Tips 5 Cara Menambah Volume Burung Kenari Agar Lebih Keras
Kenari

Cara Menambah Volume Burung Kenari Agar Lebih Keras

Cara menambah volume burung kenari – Sebagai pemelihara burung kicauan, tentu akan merasa lebih menyenangkan dan bangga apabila burung yang kita pelihara memiliki kicauan yang berkualitas.

Demikian pula yang terjadi, ketika kita memelihara burung kenari, tentu kita mengharapkan burung kenari yang kita pelihara memiliki suara yang gacor dan bervolume yang keras.

Akan tetapi banyak diantara kita yang belum mengerti tentang cara meningkatkan volume suara kenari agar bisa terdengar lebih keras dan gacor.

Sebenarnya, kualitas kicauan burung kenari dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor perawatan dan juga faktor keturunan.

Burung kenari yang berasal dari indukan yang berkualitas, juga akan memiliki kicauan yang berkualitas juga.

Meskipun demikian, pola perawatan burung kenari sejak masih anakan, juga menentukan kualitas kicauan burung kenari tersebut.

Meskipun hasilnya tidak bisa dinikmati secara instan, namun perlahan tapi pasti, burung kenari yang dirawat dengan baik sejak masih anakan menjadi burung kenari yang berkualitas serta memiliki isian yang bervariasi dengan volume yang keras.

Cara Menambah Volume Burung Kenari

Kenari yang sudah dalam usia dewasa biasanya memiliki karakter suaranya sendiri.

Dengan demikian, pola perawatan serta isian untuk melatih burung kenari yang yang sudah dewasa akan lebih sulit untuk mendongkrak volume suaranya.

Berbeda dengan burung kenari yang masih anakan atau piyek, yang cenderung lebih mudah untuk dilatih melalui cara menambah volume burung kenari.

Seperti halnya pepatah mengatakan, belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu, belajar di waktu tua bagai mengukir diatas air.

Pepatah itu juga berlaku untuk melatih burung kenari, dengan pola pelatihan usia anakan membuat proses perawatan lebih mudah untuk membentuk.

Selain itu melatih burung kenari yang masih anakan akan mudah sekali untuk merekam suara masteran yang diperdengarkan kepada burung kenari tersebut, bagaikan mengukir diatas batu.

1. Latihan Di Kandang Umbaran

Agar burung kenari memiliki keras haruslah memiliki stamina dan juga kondisi fisik yang kuat.

Karena dengan kondisi fisik yang kuat tentu olah pernafasan burung kenari tersebut berkualitas baik juga.

Cara menambah volume burung kenari bisa dilakukan dengan menempatkan burung kenari di kandang umbaran.

Kita dapat melakukannya sebanyak tiga kali dalam seminggu.

2. Stabilkan Birahi Burung Kenari

Faktor birahi pada burung kenari, merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas suara dari burung kenari.

Pada umumnya burung kenari akan jarang bersuara ketika birahinya rendah.

dengan denikian sura yang dihasilkan juga tidak akan keras.

Akan tetapi, apabila birahi burung kenari sedang dalam kondisi yang tinggi maka suaranya akan menjadi lebil.

Maka, satu-satunya jalan untuk meningkatkan volume suara burung kenari yaitu dengan cara menstabilkan birahi dari burung tersebut.

Untuk menurunkan birahi pada burung kenari, sebaiknya kita mandikan burung tersebut dengan rutin dan melatihnya pada kandang umbaran.

Sedangkan, untuk menurunkan atau stabilkan birahi burung kenari sebaiknya menggunakan pakan berupa biji fumayin dengan berkala.

Biji Fumayin memang tidak boleh diberikan dengan porsi yang berlebihan atau terlalu sering kepada burung kenari.

Karena hal tersebut dapat menyebabkan kecanduan serta menjadikan bulu kenari menjadi kusam.

3. Menambah Durasi Penjemuran

Salah satu cara agar meningkatkan volume kicauan burung kenari yaitu dengan cara menambah durasi penjemuran.

Jika biasanya hanya dijemur dalam waktu 1 jam setiap pagi, maka untuk meningkatkan volume kicauan sebaiknya durasi penjemuran ditambah 1 jam lagi, sehingga menjadi 2 jam tsetiap paginya.

Serta penjemuran merupakan salah satu perawatan yang baik untuk memicu suara burung kenari agar bisa semakin gacor dan memiliki volume yang keras.

4. Memberi Daun mengkudu muda

Daun mengkudu yang masih muda atau masih dalam keadaan kuncup memang memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk manusia, tetapi juga untuk burung kenari.

Daun mengkudu muda dapat berhasiat sebagai penghilang atau penyembuh serak pada tenggorokan.

Selain itu, manfaat dari daun mengkudu muda adalah sebagai alternatif cara menambah volume burung kenari dan menjadikan burung cepat gacor.

Mengatasi agar cepat menjadikan kenari lebih rajin berkicau.

5. Pemberian Telur Puyuh

tidak hanya pakan yang berasal dari dedaunan, ternyata telur burung puyuh juga berkhasiat sebagai cara menambah volume burung kenari.

Manfaat dari telur puyuh untuk burung kenari antara lain dapat membuat burung kenari gacor dan sehat.

Selain itu, telur burung puyuh juga menjadi cara menambah volume burung kenari dan mampu meningkatkan stamina tubuh burung  kenari.

Sehingga, pemberian pakan berupa telur puyuh agar burung kenari memiliki volume suara yang tinggi, merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *