4 Rahasia Cara Merawat Kenari Untuk Lomba Dan Pasca Lomba
Kenari

Cara Merawat Kenari Untuk Lomba Dan Pasca Lomba

Cara Merawat Kenari Untuk Lomba Dan Pasca Lomba – Keberadaan burung kenari dalam dunia berkicauan indonesia telah mencapai kepopulerannya.

Selain karena keindahan pada bulunya, burung kenari juga diminati karena memiliki variasi kicauan yang sangat merdu.

Karakter kicauan yang ngerol serta gacor menjadikan burung kenari ini sangat mudah menarik minat para kicau mania untuk memeliharanya.

Dari kualitas kicauan yang begitu merdu, menjadikan burung kenari sebagai tokoh utama dalam setiap ajang perlombaan burung kicauan bergengsi.

Bukan suatu hal yang mudah bagi para pemelihara untuk mencetak kenari yang dapat menjuarai sebuah ajang perlombaan.

Diperlukan ketelatenan serta perawatan khusus, agar burung kenari memiliki karakter suara yang gacor serta ngerol, dan tentunya memiliki mental petarung agar tidak dalam event perlombaan.

Jika anda memiliki burung kenari di rumah, dan menginginkan burung kenari anda ikut serta dalam sebuah ajang perlombaan maka anda perlu menyimak baik-baik cara kenari untuk lomba berikut ini.

Bagaimana cara merawat kenari untuk lomba?

Berikut sedikit ulasan dari kami.

Cara Merawat Kenari Untuk Lomba Perlu Diperhatikan

Pada dasarnya, cara merawat kenari untuk lomba tidaklah jauh berbeda dengan pola perawatan burung kicau lainnya.

Perawatan harian yang dilakukan dengan konsisten, serta ketelatenan dan kesabaran menjadi kunci utama yang menjadi keberhasilan dalam merawat kenari untuk lomba.

Untuk mendapatkan burung kenari dengan kualitas kicauan yang merdu tentu faktor utama adalah kesehatan dari burung kenari tersebut.

Perawatan harian yang dilakukan secara konsisten dan telaten juga menjadi faktor penentu dalam proses perawatan burung kenari untuk lomba.

Perawatan harian dapat kita mulai dari pada pukul 07.00 dengan mengangin-anginkan burung kenari di teras rumah selama 30 menit.

Setelah itu kita dapat memandikan burung kenari dengan syarat disemprot di gantungan atau dengan kebiasaan burung kenari yang kita miliki seperti biasanya.

Selain itu kita juga dapat membersihkan kandang untuk menjaga kebersihan serta memberikan pakan dan minum yang memiliki nilai gizi dan dapat menjaga kebugaran dari burung kenari.

Setelah menjelang pukul 08.00 dapat menjemur burung kenari kesayangan kita selama 1 sampai 2 jam, lakukan hal tersebut secara rutin agar burung kenari kita dapat asupan vitamin dari cahaya matahari pagi. Ini di antara cara merawat kenari untuk lomba.

Setelah proses penjemuran selesai kita dapat mengangin-anginkan kembali kenari kesayangan kita selama 10 menit di teras rumah untuk menstabilkan suhu tubuh pasca penjemuran.

Setelah itu kita dapat memasang krodong untuk menutup sangkar burung kenari.

Ketika waktu pengerodongan kita juga dapat melatih kicauan burung kenari dengan memperdengarkan suara masteran lainnya yang memiliki kualitas kicauan yang gacor.

Proses pemasteran sangat efektif dilakukan ketika burung kenari sedang melakukan istirahat siangnya, karena pada waktu itu burung kenari memiliki ke fokusan tinggi untuk mengingat suara kicauan yang diperdengarkan nya.

Menjelang waktu sore, pukul 15 30 dapat mengangin-anginkan kembali, dan memandikan burung kenari kita apabila dirasa perlu.

Selain itu, kita juga harus selalu mengontrol asupan pakan dan juga minuman burung kenari kita.

Usahakan pada waktu malam hari, ketika burung kenari Istirahat di dalam sangkar berkrodong tetap memperdengarkan suara masteran agar burung kenari kita memiliki kualitas kicauan yang bagus.

Cara merawat kenari untuk lomba dengan metode di atas, tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk mempersiapkan burung kenari kesayangan kita agar memiliki stamina dan mental yang bagus pada saat berada di gantangan.

Kita juga dapat memberikan asupan pakan yang sangat di gemari oleh burung kenari, tiga hari sebelum menjelang perlombaan.

Tersebut juga bertujuan agar burung kenari lebih rajin bersuara serta menstabilkan birahi burung kenari agar ketika berada di gantangan burung kenari tetap rajin berbunyi.

1. Perawatan Burung Kenari Setelah Lomba

Cara merawat kenari untuk lomba yang baik dan benar tidak hanya dilakukan ketika mau melakukan tantangan saja, tetapi juga harus dilakukan setelah mengikuti sebuah ajang perlombaan.

Dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kondisi tubuh dari burung kenari dan stamina nya.

Kita dapat burung kenari setelah lomba untuk mengembalikan setelan burung kenari.

Selain itu, kita juga dapat memberikan vitamin 1 hari setelah perlombaan untuk mengembalikan kebugaran burung kenari tersebut.

Pemberian vitamin untuk mengembalikan kebugaran burung kenari dapat dilakukan sampai tidak kalah lomba agar staminanya benar-benar setabil.

2. Penanganan Burung Kenari Saat Over Birahi

Sebagai Pemelihara burung kenari, tentunya kita tidak menginginkan burung kenari kesayangan kita birahi secara berlebihan.

Karena burung kenari yang sedang mengalami over birahi akan sangat mengganggu kualitas kicauan dan membuat staminanya mudah drop.

Maka untuk menangani hal tersebut kita dapat memberikan mentimun selama 2 hari berturut, selain itu kita juga dapat memandikannya lebih sering daripada biasanya.

Sedangkan untuk proses penjemuran kita bisa mengurangi durasinya dan lebih sering memasukkannya dalam kandang umbaran, agar birahi nya kembali stabil.

3. Perawatan Saat Kondisi Kenari Drop

Setelah melakukan pertarungan dalam sebuah ajang perlombaan, biasanya burung kenari akan drop karena telah mengeluarkan suara nya sekuat tenaga.

Untuk menghindari atau menangani burung kenari yang sedang drop pasca perlombaan, kita dapat memberikan pakan berupa buah apel dalam waktu 4 hari secara berturut-turut.

Juga dapat memberikan pakan tambahan lain berupa campuran lin seed, biji fumayin,dan niger seed pada makanan burung kenari.

Selain itu kita juga dapat menambah porsi pakan berupa kroto sebanyak 3 kali dalam waktu seminggu.

Kita juga dapat memandikannya dua kali sehari dan melakukan isolasi pada burung kenari yang telah mengikuti ajang perlombaan.

4. Penanganan Dan Stelan Burung Kenari Saat Mabung

Kita harus tahu, bahwa semua jenis unggas terutama burung kenari akan mengalami masa mabung atau masa dimana burung merontokkan bulunya dan menggantinya dengan bulu yang baru.

Cara merawat kenari untuk lomba yang sedang mengalami mabung harus ditangani dengan cara yang tepat dan benar agar kualitas burung kenari tidak rusak pasca mabung.

Karena, burung kenari ketika masa mabung, metabolisme tubuhnya akan berkurang sampai 40% dari kondisi normal.

Jika burung kenari kita sedang mengalami masa mabung, sebaiknya kita memberi asupan pakan yang lebih banyak daripada biasanya kepada burung kenari kita.

Kita juga harus mengisolasi burung kenari yang sedang mabung dari gangguan atau suara-suara burung lainnya.

Karena secara alamiah, burung kenari yang sedang mabung akan merespon dan mengeluarkan energi yang lebih banyak untuk berkicau.

Beberapa cara merawat kenari untuk lomba dan setelah lomba, dan cara perawatan dalam kondisi yang lain yang bisa kita jadikan sebagai acuan untuk menjaga kualitas burung kenari kesayangan kita.

Semoga cara merawat kenari untuk lomba yang telah kami jelaskan di atas bisa bermanfaat bagi para kicau mania, khususnya bagi para kenari Mania.

Demikian dari kami, Salam kicau mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *