Tips 3 Cara Mengatasi Bulu Kenari Yang Kusam Agar Indah
Kenari

Cara Mengatasi Bulu Kenari Yang Kusam Agar Indah Kembali

Cara mengatasi bulu kenari yang kusamBurung kenari merupakan burung kicauan yang khas dengan karakter ngerol serta gacor.

Selain itu keunggulan suara, burung kenari juga memiliki keindahan bulu yang bervariasi dari masing-masing jenisnya.

Akan tetapi, jika tidak dirawat dengan cara yang tepat maka keindahan bulu yang dimiliki oleh burung kenari tidak akan bertahan lama.

Pola perawatan yang baik, tidak hanya untuk menjaga kesehatan fisik, tetapi juga untuk menjaga kesehatan bulu burung kenari.

Bulu yang tidak terawat biasanya akan terlihat kusam, bulu burung kenari yang kusam tentu akan mengurangi keindahan serta harga jual dari burung kenari tersebut.

Salah satu yang menjadi penyebab kerusakan pada bulu burung kenari adalah kekurangan asupan pakan yang mengandung minyak dan lemak.

Sebenarnya bulu burung kenari merupakan bulu yang tergolong pada kategori bulu yang bertekstur halus.

Selain itu, bulu burung kenari memiliki warna kuning, yang menjadi warna yang sangat umum untuk ditemukan.

Akan tetapi, terdapat beberapa jenis burung kenari yang memiliki warna unik, seperti warna hijau, merah, hitam biru dan juga coklat.

Untuk merawat bulu burung kenari agar tetap sehat dan kuat, tentunya memerlukan perawatan yang rutin.

Khususnya perawatan dalam pemberian pakan, penjemuran dan juga pola pemandian.

Fungsi Bulu Kenari

Keberadaan bulu untuk unggas khususnya burung sangatlah penting, selain untuk terbang, fungsi burung diantaranya adalah untuk menjaga suhu tubuh agar tetap setabil.

Di alam liar, burung akan senantiasa membersihkan bulunya dengan cara memandikan diri atau dengan cara alami lainnya.

Namun, untuk burung peliharaan yang seluruh waktunya dihabiskan dalam sangkar, tentu untuk melakukan perawatan tubuhnya harus dibantu oleh pemiliknya.

Maka dari itu, jika terdapat permasalahan yang dapat merusak keindahan bulu burung kenari, sebagai pemilik harus mengetahui cara mengatasi bulu kenari yang kusam.

Cara Mengatasi Bulu Kenari Yang Kusam

Ragam warna bulu burung kenari juga beragam dan memiliki keunikan serta keindahan yang sesuai dengan jenisnya.

Keindahan warna burung kenari yang begitu cerah akan lebih lengkap apabila dirawat, bersih dan berkilau, tentu hal itu akan membuat keindahan warnanya semakin sempurna.

Pada umumnya, keindahan warna bulu burung kenari yang cerah serta mengkilap berkaitan erat dengan pola perawatan yang tepat.

Seperti pemberian pakan berupa sayuran yang mengandung betacarotin yang menjadikan bulu burung kenari semakin mengkilap dan menawan.

Akan tetapi, suara kenari Vania juga ada yang berpendapat setiap burung kenari mempunyai bulu yang kusam tersebut dikarenakan tertutup oleh kotoran yang kering, atau tersumbat oleh bekas luka lama yang telah mengering.

Jika ditelisik lebih lanjut, penyebab dari kusamnya bulu burung kenari tidak hanya disebabkan oleh faktor kekurangan minyak.

Tetapi ada yang menyebabkan bulu kenari kusam yaitu karena bulu burung kenari tersebut terlanjur rusak.

1. Pemberian Minyak Ikan

Salah satu cara mengatasi bulu kenari yang kusam adalah sesekali berikan minyak ikan yang telah dicampur ke dalam pakan yang disajikan dalam kandang burung kenari.

Cara penyajiannya dengan mencampurkan minyak ikan tersebut pada bijian ataupun sayuran atau telur rebus yang hendak diberikan kepada burung kenari.

Akan tetapi, dosis yang diberikan kepada burung kenari jangan berlebihan.

Karena hari ini justru akan membuat kerontokan pada bulu burung kenari.

Pemberian minyak ikan dengan dosis yang tepat bermanfaat untuk menjaga kondisi bulu burung kenari agar terlihat mengkilat dan menawan.

2. Pemberian Sayuran Hijau

Sayur-sayuran memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Demikian juga dengan sayuran hijau yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh burung kenari terutama untuk kesehatan bulunya.

Sayuran yang berwarna hijau memiliki kandungan minyak dan beta-karotin.

Yang mana kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga keterangan bulu burung kenari agar tidak kusam dan semakin mulus.

3. Air Mandi

Cara mengatasi bulu kenari yang kusam di antaranya yaitu dengan mencampurkan jeruk nipis pada air yang digunakan untuk mandi burung kenari.

Air yang dicampur dengan jeruk nipis dapat membersihkan kotoran dan lemak yang menempel di dalam bulu bagian luar.

Dengan demikian akan menjadikan bulu burung lebih berkilau dan sehat.

Ukuran pemberian perasan jeruk tidak perlu terlalu banyak, cukup 5 tetes jeruk nipis dalam 1 liter air yang digunakan untuk mandi.

Selain menggunakan media jeruk nipis, cara mengatasi bulu kenari yang kusam, yaitu Menggunakan garam Inggris dengan takaran 1 gram garam Inggris ke dalam 1 liter air mandi.

Larutan air garam Inggris juga bermanfaat untuk membersihkan bulu serta membunuh bakteri yang menempel pada kulit dan dapat merusak bulu burung kenari.

Selain itu larutan air garam Inggris juga bisa berfungsi untuk meningkatkan aktivitas burung kenari setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *