Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dengan Mudah
Lovebird

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Cara membedakan lovebird jantan dan betina – Burung lovebird di mata para pecintanya merupakan salah satu jenis burung yang tidak hanya enak untuk dipandang mata karena bulunya yang berwarna menarik, akan tetapi burung ini bisa dijadikan sebagai burung perlombaan dalam sebuah kontes.

Pada umumnya jenis burung lovebird yang dipilih untuk dijadikan sebagai burung kontes itu adalah yang berjenis kelamin jantan.

Kenapa demikian?

Karena lovebird jantan mempunyai ketahanan fisik, ini kawan yang berkualitas, dan suara yang lebih baik dibandingkan yang berjenis kelamin betina.

Karena hal inilah para pecinta burung menjadikan alasan utama untuk memilih lovebird yang berjenis kelamin jantan sebagai kontestan dalam sebuah perlombaan.

Kemudian, bagaimanakah tips mudah atau cara membedakan lovebird jantan dan betina? Simaklah penjelasan berikut ini!

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Sebenarnya cara membedakan lovebird jantan dan betina paling akurat itu susah-susah gampang, sebab burung ini terdiri dari berbagai macam jenis. Sebagian mudah untuk dibedakan dan sebagian yang lain sedikit sulit untuk diidentifikasi jenis kelaminnya.

  • Yang mudah diidentifikasi atau diketahui jenis kelaminnya adalah lovebird yang masuk dalam golongan dimorfik.
  • Adapun jenis yang lain yaitu golongan intermediet merupakan jenis yang agak sulit untuk diketahui jenis kelaminnya berdasarkan penampilannya saja.
  • Adapun lovebird jenis ketiga adalah lovebird kacamata. Lovebird ini juga tidak bisa dipastikan jenis kelaminnya atau agak sulit diidentifikasi jika hanya berdasarkan penampilannya.

Meskipun burung lovebird kacamata secara umum agak sulit untuk dibedakan, tetapi apabila anda memperhatikannya secara jeli dan seksama maka jenis kelaminnya bisa diidentifikasi dengan mudah.

Berikut cara membedakan lovebird jantan dan betina:

1. Lihat Bentuk Paruhnya

Secara sekilas bentuk paruh lovebird jantan dan betina bisa diidentifikasi dan dibedakan secara mudah bagi orang yang telah mempunyai pengalaman. Bentuk paruh burung lovebird jantan memiliki ciri yang runcing, cenderung mancung, langsing. Sementara paruh lovebird berjenis kelamin betina lebih besar, lebar, agak tumpul.

2. Perhatikan Bentuk Fisiknya

Lovebird jantan ukuran tubuhnya cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan lovebird jenis betina. Selain itu, bentuk kepala lovebird betina dan jantan bisa dibedakan dari tingkat kelengkungannya.

Bagian atas kepala burung lovebird jantan memiliki ciri yang datar. Sedangkan untuk bagian atas kepala jenis betina bentuknya lebih melengkung.

3. Perhatikan Bentuk Sayap

Coba perhatikan burung lovebird saat diam, Lihatlah ujung sayapnya. Dengan metode ini anda bisa melihat sebuah perbedaan antara jenis kelaminnya dengan mudah.

Bentuk ujung sayap lovebird jantan memiliki ciri yang menyilang. Adapun bentuk sayap burung lovebird betina itu ujung-ujung tiada bersilangan serta tidak saling bertemu.

4. Perhatikan Bagian Ekor

Cara membedakan lovebird jantan dan betina bisa dilihat dari ekornya yang memiliki ciri yang tidak sama. Ekor burung lovebird jantan memiliki ciri yang lancip dan runcing. Adapun lovebird berjenis kelamin betina memiliki ekor yang ujungnya lebih rata dan lebar.

5. Lihat Cara Bertenggernya

Pada waktu bertengger, ternyata jenis burung lovebird yang jantan dan betina juga mempunyai sebuah perbedaan.

Yang dilakukan burung lovebird jantan pada umumnya ketika bertengger kakinya itu merapat, sedangkan bertenggernya lovebird betina dengan kaki yang lebih melebar.

6. Raba Tulang Pubisnya

Supaya lebih yakin terhadap jenis kelamin anda dapat meraba bagian yang ada pada tulang pubis nya. Tulang pubis yang dimiliki burung lovebird jantan itu lebih rapat, sedangkan tulang pubis yang dimiliki burung lovebird betina cenderung lebih elastis dan lebih lebar.

7. Perhatikan Tingkah Lakunya Saat Birahi Tinggi

Ketika burung lovebird dalam keadaan birahi tinggi burung lovebird jantan yang posisinya berada di dekat lovebird betina akan mengeluarkan kan suara kicauan 1 ketukan yang berlangsung berkali-kali seraya melompati lovebird betina, sambil mondar-mandir, serta sambil meloloh makanannya.

Selanjutnya yang dilakukan burung jantan ini akan terus menggesek-gesekkan tangkringan serta ia akan menaiki tubuh burung lovebird betina.

8. Lihat Cara Membangun Sarang

Ketika burung lovebird jantan sedang membangun sarang, yang dilakukan agak sedikit pasif dan hanya mengumpulkan kulit kayu pada lovebird betina. Sedangkan burung lovebird betina tampak lebih aktif di dalam memberikan dan mengumpulkan kulit kayu dan pada saat membangun sarang.

Bagaimana kawan? Cukup mudah gampang kan cara membedakan lovebird jantan dan betina? Jika demikian selamat memperhatikan dan selamat mengidentifikasi burung kontes kebanggaan anda. Salam bahashewan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *