Cara Membuat Jebakan Burung Mudah dan Sederhana
Dunia Burung

Cara Membuat Jebakan Burung Mudah dan Sederhana

Cara membuat jebakan burung secara sederhana sangat bermanfaat untuk menagkap burung liar di alam bebas.

Kicauan burung liar di alam memanglah memukau dan membuat siapa saja yang mendengarnya ingin memelihara dan melihat lebihdekat lagi penampilannya.

Membuat jebakan burung bukan suatu hal yang susah untuk dilakukan, karena bahan beserta alatnya bisa ditemukan dengan mudah.

Bagi para pemula tidak perlu ragu untuk membuatnya, karena proses pembuatan jebakan yang sederhana dan bahan yang seadanya, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Cara Membuat Jebakan Burung

Jebakan burung memang dirasa masih menjadi alat yang pas untuk mendapatkan burung kesukaan selain dengan cara membeli dan menangkar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pastikan anda praktikkan dengan menyesuaikan situasi, kondisi serta jenis burung target jebakan kita.

Baberapa cara dan bahan untuk membuat jebakan burung yang bisa dilakukan oleh para kicau mania, secara lengkap akan kita paparkan dengan jelas.

1. Batang Pohon

Salah satu cara membuat jebakan burung sederhana adalah menggunakan media batang pohon, media batang pohon merupakan media paling simpel.

Hanya perlu memilih batang yang lentur untuk diikat menggunakan tali dan bengkokkan, kemudian kait kan bengkokan dengan umpan.

2. Tangkringan

selain menggunakan media batang pohon, untuk membuat jebakan burung juga bisa dilakukan menggunakan tangkringan.

Langkah pembuatannya sama seperti jebakan sebelumnya, hanya saja ada tambahan tangkringan yang dipasang pada batang pohon.

Ketika ada burung yang datang dan hinggap pada tngkringan tesebut maka akan secar tomatis terperangkap dan tidan bisa lepas lagi.

Cara ini telah banyak dilakukan oleh para penghobi burung dan terbukti mengahasilan mampu menjebak burung incaran.

Sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk ikut mempraktekkan cara membuat jebakan burung tersebut.

3. Botol Bekas

Selain menggunakan bahan alam seperti ranting dan batang pohon yang lentur, kita juga bisa membuat jebakan burung dari barang bekas seperti botol bekas air mineral.

Cara membuat jebakan burung dengan menggunakan botol bekas merupakan jebakan yang cukup sederhana dan bisa dibilang cukup mudah.

Hal perlu dilakukan pertama untuk membuat jebakan adalah alat serta bahan yang diperlukan.

  1. Alat dan bahan yg pertama kali disiakan adalah botol plastik bekas berukuran sedang dan berwarna bening.
  2. Setelah itu siapkan dua buah baut, satu gantungan baju yan terbuat dari kawat, solder, gergaji besi, kawat pengikat dan pakan untuk burung pemakan biji.

Cara pembuatannya cukup sederhana, atu dengan memotong gantungan baju yang terbuat dari besi terlebih dahulu.

Bentuklah pola sesuai dengan ukuran botol bekas yang akan digunakan untuk jebakan, buat juga pula kpola engsel pintu.

Langkah selanjutnya adalah membuat dua lubang kecil pada bagian botol plastic tersebut, lubang tersebut digunakan untuk baut dan engsel pintu pada jebaka botol.

Potong bagian bawah botol bekas, ubang potongan tersebut yang nantinya digunakan untuk masuk burung ke dalam perangkap.

Bagian bawah botol yang telah dipotong bisa diikat dengan gantungan baju besi yang tadi teah dipotong sesuai pola, atau bisa juga ditali dengan kawat tali.

Sedangkan pada bagian leher botol bisa dilubangi dengan gergaji sedikit yang akan berfungsi sebagai pengunci perangkap dengan baik.

Tambahkan pakan yang berupa biji-bijian pada bagian tersebut sebagai penarik burung agar mau memasuku perangkap.

Untuk penyeimbangkan posisi jebakan tersebut, tambahkan batang kayu keci pada bagian alas jebakan, setelah itu tebarkan biji-bijian di sekeliling perangkap untuk menarik lebih banyak burung liar.

4. Jaring

Cara membuat jebakan burung yang lain dan bisa dicoba untuk menangkap burung adalah menjebak burung dengan menggunakan jaring atau net.

Untuk membuat jebakan burung menggunakan jaring ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan selain alat utama yaitu jaring.

Pertama siapkan paku, lempengan seng atau aluminium, meja kayu dan kawat tali tebal. Pemakaian meja kayu juga bisa diganti dengan menggunakan multipleks maupun plywood.

Setelah semua alat dan bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah memasang pin pada bagian tengah.

Pin yan digunakan terbuat dari yang dipotong dengan ukuran kecil dan pendek, dimana pin tersebut dibengkokkan hingga membentuk seperti kurva.

Selanjutnya, kawat bisa dipasang pada bagian ujung dan dimasukkan lubang pin yang telah dipasang, pasanglah kawat tersebut pada keseluruhan ujungnya hingga membentuk ingkaran.

Pastikan lebar diameter lingkaran kawat tidak melebihi lebar diameter papan atau multipleks ang digunakan sebagai dasaran.

Buatlah pegas menggunakan kawat yang kedua ujungnya dibengkokkan dan cbalah untuk menarik atau mengangkat kawat tersebut sebagai uji coba.

Apabila kawat tersebut kembali pada posisi awa setelah dilepaskan, maka kawat tersebut bisa dipasang pin dan digunakan untuk menahan jeratan.

Adapun langkah selanutnya yang harus disiapkan adalah lempengan alumunium yang berfungsi sebagai pemicu.

Lempengan alumunium akan berfungsi dengan baik jika ditempatkan pada lubang pin yang dibentuk kotak dan dipasang pada bagian tengah jebakan.

Setelah itu, kawat bisa dipoting dan dimasukkan pada luban pin bagian belakang untuk menahan jaring.

Sementara ujung lainnya ditempatkan pada lubang yang terdapat pada flat alumunium, kemudian jaring bisa dipasangkan pada kawat yang telah dibentuk melingkar.

Talilah jaring dan kawat dengan kawat kabel agar ikatab jaring menjadi kuat dan tidak mudah terlepas.

Jika semua tahapan tersebut telah dilakukan, pasangkan dua buah paku untuk meahan jaring tersebut.

Jebakan bisa diletakkan di atas flat almunium yan telah disiapkan tadi.

Jebakan burungdari jaring pun telah siap digunakan, amatilah pergerakan burung yang menjadi target perangkap.

Ketika burung telah mendekat dan mengambil pakan berupa biji-bijian maka secara otomatis pelatuk akan melepaskan kawat pengikat dan jaring akan menutup tubuh burung tersebut.

5. Tali

Jebakan burung dari tali juga cukup menarik untuk dipraktekan. Bahan yang sederhana serta teknik yang mudah untuk difahami membuat jebakan menggunakan tali sering digunakan para penamgkap burung.

Untuk membuat jebakan dari tali, kita dapat memanfaatkan simpul tali dan diikat pada tiang kayu.

Jebakan tali ini akan lebih efektif jika dipasang pada lokasi yang sering dipijak atau dihinggapi burung.

Ujung dari kayu yang runcing ditancapkan ke tanah dan siapkan tongkat denganpanang 6 inci sebagai pengganjal dari tali.

Tongkat dengan panjang 6 inci tersbut dimasukan kedalam lubang yang uga memiliki fungsi sebagai pijakan burung.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengikat batu pada bagian uung tali yang telah dimasukkan melalui lubang yang telah dibuat, sedangkan ujung tali yang lain dibuat simpul jebakan.

Tali tersebut bisa diletakkan pada bagian tangkringan yang juga memiliki fungsi sebagai penahan batu agar tidak jatuh.

Agar jebakan bisa berfungsi sebagaimana mestinya, tangkringan yang masuk pada lubang tidak haruslah terlalu banyak.

Hal itu dimaksudkan agar ketika ada burung yang menginjak tangkringan maka secara otomatis batu akan menarik simpul jerat.

6. Getah

Getah juga bisa digunakan untuk membuat sebuah jebakan burung, namun tidak semua jenis getah bisa digunakan sebagai jebakan burung.

Ada beberapa getah dari jenis pohon tertentu yang memiliki daya rekat tinggi sehingga dapat digunakan untuk menjebak burung, seperti getah nangka, saw, getah karet dan lain sebagainnya.

Getah sendiri dimanfaatkan daya rekatnya dan digunakan sebagai pulut untuk mengelem kaki burung yang hinggap atau menginjak jebakan.

Jebakan menggunakan getah merupakan jebakan yang paling mudah untuk dipraktekkan jika dibandingkan dengan jebakan-jebakan yang yang lain.

Yang perlu dilakukan hanyalah menyiapkan satu atau dua ekor burung dalam sangkar yang di tempatkan di pohon yang rindang sebagai pemikat burung liar.

Selain menyiapka burung dalam sangkar, kita juga perlu menyiapkan mp3 kicauan burung yang sejenis dengan brung yang ada didalam sangkar.

Mp3 kicau burung berfungsi untuk memanggil burung liar agar mendekat ke area dekat sangkar yang telah dipasang ranting atau pijakan lengkap dengan pulutnya.

Ketika ada burung liar yang mendengar suara kicauan melalui mp3 maka burung liarpun akan mendekat ke area sangkar.

Ketika burung liar tersebut hinggap pada ranting yang telah diolesi dengan pulut maka otomatis kakinya akan terkena lem dan tidak bisa terbang lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *