cara mencetak burung blorok
Lovebird

Cara Mencetak Lovebird Blorok Paling Mudah

Cara Mencetak Lovebird Blorok – Berbicara tentang burung hias tentu kita akan langsung terbayang dengan burung Lovebird. Burung yang dijadikan sebagai simbol cinta atau sebagai lambang kesetiaan ini sudah sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia.

Bagi kalian yang belajar tentang jenis-jenis burung Lovebird tentu tidak akan lepas dengan percampuran genetika. Salah satu jenis burung Lovebird yang memiliki jual cukup stabil dan masih menjadi perimadona dikalangan pecinta burung adalah Lovebird Blorok.

Burung Lovebird Blorok merupakan salah satu jenis unggulan dalam dunia perkembang biakan atau breeding.

Sebenarnya burung Lovebird Blorok adalah burung yang memiliki kelainan gen.

Namun dari kelainan tersebut justru menjadikan daya tarik tersendiri bagi burung Lovebird Blorok karena keeksotisan warnanya.

Kelainan tersebut menjadikan perbedaan warna pada bagian punggung atau sayap yang membentuk pola tidak teratur.

Agar kita bisa menghasilkan anakan atau keturunan berjenis blorok bukanlah hal yang susah. Namun bukan berarti itu juga hal yang mudah.

Cara mencetak lovebird blorok anakan tidak harus menggunakan indukan blorok juga. Seperti keterangan awal, bahwa untuk menghasilkan anakan yang berfariasi kita perlu rekayasa genitik atau perkawinan silang.

Secara ilmiah, ketika indukan burung Lovebird jantan berjenis blorok dan betina juga berjenis blorok maka kemunginan besar ahasilnya juga berjebis blorok, karena secara genetik didominasi oleh gen jenis blorok.

Jika burung burung Lovebird jantan berjenis blorok dan burung Lovebird betina berjenis lain maka persentase menghasilkan anakan blorok masih tinggi.

Dan sebaliknya, jika yang berjenis blorok adalah betina sedangkan pejantan berjenis lain maka masih banyak pula kemungkinan untuk menghasilkan keturunan berjenis blorok.

Lantas, apabila keduanya atau pasangan indukan kita tidak berjenis blorok apakah bisa menghasilakan anakan blorok?

Maka jawabannya adalah “bisa”.

Untuk menghasilkan anakan burung Lovebird Blorok bisa dengan indukan berjenis lain, seperti persilangan antara Lovebird albino atau menggunakan burung Lovebird lutino.

Langkah Dan Cara Mencetak Lovebird Blorok

Keindahan warna burung Lovebird memang beragam, dan burung Lovird jenis Blorok termasuk dalam jenis yang langka.

Oleh karenanya harga jual burung Lovebird blorok masih setabil pada kisaran 1 juta sampai 3 jutaan, tergantung fariasi pada warnanya.

Sekarang ini banyak yang mencari burung Lovebird blorok dan berminat untuk membudidayakannya dan menjual kembali anakkannya.

Sebelum mempelajari cara mencetak burung Lovebird blorok alangkah lebih baik jika mengetahui jenis- jenis burung Lovebird blorok.

Ada banyak jenis dari burung Lovebird blorok, diantaranya adalah

  • burung Lovebird Blorok Lutino
  • burung Lovebird Blorok Violet
  • burung Lovebird Lutino Blorok
  • burung Lovebird Blorok Merah
  • burung Lovebird Belorok Biru
  • burung Lovebird Green Series
  • burung Lovebird Blue Series
  • burung Lovebird Euwing Biru

Masing- masing jenis dari burung Lovebird memiliki harga yang berbeda pula.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa burung Lovebird blorok bisa dihasilkan dengan persialngan genetika.

1. Kawinkan dengan sejenisnya

Cara mencetak lovebird blorok yang paling mudah adalah dengan cara mengawinkan pejantan berjenis blorok dan betina yang berjenis blorok juga atau sepasang indukannya berjenis blorok semua. Maka kemungkinan besar akan menghasilkan anak blorok.

Ini adalah cara tersingkat untuk menghasilkan anakan blorok.

Namun untuk mengawinkan dua burung Lovebird blorok tentu tidaklah murah karena kita harus membeli sepasang burung Lovebird blorok.

2. Kawin silang

Cara selanjutnya untuk mengahsilkan anakan burung Lovebird blorok adalah mengawin silangkan antara burung Lovebird blorok dengan burung Lovebird jenis lain.

Dalam hal perkawinan silang ini yang berjenis blorok bisa pejantannya ataupun betinyanya. Intinya salah satu dari indukan berjenis blorok.

Sebagai saran, alangkah lebih baiknya jika yang berjenis blorok adalah burung Lovebird jantan. Karena gen dari pejantan akan lebih mendominasi terhadap gen anakan kedepannya.

Persentase hasil anakan dalam perkawinan silang ini, jika pejantan merupakan burung Lovebird berjenis blorok maka seandainya menghasilkan 3 (tiga) telur, maka 2 (dua) akan menjadi blorok dan 1 (satu) berjenis seperti induknya.

Jika betina dari burung Lovebird yang berjenis blorok maka seandainya menghasilkan 3 (tiga) telur, maka 2 (satu) akan berjenis blorok dan 2 (dua) berjenis seperti bapaknya.

Inilah cara menyilang lovebird agar beranak blorok.

3. Kedua indukannya non-blorok

Adapun cara mencetak lovebird blorok yang termurah lainnya adalah kedua indukannya tidak dari pasangan burung Lovebird yang berjenis blorok.

Baik pejantan maupun betinanya sama-sama berjenis selain blorok. Atau bisa dikatakan tidak ada keturunan dari burung Lobird blorok sama sekali.

Tetapi Anda jangan khawatir. Karena anakan hasil dari persilangan tersebut tidak menjadi burung Lovebird blorok.

Jika jenis yang disilangkan benar, maka anakan dari hasil perkawinan silang tersebut akan menjadi burung Lovebird yang berjenis blorok.

Yang kita perlukan hanya sedikit bersabar. Karena memang modal yang sedikit maka harus sabar yang lebih diperbanyak. Beda dengan yang memiliki modal banyak dan besar.

Cara mencetak lovebird blorok dengan perkawinan silang antara indukan non blorok perlu dilakukan berkali-kali dan melewati beberapa generasi.

Kita bisa mengawin silangkan antara burung Lovebird lutino dengan burung Lovebird hijau.

Kemudian hasil anakan dari pasangan tersebut akan menghasilkan gen campuran antara Lovebird lutino dan hijau.

Lalu anakan tersebut dikawinkan dengan lovebird berjenis lutino lagi. Sehingga akan menghasilkan anakan yang berpotensi menghasilkan anakan blorok.

Lakukan perkawinan secara berulang-ulang pada tiap generasi hingga menghasilkan anakan burung Lovebird berjenis Green Series. Ini dikarenakan moyang dari anakan tersebut berwarna hijau.

Cara Mendapat Blorok Blue Series

Hampir sama dengan cara mencetak lovebird blorok seperti pada keterangan sebelumnya, bahwa untuk mengahasilkan burung Lovebird blorok berjenis Blue series bisa dilakukan dengan berbagai cara.

1. Mengawinkan dengan sesama blue series

Yang paling cepat untuk menghasilkan burung Lovebird Blorok Blue Series atau sering disebut juga Lovebird blorok BS, adalah dengan mengawinkan sepasang indukan Blue series juga.

Maka anakannya pun bisa dipastikan berjenis Blue series juga.

2. Mengawinkan dengan jenis yang lain

Bisa juga dikawin silangkan antara burung Lovebird blorok berjenis blue series dengan jenis yang lain. Sehingga bisa menghasilkan anakan yang berjenis blorok dengan durasi waktu yang cepat dan dominan anaknya berjenis Blue series lebih tinggi.

Namun sebagai catatan agar tidak terjadi kesalahan dalam perkawinan silang dan menghasilkan anakan berjenis campuran atau hybrid.

Agar bisa mendapatkan hasil anakan Lovebird Blorok Blue Series yang perlu dilakukan adalah mengawin silangkan burung Lovebird memiliki warna yang mengarah pada warna blorok blue series.

Untuk menghasilkan burung Lovebird blorok blue series kita bisa mengawin silangkan antara burung Lovebird albino dengan burung Lovebird pastel biru.

3. Membutuhkan waktu yang lama

Untuk prosesnya juga membutuhkan waktu yang cukup lama. maka untuk menghasilkan burung Lovebird Blorok blue series diperlukan kesabaran dan ketelatenan.

Lamanya masa untuk mendapatkan anakan burung Lovebird blue series dikarenakan untuk mencapai masa produktif burung Lovebird harus memiliki usia minilam 8 (delapan) bulan.

Sedangkan dalam perkawinan silang indukan Lovebird non blorok ini harus melalui beberapa generasi.

Dari sini tentu sudah bisa kita perhitungkan jika ingin menghasilkan anakan burung Lovebird blorok blue seris dari indukan non blorok membutuhkan berapa lama. Namun jangan khawatir dan bersabarlah! Karena kesabaran adalah kunci keberhasilan.

Video Cara Mencetak Lovebird Blorok

Jika Anda telah mengetahui cara mencetak lovebird blorok yang mempunyai kualitas keren, maka Anda dapat melakukannya. Supaya harga anakan lovebird blorok ini meningkat, Anda boleh menyilangkan euwing green dengan pied series. Gampang kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *