktor ini ditandai dengan kerontokan bulu yang dialami oleh semua jenis burung yang ada dirumah kita.

Selain itu, faktor hormon juga dapat mempengaruhi kerontokan pada bulu burung kenari, hormon yang tidak stabil dalam tubuh burung akan memacu bulu-bulu burung untuk rontok atau mabung.

Untuk faktor hormon biasanya terjadi ketika burung kenari sedang pada kondisi birahi dan belum tersalurkan. Jika telah mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhinya, maka kita akan semakin mudah dalam perawatan kenari mabung.

Perawatan Kenari Mabung

Mabung adalah masa yang paling rawan bagi seekor burung untuk stres, bisu, sakit bahkan mati.

Namun, perlu kita ketahui, bahwa ketika masa mabung terjadi adalah masa dimana kita dapat memaksimalkan potensi kicauan burung kenari setelah mabung.

Dengan kata lain, bisa disimpulkan bahwa mabung adalah masa yang sangat menentukan untuk keberlangsungan kualitas burung kenari selanjutnya.

Maka dari itu, cara perawatan kenari mabung dengan benar dan mudah sangat penting untuk dikuasai oleh para pecinta kenari mania.

Salah satu perawatan kenari mabung yang benar serta baik adalah pemberian asupan makan yang bergizi untuk mempercepat selesainya masa mabungnya.

Pakan yang kita berikan haruslah mengandung cukup protein, vitamin serta mineral yang berfungsi untuk merangsang tumbuhnya kembali bulu burung kenari yang sudah rontok.

Jika kita memahami pola burung kenari yang kita miliki, sebenarnya untuk perawatan kenari mabung bukanlah suatu hal ang susah.

Kita hanya perlu memahami dan mengerti apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada saat proses perawatan kenari mabung.

Terlepas dari itu, yang kita perlukan untuk perawatan kenari mabung adalah keuletan serta ketelatenan.

1. Jauhkan Dari Keramaian

Ketika burung kenari sedang mengalami proses mabung akan sangat rawan stres dan terganggu dengan keadaan lingkungan sekitar.

Salah satu yang perlu dilakukan untuk perawatan kenari mabung  mengatasi burung kenari yang sedang mengalami masa mabungnya adalah dengan cara menghindarkan dari keramaian.

Selain itu, hindarkan juga dari gangguan predator seperti kucing, tikus dan jenis predator lainnya yang bisa memangsa atau sekedar mengganggu ketenangan burung kenari.

Sebaiknya kita tutup sangkar atau kandang burung kenari dengan krodong agar terhindar dari gangguan hewan lain,.

Mengkrodong atau menutup sangkar burung kenari juga bermanfaat untuk menjaga stabilitas atau keseimbangan suhu dakam sangkar.

Menutup sangkar dengan krodong juga berfungsi untuk menjaga ketenangan serta kefokusan burung kenari melewati masa mabungnya.

2. Perhatikan Porsi Makan

Perawatan kenari mabung yang harus dilakukan selanjutnya adalah memperhatikan asupan pakan yang harus kita berikan kepada burung kenari yang sedang mabung.

Selama proses mabung sebaiknya kita tambah porsi pakannya, karena pada saat mabung burung kenari membutuhkan energi dan nutrisi ekstra untuk menjaga kondisinya tetep prima.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam pakan akan sangat berpengaruh pada cepat atau lambatnya proses mabung selesai.

Maka dari itu jagan abaikan asupan pakan burung kenari ketika sedang mengalami masa mabungnya.

3. Penjemuran

Tahap perawatan kenari mabung selanjutnya adalah melakukan penjemuran.

Proses penjemuran bisa dilakukan dua kali dalam seminggu, lama penjemuran yang diperlukan kurang lebih 20 sampai 30 menit.

Sebaiknya proses penjemuran yang dilakukan pada burung kenari yang sedang mabung tidak terlalu lama dan tidak terlalu sering.

Karena pada saat mabung, burung kenari tidak memiliki cukup bulu untuk melindungi dan manjaga suhu tubuhnya dari paparan sinar matahari.

Setelah itu, kita bisa memberinya dengan asupan pakan bernutrisi dari biji-bijian yang berkualitas seperti ebood canary.

Sedangkan pada minuman burung kenari bisa ditambah atau dicampur dengan multivitamin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatannya.

Kita bisa memberikan ebood vit dangan dosis 5 sampai 10 tetes pada air 50 ml sebagai minumannya, lakukanlah hal tersebut sampai kondisi burung kenari benar-benar kembali seperti semula.

4. Pemberian Nutrisi

Pemberian nutrisi burung juga tidak kalah pentingnya, pemberian nutrisi berfungsi untuk memperlancar pembentukan bulu saat perawatan kenari mabung.

Nutrisi yang diberikan bisa berupa ebood breeding agar burung kenari tidak kekurang nutrisi methoinin, tryptophan dan lysine.

Pemberian nutrisi bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan takaran 5 sampai 10 tetes pada air sebanyak 50 ml.

Ketika pemberian ebood vita tau ebood breeding burung kenari kita mengalami perubahan perilaku yang aneh, sebaiknya pemberian nutrisi dihentikan terlebih dahulu untuk menghindari dampak buruk.

5. Makanan Tambahan

Perawatan kenari mabung selanjutnya adalah memperhatikan makanan tambahan. Pemberian makanan tambahan ketika burung kenari sedang mengalami mabung juga sangat dianjurkan.

Kita bisa memberikan makanan tambahan berupa buah-buahan seperti apel, peer, anggur dan jenis sayur-sayuran seperti sawi, selada dan sayuran lainnya.

Kita juga bisa memberi pakan tambahan berupa telur puyuh atau egg food sebagai makanan tambahan bagi burung kenari.

Selain memperhatikan asupan makanan tambahan, kita juga perlu memperhatikan pencernaan bagi burung kenari yang sedang mabung.

Berilah grift untuk memperlancar pencernaan mereka, karena burung yang sedang mabung akan merasa susah untuk mencerna makanan mereka.

Pemberian yodium serta kalsium juga penting bagi burung yang sedang mabung, ini berfungsi sebagai nutrisi yang membangun serta merangsang pertumbuhan tulang bulu mereka yang telah rontok.

6. Mandikan Dengan Shampoo

Untuk menjaga kebersihan serta kesegaran burung kenari maka kita perlu memandikannya, ini sebagai salah satu cara perawatan kenari mabung.

Memandikan burung yang sedang mabung sedikit berbeda dengan memandikan burung yang dalam keadaan prima.

Ketika memandikan burung yang sedang mabung sangat dianjurkan menggunakan shampoo khusus burung untuk membersihkan tubuh mereka dari gangguan kuman dan kutu yang bisa mengganggu kesehatan mereka.

Gunakan produk shampoo yang mengandung aloevera untuk menghaluskan bulu mereka yang baru tumbuh.

Kandungan Aloevera pada shampoo juga berfungsi untuk menyuburkan bulu burung kenari agar lebih indah dan mengkilap.

7. Pemasteran

Prses terakhir dari cara perawatan kenari mabung dengan benar adalah melakukan pemasteran pada burung kenari kita.

Karena pada saat mabung, konsentrasi dan daya ingat burung kenari meningkat, dan saat itulah waktu yang tepat untuk melakukan pemasteran.

Kita bisa memperdengarkan suara kicauan burung kenari gacor melalui HP atau media lainnya untuk meningkatkan kualitas burung kenari kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *