4 Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi Agar Normal Kembali
Kenari

Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi Agar Normal Kembali

Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi – Burung kenari merupakan burung yang sampai sekarang masih banyak penggemarnya, baik di kalangan Kicaumania sebagai burung peliharaan maupun sebagai burung budidaya, khususnya di kalangan kicau mania Indonesia.

Jenis burung kenari memiliki banyak kelebihan yang menjadikan daya tarik tersendiri, sehingga digemari oleh para kicau mania.

Tidak hanya dilihat dari kicauannya, namun, burung yang memiliki bentuk mungil dan cantik juga digemari karena pola perawatannya yang dirasa cukup mudah.

Tidak jauh berbeda dengan burung kicau jenis lainnya, untuk perawatan burung kenari juga tidak terlepas dari suatu permasalahan.

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para kicau mania yaitu ketika burung kenari sedang over birahi.

Sebagai pemelihara burung yang bertanggung jawab, kita harus tahu cara mengatasi burung kenari over birahi.

Burung Kenari Over Birahi

Permasalahan burung kenari over birahi tentu bukan suatu hal yang diinginkan oleh para pemelihara burung kicau.

Karena hal tersebut dirasa sangat mengganggu dan membuat kualitas kicauan burung kicau, khususnya burung kenari menjadi tidak setabil.

Terlebih lagi jika burung kenari peliharaaan kita sering diikut sertakan dalam kontes perlombaan burung kicau.

Memiliki burung kenari yang over birahi tentuna akan sangat menjengkelkan, baik ketika sedang diarena gantangan ataupun hanya sebagai peliharaan di rumah.

Burung kenari yang sedang mengalami over birahi, biasanya akan berperilaku aneh, yaitu sering menabrak jeruji tangkringan atau naik turun dari satu tangkringan ke tangkringan lainnya.

Khusus untuk burung kenari yang diikut sertakan dalam lomba, pastinya harus memiliki kesetabilan birahi yang sangat baik, tidak terlalu tinggi, juga tidak terlalu rendah.

Karena burung kenari yang rendah birahi atau lemah sahwat dapat menyebabkan burung tersebut bergerak pasif dan malas untuk berkicau.

Apa lagi ketika waktu gantangan berlangsung, tentu ini akan merugikan burung tersebut. Karena burung yang lemah sahwat biasanya akan diam ngetem dan tidak ngotot saat berkicau.

Sedangkan untuk burung kenari yang sedang over birahi, juga tidak menguntungkan sama sekali. Karena dalam kondisi ini, burung kenari akan cenderung galak dan juga burung menjadi agresif.

Sehingga berdampak pada staminanya yang cepat terkuras habis.

Banyaknya tenaga atau stamina yang terbuang sia-sia, membuat burung kenari tidak dapat berkonsentrasi dan tidak dapat mengeluarkan suara terbaik yang dia miliki.

Sehingga, burung kenari yang kita ikut sertakan dalam kontes maupun gantangan tidak mendapatkan nilai serta respon dari juri.

Cara mengatasi burung kenari over birahi bisa kita lakukan dengan cara perawatan harian atau pola perawatan menjelang lomba.

Ketika kita menemukan problem atau permasalahan yang semacam ini, Maka jangan cepat hawatir.

Pastikan anda mengetahui cara mengatasi burung kenari over birahi dengan benar dan tepat.

Akan Jelaskan secara detail tips mudah atau cara mengatasi burung kenari over birahi yang dapat kita lakukan di rumah.

Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi

Ketika burung kenari kita sedang mengalami over birahi, maka langkah yang bisa kita lakukan adalah:

1. Ganti Pakan

Mengurangi porsi pakan berupa biji-bijian pada burung kenari kita.

Gantilah pakan harian burung pada burung kenari dengan buah-buahan atau sayur-sayuran, seperti mentimun dan buah pir secara rutin setiap harinya.

Serta jangan lupa untuk mengurangi porsi makanan yang membuat burung kenari jantan over birahi, seperti halnya telur rebus, kroto, apel dan juga egg food.

2. Kurangi Durasi Penjemuran

Kurangi juga durasi penjemuran pada burung kenari dari durasi penjemuran yang biasa dilakukan.

3. Tambah Frekuensi Mandi

Selain itu, kita juga dapat menambah frekuensi mandi pada burung kenari menjadi tiga kali dalam waktu sehari.

Jangan lupa untuk menambahkan shampo yang memiliki kandungan aloevera pada air yang digunakan untuk memandikan burung kenari.

4. Mengkawinkan

Cara lain untuk mengatasi burung kenari over birahi yaitu dengan cara mengawinkan nya.

Kita bisa menyatukan burung kenari jantan yang sedang over birahi dengan burung kenari betina yang siap kawin dalam satu kandang.

Proses menyatukan burung kenari jantan yang sedang over birahi dengan burung kenari betina dalam satu kandang, dapat dilakukan sampai kita melihat burung jantan tersebut mengawini burung kenari betina.

Setelah kita memastikan, bahwa burung kenari jantan benar-benar telah mengawini burung kenari betina, sesegera mungkin kita pindahkan burung kenari jantan dari betinanya.

Jauhkan burung kenari jantan dari betinanya sampai burung jantan tersebut benar-benar tidak mendengar kicauan dari betinanya tersebut.

Cara mengatasi burung kenari over birahi tersebut dapat kita lakukan setiap harinya sampai burung kenari kesayangan kita bisa normal kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *