Cara Menyilang Lovebird Agar Beranak Blorok
Lovebird

Cara Menyilang Lovebird Agar Beranak Blorok yang Berkualitas Hebat

Cara menyilang Lovebird agar beranak blorok – Lovebird blorok ialah jenis burung lovebird yang memiliki warna bervariasi di sekitar sayapnya. Dikarenakan sangat jarang ditemukan, wajar jika harga jualnya sangat tinggi. Bahkan harga blorok termurahnya saja bisa mencapai Rp. 1 jutaan. Biasanya harganya tergantung pada warna bloroknya itu sendiri.

Cara Menghasilkan Lovebird Blorok Pied Bs dan Pied Gs

Terdapat 3 jenis lovebird blorok, diantaranya blorok pied gs atau paruh merah, blorok pied bs atau paruh putih, dan ada lagi blorok mottle atau mutasi. Sebelum kita membahas cara menyilang lovebird agar beranak blorok, agar lebih jelasnya kita kenali perbedaan ketiga jenis lovebird blorok tersebut, diantaranya :

1. Ciri-Ciri Lovebird Blorok Pied Bs (Blue Series) atau Paruh Putih

Lovebird jenis pied BS mempunyai ciri-ciri yang hampir sama seperti pied Gs. Pada blorok jenis green sendiri dadanya berwarna kuning, sedangkan pada jenis blorok biru warna dadanya terlihat polos atau tampak daput hingga ke ekor. Sementara pada warna mukanya sendiri, tergantung pada jenisnya. Untuk jenis fischeri mukanya akan berwarna putih, sedangkan jika black cheeked biasanya berjangkut hitam. Hal ini juga berlaku pada motif nyasa liliana.

2. Ciri-Ciri Lovebird Blorok Pied Gs (Green Series) atau Paruh Merah

Lovebird Pied GS biasanya mempunyai ciri-ciri seperti dadanya berwarna kuning dengan dakun polos hingga ekor. Sementara warna pada kepalanya sesuai dengan jenisnya. Untuk jenis fischeri biasanya mukanya berwarna merah tapi jika perso kepalanya berwarna hitam pekat. Sementara di bagian sayapnya sendiri terlihat berwarna blorok tergantung jenis bloroknya.

3. Ciri-Ciri Lovebird Blorok Mottle atau Mutasi

Lovebird Mottle sendiri sebenarnya bukan jenis blorok, sebab di bagian dadanya warnanya tidak full berwarna kuning dari bagian dada hingga ekor pada jenis Gs sama halnya pada jenis blue series lovebird Mottle biasanya warnanya tidak full putih daput hingga ekor. Untuk mutasi mottle sendiri hanya menghadirkan motif blorok di bagian sayapnya. Motif bloroknya biasanya tidak awet sebab akan hilang atau berubah sesudah ganti warna bulu atau mabung.

Bagaimana Cara Mencetak Lovebird Blorok Paruh Merah atau Green Series

Cara menyilang lovebird agar beranak blorok sebenarnya hanya dibutuhkan 1 gen blorok saja dari salah satu lovebird indukannya. Entah itu lovebird betina maupun jantan yang mempunyai gen blorok. Sebagai bahan pertimbangan, alangkah baiknya Anda memakai pejantan dengan gen blorok. Sebab pada lovebird sendiri, gen pejantan mempunyai pengaruh lebih kuat dalam menduplikasi gen ke anakannya.

Lalu, untuk mendapatkan anakan lovebird blorok yang berkualitas, ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini ;

  1. Sebaiknya pilih calon atau bakal indukan yang berpostur tubuh besar dengan motif blorok yang bagus.

  2. Sebaiknya pilih lovebird bermotif sama. Contohnya saja Anda menyilangkan antara Fischery x Fischeri, atau Personata x Personata.

  3. Sebaiknya hindari persilangan lovebird beda motif sebab bisa membuat anakannya akan menjadi hybrid,

  4. Usahakan untuk menyilangkan lovebird paruh putih dengan paruh putih, dan paruh merah dengan paruh merah yang sejenis supaya anakannya mempunyai gen yang semakin kuat atau memiliki galur murni.

Ilustrasi Persilangan Lovebird Blorok Paruh Merah

Untuk mendapatkan lovebird blorok memang tidaklah mudah, sebab Anda perlu memperhatikan dengan benar agar burung yang diciptakan mempunyai suara yang baik dan memiliki warna khas tersendiri. Perlu kesabaran dan perjuangan untuk melakukannya, sebab pada proses perkawinannya tentu Andalah yang harus mengawasi dan memegangnya. Namun itupun sebenarnya belum tentu berhasil sesuai dengan keinginan,  sebab hasil yang diperoleh kemungkinan masih 50 : 50, sehingga tergantung keberuntungan Anda.

Namun sebagai contoh, ada beberapa ilustrasi yang bisa dijadikan referensi Anda, di bawah ini :

  1. Dengan menyilangkan antara blorok paruh merah jenis Fiscery jantan dengan jenis Olive Fiscery yang betina.

  2. Dengan menyilangkan antara jenis blorok hijau muka merah jenis fiscery betina dengan blorok paruh merah jenis fiscery jantan.

  3. Dengan menyilangkan antara Olive Perso betina dengan blorok paruh merah jenis perso jantan.

  4. Dengan menyilangkan antara blorok dakori betina dengan blorok paruh merah jenis perso jantan.

Berdasarkan ilustrasi persilangan burung lovebird blorok di atas maka akan diperoleh anakan jenis blorok green series berkualitas.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menghasilkan anakan LB blorok Blue Series berkualitas, ada beberapa ilustrasi persilangan yang bisa dicoba, berikut ini :

  1. Dengan menyilangkan antara Blorok Vios Fiscery/Batman betina dengan blorok paruh putih jenis fischer jantan.

  2. Dengan menyilangkan antara cobalt/biru Fiscery dengan blorok paruh putih jenis fiscery jantan.

  3. Degan menyilangkan antara Vio Perso/Batman betina dengan blorok paruh putih jenis perso jantan.

  4. Dengan menyilangkan antara Cobalt/biru perso betina denga blorok paruh putih jenis perso jantan.

Menurut ilustrasi persilangan burung lovebird di atas nantinya akan dihasilkan Blorok Blue Series berkualitas.

Itulah cara menyilang lovebird agar beranak blorok berkualitas. Sementara untuk menambah harga jual anakan lovebird jenis Pied Gs Anda dapat menyilangkannya bersama euwing green. Sementara untuk jenis pied bs sendiri dapat disilangkan dengan parblue atau euwing blue. Sementara untuk biola sendiri disarankan disilangkan dengan euwing agar menghasilkan anakan blorok berkualitas bagus dan mempunyai nilai jual tinggi.

Jika Anda ingin mengawinkan sepasang indukan berwarna, maka harus membelinya dengan harga sekitar Rp. 3 juta sampai Rp. 6 jutaan. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *