Kenari

Cara Menjodohkan Kenari Jantan Dan Betina Paling Mudah

Cara menjodohkan kenari jantan dan betina paling mudah – Karakteristik dari burung kenari dapat dikenali dari kicauannya yang merdu serta keindahan warna bulu yang mereka miliki.

Burung kenari juga memiliki ukuran tubuh yang cukup proporsional, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil untuk ukurun seekor burung.

Sebagai seorang pecinta burung kicauan, tentu sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini.

Kepopuleran dari burung kenari yang dikenal oleh banyak kicau mania membuat permintaan pasar selalu meningkat dan mencapai harga penjualan dengan nilai yang tinggi.

Oleh karenanya, membudidayakan burung kenari merupakan lahan yang menjanjikan bagi para pebisnis sekaligus sebagai pecinta burung kicauan.

Bagi para pemula yang menghendaki untuk membudidayakan burung kenari sebagai hobi sekaligus bisnis, harus mengetahui cara-cara jitu untuk sukses dalam mengembangbiakkannya.

Maka dari itu mari kita bahas bersama, cara-cara menjodohkan kenari jantan dan betina agar cepat berkembangbiak.

Budidaya Burung Kenari

Membudidayakan burung kenari menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk saat ini, apalagi dengan dibarengi dengan hobi dengan burung kicauan, tentu akan tambah menyenangkan.

Akan tetapi sebelum kita terjun kedalam dunia usaha pembudidayaan burung kenari, alangkah lebih baiknya jika didahului dengan pengetahuan tentang cara menjodohkan kenari.

Untuk mendapatkan bibit yang unggul, kita perlu mengetahui ciri-ciri dan karakter burung sebagai indukan agar memperoleh anakan yang unggul pula.

Secara fisik, burung kenari termasuk dalam burung dengan ukuran tubuh yang cukup kecil, namun bisa dikatakan proporsional juga, karena memang tidak terlalu kecil juga.

Burung kenari juga dapat dikenali dengan warnanya yang cantik dan menawan, tidak begitu banyak macam warna tetapi tetap menampakan keanggunan.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh burung kenari adalah kicauannya yang merdu serta memiliki banyak variasi, sehingga dapat menenangkan hati pendengarnya.

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh burung kenari, maka tidak heran jika banyak orang ingin memelihara serta membudidaakannya.

Burung kenari dengan keistimewaan yang demikian lah yang bisa dijadikan sebagai indukan agar mendapatkan anakan yang sama seperti indukannya.

Dalam melakukan budidaya burung kenari, biasanya yang pertama kali dilakukan memanglah mencari indukan yang berkualitas.

Untuk memilih indukan yang tepat memang harus benar-benar memahami ciri-ciri indukan yang berkualitas.

Ini merupakan salah satu cara yang bisa digunakan sebagai langkah awal sebelum melakukan budidaya burung kenari di rumah.

Sangat dianjurkan untuk memilih indukan dengan kualitas yang bagus, karena faktor indukan akan sangat berpengaruh pada kualitas anakan yang akan dihasilkan.

Setelah kita mendapatkan calon indukan yang berkualitas, tahap yang harus dilakukan sealnjutnya adalah proses penjodohan.

Untuk mempraktekkan cara menjodohkan kenari, alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui cara serta ciri burung kenari yang sudah siap untuk kawin.

Ciri Kenari Jantan Dan Betina Siap Kawin

Proses yang tergolong sulit dalam membudidayakan burung kenari adalah tahap penjodohan. Karena sebelumnya melakukan perjodohan diperlukan indukan yang sudah siap untuk kawin.

Sebelum melakukan tahap perjodohan, alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui serta menyiapkan calon indukan yang sudah siap untuk kawin.

Bagi yang belum mengetahui ciri-ciri dari burung kenari jantan dan betina, alangkah lebih bainya jika mempelajarai perbedaan antara kenari jantan dan betina terlebih dahulu.

Setelah mendapatkan indukan dari burung kenari jantan dan betina, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kondisi mental serta fisiknya.

Kondisi mental serta fisik kedua burung sangatlah penting untuk dipersiapkan, karena kebanyakan kegagalan pada tahap penjodohan disebabkan kondisi pejantan dan betina kurang siap untuk kawin.

Kesiapan mental serta fisik keduanya harus terpenuhi secara maksimal, seperti kesiapan hormon burung untuk birahi.

Berikut adalah ciri-ciri kenari jantan dan kenari betina ang sudah siap untuk dikawinkan:

1. Kenari Jantan

Kebiasaan ang berlaku pada burung kenari jantan yang telah siap dikawinkan biasanya ditandai dengan kicauannya yang semakin rajin dan juga lebih gacor.

Gaya kicauan burung kenari yang sedang birahi biasanya akan menunjukan gerakan sayap diturunkan kebawah ketika dia sedang berkicau.

Kelantangan suara kicauan juga bisa menjadi tanda bahwa burung kenari jantan telah matang dan siap dikawinkan.

Lantangnya suara burung kenari jantan dalam berkicau juga akan disertai suara yang bertalu-talu tanpa putus dengan durasi yang panjang.

Secara sikap yang bisa kita kenali dari burung kenari jantan siap kawin, adalah gerakan naik turun kandang atau lebih aktif ketika didekatkan dengan kenari betina.

2. Kenari Betina

Mengetahui ciri burung kenari betina yang siap kawin memanglah tidak semudah mengenali burung kenari jantan.

Kita perlu mengamati lebih seksama kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh burung kenari betina.

Pada umumnya burung kenari betina yang telah siap kawin akan merasa gelisah ketika mendengar kicauan dari burung kenari jantan.

Sebagai respon atau tanggapannya kepada pejantan, dia akan mengeluarkan suara lirih seperti mencicit disertai mengepakan sayapnya.

Burung kenari betina yang telah siap kawin biasanya juga akan membawa daun-daun kering, kertas, bulu atau benda apapun yang memiliki tekstur lembut untuk dibawa ke atas.

Tingkah laku tersebut adalah sikap alami seekor burung betina yang telah matang dan siap membuat sarang.

Untuk memastikan bahwa burung kenari betina tersebut sudah siap kawin atau belum, kita bisa melihat dan juga meraba bagian kelaminnya.

Burung kenari betina yang telah siap kawin, kelaminnya akan sedikit menonjol atau membengkak dan berwarna kemerahan.

Cara Menjodohkan Kenari

1. Mengetahui jenis kelamin

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk cara menjodohkan kenari adalah mengetahui jenis kelamin burung kenari yang akan kita jodohkan.

2. Menyiapkan Kandang

Tahap kedua adalah menyiapkan kandang yang cocok bagi burung kenari yang aman dari serangan serangga atau predator yang dapat membahayakan burung tersebut.

Ada banyak varian cara menjodohkan kenari jantan dan betina.

Di antara cara menjodohkan kenari yang telah dilakukan oleh para peternak burung kenari adalah mengenalkan satu sama lain dengan cara mendekatkan kandang dalam waktu yang lama.

Waktu yang ideal untu tahap perkenalan adalah 3 hari, dalam waktu penjodohan ini sangat dianjurkan untuk memberikan makanan yang cocok untuk burung kenari.

Namun perlu diingat, bahwa pemberian makanan harus tetap pada takaran yang ditentukan, karena ketika burung kenari terlalu gemuk akan menghambat proses perjodohan.

Cara Mengawinkan Burung Kenari

Mengetauhui ciri-ciri burung kenari yang telah siap untuk dikawinkan adalah hal yang sangat penting dalam tahap pengawinan.

1. Usia Burung

Burung kenari betina yang telah siap untuk diternak adalah burung kenari betina yang telah mencapai umur 6 bulan, sedangkan untuk burung kenari jantan berumur 8 bulan.

Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua jenis burung kenari memiliki umur yang sama untuk siap dikawinkan.

Jenis burung kenari yang memiliki ukuran bongsor seperti burung kenari Yorkshire memiliki usia kematangan 10 bulan untuk siap kawin.

2. Bertingkah Aneh

Pada umumnya burung kenari yang telah siap dikawinkan akan menunjukkan tingkah laku yang tidak seperti biasanya.

Seperti, berkicau lebih sering dan lebih gacor dari pada biasanya serta menggerakkan kaki secara bergantian ketika bertengger.

Sedangkan sikap yang sering ditunjukkan oleh burung kenari betina adalah menggerakkan sayapnya kebawah serta sesekali menungging yang menandakan isarat minta kawin.

Setelah kita mendapatkan tanda-tanda dari kedua calon indukan ang akan kita pasangkan tersebut, maka segera masukkan dalam satu kandang berukuran besar.

Jangan lupa kasih sekat di bagian tengahnya terlebih dahulu untuk memberikan masa penyesuaian bagi keduanya.

Apabila dirasa sudah ada kecocokan, baru keduanya bisa disatukan dalam satu kandang. Tanda dari burung kenari yang sudah berjodoh adalah ketika mereka berdekatan akan saling meloloh.

Jika hal tersebut telah terjadi, maka kita tunggu saja sampai proses perkawinan antara burung kenari jantan dan betina terjadi.

Waktu perkawinan tidak bisa diperkiraan secara pasti, proses perkawinan bisa berlangsung singkat atau bahkan memerlukan waktu berhari-hari.

Namun untuk burung kenari betina yang sebelumnya sudah pernah bertelur, proses ini akan berlangsung dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *