Cara Mengontrol Birahi Lovebird Sebelum Ikut Dalam Perlombaan
Lovebird

Cara Mengontrol Birahi Lovebird Sebelum Ikut Dalam Perlombaan

Cara Mengontrol Birahi Lovebird Sebelum Ikut Dalam Perlombaan – Lovebird merupakan jenis burung kicau yang paling sering diikutsertakan dalam acara perlombaan. Karena lovebird memiliki kicauan yang merdu serta sangat bervariasi.

Semenjak lovebird berperan sebagai jawara dalam event lomba, para pemeliharanya selalu menggali model perawatan ideal yang terbaik untuk hewan piaraannya pada program acara perlombaan.

Lebih-lebih lagi pada waktu seperti ini, seekor lovebird lomba seyogyanya memiliki imunitas lomba yang bisa diunggulkan. Sebab bagi lovebird saat ini, untuk yang akan dilombakan dituntut memiliki 5 sampai dengan 6 babak atau sesi.

Dengan begitu stamina akan terkuras dan otomatis kestabilan birahi tarung pun menjadi taruhannya. Jika seketika birahi tarungnya terjadi sedikit menurun, atau bahkan malah menjadi tinggi, tentunya burung lovebird tidak akan dapat tampil secara maksimal di arena laga atau lapangan.

Lovebird tidak tercatat sebagai jenis burung petarung. Dengan begitu pada waktu dihadirkan dalam lomba, burung lovebird tidak selalu dalam kondisi top form. Oleh karena itu, bisa betah berbunyi serta bisa menekan pesaingnya.

Agar lovebird bisa tampil prima pada saat perlombaan, kuncinya adalah dengan cara mengontrol birahi lovrebird atau dengan menyetel keadaan birahinya.

Cara Mengontrol Birahi Lovebird

Salah satu caranya dengan pengaturan extra fooding atau tambahan makanan. Di bawah ini tips cara mengontrol birahi lovebird agar bisa tampil prima pada saat lomba.

1. Mengontrol Nutrisi Dasar

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi dasar, lovebird dapat disediakan pakan bijian, di antaranya seperti millet putih. Apabila Anda memberikan millet putih, maka hal itu tidak akan menghasilkan birahi lovebird menjadi berlipat.

Sebab semata-mata mengenyangkan tapi tidak membuat gemuk. Karena untuk mempersiapkan seekor lovebird agar bisa mengikuti lomba diperlukan juga asupan konsumsi makanan yang dapat mengungkit birahi tarungnya.

Akan tetapi, dorongan tambahan makanan tidak boleh melampaui batas birahi. Dengan begitu, ini perlu membutuhkan kecermatan di dalam memoles burung yang mempunyai warna cantik ini.

2. Pemandian Lovebird

Pada pelaksanaan cara Mengontrol birahi lovebird bisa ditanggulangi melalui pemandian. Sebab mandi bisa dijadikan sebagai obat yang sangat cespleng ketika mengontrol birahi sebelum tarung.

Akan tetapi, tidak mandi asal-asalan saja atau serampangan. Sebab terdapat cara khusus yang bisa mengoptimalkan mandi sebagai kunci keberhasilan menuju podium jawara.

Anda juga bisa melakukan mandi malam pada lovebird kesayangan Anda. Karena mandi malam juga telah dipercayai sebagai cara yang ampuh buat mengontrol birahi lovebird sebelum ikut serta pada even perlombaan.

Dengan memahami manfaat dari mandi, sebenarnya terdapat keuntungan dari tindakan ini. Mandi bisa juga bermanfaat untuk menormalkan atau menurunkan birahi.

Cara yang seperti ini telah banyak digunakan bagi para pecinta burung lovebird –hingga sekarang ini– guna menurunkan birahi lovebird.

Untuk mengawali kegiatan ini bisa dimulai dengan melazimkan lovebird Anda dengan kegiatan barunya. Hal ini apabila sebelumnya tilah biasa mandi pada saat pagi ataupun siang hari.

Kemudian Anda bisa merubah jadwal mandinya pada waktu lebih kurang pukul 18.00 wib. Biasakan lovebird mandi sesudah waktu maghrib serta waktunya tidak melebihi dari waktu itu.

Jika terlampau malam barangkali pada daerah yang udaranya dingin dapat menimbulkan dampak yang tidak dikehendaki.

Mandikan lovebird hiingga keadaan basah kuyup dengan memakai semprotan. Pada saat menyemprotkan gunakanlah buliran air yang halus seperti embun.

Langkah ini dipercayai mampu memberikan efek aman dan nyaman pada burung. Jika buliran air yang digunakan itu keras, maka dikhawatirkan kurang membuat rasa nyaman. Sebab tekanan airnya akan semakin terasa kencang juga jika mengenai tubuh burung.

Usahakan juga agar jangan menggunakan semprotan yang langkah cara kerjanya dengan dipompa. Semprotan dengan jenis yang semisal ini kurang direkomendasikan oleh pembimbing yang mempunyai bakat spesialis lovebird. Yaitu dengan memakai semprotan yang dapat diatur sesuai dengan keperluan Anda.

Demikianlah beberapa tips tentang cara mengontrol birahi lovebird sebelum mengajaknya untuk ikut serta dalam perlombaan. Dan tentunya mungkin ada cara lain di luaran sana. Semoga membuat Anda semakin menambah wawasan lagi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *