Pleci

Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor Burung pleci anakan memang memiliki harga jual yang sangat terjangkau, namun apabila kita pandai dalam merawat serta membuat burung pleci gacor dan Ngalas, maka harga jual burung pleci dapat meningkat dengan harga yang tinggi.

Agar burung pleci Anda gacor, sebaiknya anda Simak baik-baik berikut ini.

Bagi orang awam, untuk membedakan jenis burung jantan dan betina sangatlah susah, apalagi jika burung tersebut memiliki ciri fisik yang sama antara burung jantan dan betina.

Namun, anda tidak perlu khawatir ketika anda hendak memilih burung pleci yang ingin anda beli.

Karena burung yang tergolong dalam jenis unggas berukuran kecil ini, memiliki ciri yang sangat jelas untuk membedakan antara betina dan jantan.

Sehingga kita akan mudah mengenali mana burung pleci jantan dan mana burung pleci betina.

Yang membedakan antara burung pleci jantan dan burung pleci betina adalah, terdapat pada lingkar putih di sekitar mata, atau yang orang biasa menyebutnya dengan kacamata.

Selain dari segi fisiknya yang kecil mungil serta indah, burung pleci juga memiliki suara yang merdu serta memiliki kicauan yang beragam dan mampu menarik hati pendengarnya.

Bagi para pecinta burung yang sudah berpengalaman dalam hal burung pleci, mereka membedakan suara pleci dalam 3 karakter.

3 (tiga) karakter tersebut adalah ngalas, ngerol, dan kombinasi antara keduanya yaitu Ngalas dan ngerol.

Untuk mengeluarkan kemampuan serta karakter kicauan pada burung pleci secara maksimal, perlu perawatan yang baik dan serius serta ketelatenan yang lebih.

Lalu, apakah yang harus kita lakukan agar burung pleci peliharaan kita mampu mengeluarkan potensinya secara maksimal?

Inilah 4 Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

 

Berikut merupakan cara merawat burung pleci agar cepat gacor yang bisa kita praktekan kepada burung pleci kesayangan kita.

1. Berikan Pakan Yang Cukup Dan Bergizi

Tidak hanya manusia yang memerlukan makanan bergizi, untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh agar mampu beraktivitas secara maksimal.

Namun, burung juga memerlukan nutrisi yang cukup untuk merangsang kemampuan berkicaunya dengan baik.

Kita dapat memberikan pakan kbergizi kepada burung pleci peliharaan kita, berupa buah-buahan yang memiliki tekstur lembut seperti pisang, pepaya, apel, jenis buah-buahan yang lainnya.

Selain makanan pokok yang berupa buah-buah, burung pleci juga memerlukan extra fooding atau sejenis makanan tambahan, seperti kroto atau ulat Hongkong yang memiliki protein tinggi.

Di alam liar, pleci memakan nektar bunga. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita juga memberikan nektar kepada burung pleci kita.

Namun untuk mencari nektar bukanlah suatu hal yang mudah, kita tidak bisa mendapatkan nektar untuk burung pleci kita, kita bisa menggantikannya dengan air gula.

Kita bisa membuat air gula sendiri dirumah, dengan cara mencampur air dan gula dengan perbandingan ukuran 4 banding 1.

Kita juga perlu memperhatikan makanan burung pleci, agar tidak bosan berilah takaran makanan yang bervariasi.

Memberikan makanan yang sama secara berturut-turut atau justru berikan makanan dengan takaran yang terlalu banyak.

Karena, hal tersebut bisa memicu burung pleci untuk mogok berkicau.

2. Lakukan Pemasteran Rutin

Pemasteran merupakan aktivitas memperdengarkan rekaman kicauan pada burung yang akan kita latih.

Hal ini bertujuan, agar burung kita mampu belajar dengan cepat dan mahir berkicau, serta menirukan suara yang kita perdengarkan melalui masteran yang diperdengarkan secara rutin tersebut.

Untuk burung jenis pleci, pemberian suara bisa menggunakan jenis kicauan yang berbeda.

Masing-masing dapat diputar dengan durasi 30 sampai 60 detik selama 3 kali dalam waktu yang berbeda, yaitu pada waktu sore malam serta pagi hari.

3. Jemur Pleci Secara Rutin

Jika anda memelihara burung pleci, maka hal yang tidak boleh terlewatkan adalah menjemurnya secara rutin.

Penjemuran adalah kebutuhan semua hewan, termasuk hewan jenis unggas atau burung, tidak terkecuali burung pleci.

Kita bisa menjemurnya dua kali dalam sehari secara rutin, yaitu pada waktu pagi antara jam 06.00 sampai jam 07.00 dan juga pada waktu sore hari di saat matahari sebelum tenggelam.

Sebelum melakukan penjemuran, alangkah baiknya jika kita mematikannya terlebih dahulu, dengan cara menyemprotkan air ke dalam sangkar burung pleci.

Apabila burung pleci yang kita miliki berjumlah lebih dari satu, maka sebaiknya mandikan serta jemurlah secara bersama-sama.

Mengumpulkan burung pleci dalam satu tempat ketika memandikan dan berjemur sangat baik untuk merangsang burung pleci agar cepat gacor.

Karena dengan jumlah burung pleci yang banyak, mereka bisa saling bersahut-sahutan sembari berjemur dan melatih kicauan dengan lantang.

4. Latihlah Produksi Dengan Kegiatan Fisik

Kondisi fisik bagi burung merupakan suatu hal yang penting, sama seperti manusia yang untuk menjaga kebugarannya selalu melakukan olahraga rutin atau sekedar menggerakkan badan.

Lantas Bagaimana cara kita untuk menjaga kebugaran burung pleci?

Dengan ukuran sama sangkar yang kecil dan sempit, kita bisa mensiasati nya dengan menaruh dua atau lebih tangkringan dengan jarak yang sedikitagak berjauhan.

Dengan demikian, burung burung pleci dapat melompat secara aktif dari satu tangkringan ke tangkringan yang lain dengan bebas.

Strategi ini sangat bermanfaat bagi burung pleci untuk membakar lemak, sehingga semakin sedikit lemak yang terkandung pada tubuh burung pleci maka akan semakin aktif pula gerakannya.

Selain itu, lemak jahat yang mengganggu saluran pernafasan burung pleci juga akan ikut terbakar dengan maksimal, sehingga burung pleci mampu mengeluarkan suara yang lebih lantang.

Apabila lemak dalam saluran burung burung pleci berkurang, maka burung pleci juga akan mampu berkicau dengan durasi yang panjang.

Jika burung pleci peliharaan kita dapat berkicau dengan lantang dan gacor, tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita selaku pemiliknya.

Untuk bisa membuat burung pleci kita gacor cobalah cara-cara merawat burung pleci agar cepat gacor yang sudah kita yang telah kita bahas.

Demikian pengetahuan tentang cara merawat burung pleci agar cepat gacor yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan menambah kebanggaan kita terhadap burung peliharaan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *