cara membuat lovebird anteng di tangkringan
Burung, Lovebird

Mengetahui Cara Membuat Lovebird Anteng Di Tangkringan

Sebagai pecinta burung kicau maka wajib bagi kita untuk memahami dan mengetahui cara membuat Lovebird anteng di tangkringan saat lomba. Tujuannya untuk memberi nilai lebih saat perlombaan. Sehingga akan menambah harga jual burung Lovebird itu sendiri. Burung Lovebird yang awalnya hanya dijadikan sebagai burung hias karena perpaduanwarna yang indah kini telah merambah ke lapangan perlombaan.

Burung Lovebird yang anteng atau dalam bahasa komunitas disebut nagen menunjukkan pengalaman burung Lovebird dalam berinteraksi dengan manusia. Perilaku burung Lovebird yang suka bergelantungan menggunakan paruh juga menjadi daya pikat bagi para pencinta burung hias.

Namun perlu diketahui bahwa perilaku burung Lovebird yang suka menggantung pada jeruji kandang justru mengurangi nilai pada burung Lovebird tersebut. Burung Lovebird yang anteng juga akan memiliki bulu yang lebih rapi, indah dan berkualitas.

Oleh sebab itu, para pecinta burung kicau khususnya para pecinta Lovebird banyak yang menghendaki burung Lovebird peliharaannya menjadi anteng dan tidak kelaburan atau terbang tidak terarah. Jadi penting bagi para pecinta burung kicau khususnya Lovebird memahami dan mengetahui cara membuat lovebird anteng di tangkringan dengan memperhatikan posisi tangkringan .

Jika kita tahu dan memahami karakteristik dari burung Lovebird, ternyata membuat Lovebird anteng tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kita perlu memperhatikan tangkringan si burung Lovebird agar dia betah nangkring.

Cara Membuat Lovebird Anteng Di Tangkringan Saat Lomba

1. Membasahi Tangkringan

Cara membuat lovebird anteng di tangkringan saat lomba adalah kita membasahi tengkringan Lovebird. Lakukan hal ini kurang lebih 15 menit sebelum Lovebird turun laga perlombaan. Membasahi tangkringan Lovebird bisa dengan cara menyemprot tangkringan menggunakan sprayer.

Penyemprotan pada tangkringan burung Lovebird harus dipastikan basah. Hal ini bertujuan memberi sensasi sejuk dan dingin kepada burung Lovebird. Sehingga burung Lovebird menjadi nyaman dan betah untuk terus nangkring saat perlombaan.

2. Tangkringan Dari Kayu

Bagi para pecinta burung Lovebird yang tangkringanya tidak terbuat dari kayu tidak perlu khawatir dan menggantinya dengan kayu. Cukup tambahkan beberapa tangkringan kecil di bagian pinggir dari kandang Lovebird.

Tangkringan tambahan burung Lovebird ini tidak perlu panjang, cukup berukuran kira- kira 10 cm saja. Kemudian selipkan pada bagian pinggir kandang hingga membentuk pola segitiga.
Hal ini dapat membatasi ruang gerak burung Lovebird. Sehingga burung Lovebird bisa anteng di tangkringan utamanya.

Jangan hanya terpaku pada satu macam jenis tangkringan saja untuk membuat burung Lovebird anteng dan nengger. Karena terdapat berbagai jenis bahan yang bisa digunakan untuk nangkring burung Lovebird. Kita bisa membeli tangkringan yang siap pakai atau membuatnya sendiri. Fungsinya selain bisa membuat burung Lovebird nyaman nangkring tapi juga memiliki nilai artistik.

Bahan tangkringan bisa berupa tangkringan plastik, tangkringan cetak yang bisa kita beli di toko aksesoris burung. Namun bagi yang ingin membuatnya sendiri bisa membuat tangkringan dari bahan kayu seperti kayu amplasan, kayu asem, kayu jambu air, jambu klutuk, atau dari kayu nangka.

3. Bahan Tangkringan

Cara membuat lovebird anteng di tangkringan selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan bahan tangkringan. Ketika kita ingin membuat tangkringan Lovebird sendiri maka pastikan bahan dari tangkringan tersebut bukanlah bahan yang berbau menyengat. Bau dari bahan sangat berpengaruh bagi kenyamanan Lovebird agar kerasan nangkring. Dan bahan yang berbau juga bisa mengganggu pernafasan Lovebird.

Maka bahan tangkringan Lovebird tidak hanya memberikan keindahan serta kenyamanan burung tapi juga berpengaruh bagi kesehatan Lovebird. Namun tidak hanya bahan dari tangkringan yang menjadikan Lovebird betah dan nyaman tetapi jumlah tangkringan juga perlu kita perhatikan.

 

4. Jumlah Tangkringan

Cara membuat lovebird anteng di tangkringan dengan mempertimbangkan jumlah tangkringan burung Lovebird dalam satu kandang lebih dari satu. Hal ini bertujuan agar burung Lovebird bisa leluasa memilih tangkringanya dan tidak turun ke dasar kandang. Karena ketika burung Lovebird turun kedasar kandang atautebok akan mengurangi nilai keindahan dari burung Lovebird.

5. Ukuran Tangkringan Lovebird

Cara membuat lovebird anteng di tangkringan dengan memperhatikan ukuran tangkringan. Selain bahan dari tangkringan, ukuran atau diameter dari tangkringan juga perlu kita perhatian kita. Tangkringan burung Lovebird sebaiknya disesuaikan dengan ukuran cengkraman kakinya.

Biasanya ukuran diameter tengkringan burung Lovebird berada pada kisaran 19- 22 mm. Apabila kita tіdаk bіѕа mengukur dіаmеtеr tаngkrіngаn, mаkа kіtа bіѕа mengira-ngiranya. Diameter tangkringan dapat dikira-kira dengan prediksi bahwa jari-jari burung Lovebird tidak saling bersentuhan antara ujung jari depan dan belakang ketika mencengkram tangkringan.

6. Posisi Tangkringan

Selain ukuran tangkringan, posisi tangkringan juga sangat berpengaruh pada perilaku burung Lovebird agar tidak nabok atau turun kebawah. Jumlah tangkringan juga perlu diperhatikan, karena tangkringan yang berjumlah lebih dari satu akan memberi ruang gerak bagi burung Love bird untuk bergerak.

Kelebihan lain dari memberi tangkringan yang lebih dari satu adalah mengurangi tingkat kenakalan pada burung Lovebird. Kenakalan burung Lovebird bukan hanya ketika dia naik turun kandang tetapi perilaku burung Lovebird yang bergelantung pada jeruji kandang atau ngruji juga perlu diminimalisir.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah posisi tangkringan. Posisi tangkringan yang berjumlah dua bisa diatur dengan posisi menyilang. Dengan posisi menyilang burung Lovebird akan lebih anteng dan tidak akan turun ke bawah atau dasar kandang.

Apabila burung Lovebird tidak mengeluarkan power maksimalnya maka kita perlu mengevaluasi posisi tangkringan yang kita pasang. Bisa jadi tangkringan yang telah kita pasang tidak cukup memberikan rasa nyaman bagi lovebird, sehingga menjadikan burung Lovebird enggan mengeluarkan suara.

7. Memberikan Benda Yang Ditakuti Lovebird

Cara membuat Lovebird anteng di tangkringan saat lomba dan agar tidak turun ke lantai kandang yang lain adalah dengan memberi benda atau sesuatu yang ditakuti oleh burung Lovebird. Benda yang ditakuti Lovebird bisa disesuaikan dengan sesuatu yang ditakuti oleh burung Lovebird kita. Karena masing- masing burung Lovebird memiliki ketakutan yang berbeda-beda.

Benda yang ditakuti oleh burung Lovebird bisa berupa benda yang memiliki warna cerah seperti bola karet, bola bekel sebagainya. Untuk yang lebih ekstrim tabok atau dasar kandang bisa diberi benda tajam, lilin kecil, ranjau berbentu duri, rumput sintetis dan benda- benda lain yang ditakuti oleh burung Lovebird.

Bisa juga kita memberikan lantai atau dasaran dengan warna atau motif yang membuat burung Lovebird takut untuk nabon. Tujuan dari memberikan barang yang ditakuti oleh burung Lovebird adalah agar burung Lovebird tidak turun ke tabok atau lantai kandang.

Mеmbеrіkаn bеndа yang ditakuti оlеh burung Lovebird ѕеlаіn agar burung Lоvеbіrd tidak nаbоk аdаlаh аgаr burung Lovebird ѕеlаlu nаgеn dan bеrtеnggеr di tаngkrіngаnnуа.

Ada beberapa cara agar burung Lovebird berperilaku seperti yang kita inginkan. Maka penting bagi kita untuk memahami burung Lovebird peliharaan kita agar kita tahu kebutuhan burung Lovebird kita. Burung Lovebird naik turun dalam sangkar tidak hanya difaktori kenyamanan tangkringan saja.

Burung Lovebird yang birahi juga menyebabkan perubahan perilaku burung Lovebird dan membuatnya naik turun kandang. Faktor burung Lovebird yang tidak negen sangatlah banyak, maka perlu bagi kita untuk mengamati terlebih dahulu kondisi burung Lovebird kita.

Cara Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan Saat Lomba

Ada beberapa tips cara membuat lovebird anteng di tangkringan saat lomba dan cara mengatasi lovebird turun tangkringan saat lomba. Di antaranya:

  1. Bagian tеbоk dіbеrі еѕ bаtu kесіl-kесіl.
  2. Bаgіаn аlаѕ sangkar dіbеrі rumрut sintentis.
  3. Bagian bаwаh sangkar dіbеrі bоlа wаrnа-wаrnі.
  4. Bаgіаn lаntаі sangkar dіbеrі kаrеt реntіl аtаu kаrеt gеlаng.
  5. Tаngkrіngаn Lovebird dіраѕаng mеnуіlаng.
  6. Lоvеbіrd dіbеrі rаnjаu bеrbеntuk duri.
  7. Bagian bаwаh dіbеrі lіlіn kесіl.
  8. Bagian bаwаh dіbеrі kipas angin kесіl.
  9. Bаgіаn tеbоk dіbеrі аіr.
  10. Tebok diberi karpet lаlu dіtеtеѕі bаbу oil.
  11. Tеbоk dіbеrі alas lalu dіkаѕіh mіnуаk аngіn.
  12. Dasar ѕаngkаr disemprot ѕhаmро tapi jangan tеrlаlu bаnуаk.
  13. Bаgіаn atas ѕаngkаr diberi mіkа sebagai рlаfоn.
  14. Tаngkrіngаn ala Lovebird Kuѕumо dіtаtа menyilang аtаѕ bаwаh.
  15. Bаgіаn аlаѕ ѕаngkаr dіbеrі сісаk.
  16. Bagian аlаѕ ѕаngkаr diberi ѕеlоtір dоublе tаре.
  17. Bаgіаn bаwаh sangkar dіbеrі daun.
  18. Ganti tangkringan kаrеnа mungkin tіdаk nуаmаn.
  19. Gаntі tаngkrіngаn уаng sesuai ukuran kаkі Lovebird.
  20. Gаntі bаhаn аtаu jеnіѕ tangkringan yang disukai Lоvеbіrd.
  21. Tаngkrіngаn disemprot аіr bіаr dingin.
  22. Sааt bеlі Lоvеbіrd bаru, maka beli jugа tаngkrіngаnnуа.
  23. Sangkar Lovebird ditambah duа tangkringan реndеk 10 сm.
  24. Tebok dіbеrі mаіnаn уаng bеrbеntuk hewan mеlаtа.
  25. Sesuaikan ukurаn tаngkrіngаn dеngаn kаkі Lоvеbіrd.

Demikianlah tips mengetahui cara membuat lovebird anteng di tangkringan saat lomba di atas. Hal itu bisa cocok bagi burung Lovebird lain namun tidak cocok bagi burung Lovebird kita. Semua itu tergantung kepada kondisi dan permasalan pada burung Lovebird kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *